Logo Bluprin Blog

Hikari House - Antar Ruang yang Saling Berhubungan dengan Konsep Terrace House

ARCHITECTURE - PROJECTS / 4 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 4 months ago

Hikari House - Antar Ruang yang Saling Berhubungan dengan Konsep Terrace House


Arsitek Prinsipal 
:Ronald Pallencaoe & Erick Laurentius
Tim Arsitek
:Chrystal Natalie
Lokasi Proyek
:Bandung
Luas Bangunan
:422 m2
Tahun Terbangun
:2017
Fotografer 
:Mario Wibowo


Deskripsi oleh Pranala Associates


Hikari House adalah proyek residential yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dalam sebuah rumah dimana penghuninya tinggal dan bertumbuh, layout memainkan peranan penting dalam desain rumah tersebut yang berbicara tentang koneksi dan sinergi antara area publik, privat dan servis.


©Mario Wibowo


©Mario Wibowo


Artikel Lainnya: House of Inside and Outside - Bukaan Maksimal dengan View Perbukitan


Hikari House, yang berarti "House of Light", dirancang untuk memberi pengguna pengalaman tentang bagaimana pencahayaan alami dan waktu berinteraksi dengan arsitektur. Pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah akan bervariasi, tidak hanya siang hari, namun cahaya akan terus berubah mengikuti pergerakan matahari ke arah bumi yang berubah sepanjang tahun. Selain pencahayaan alami, aliran udara mempunyai peran di rumah ini. Alirannya dirancang seperti konsep rumah 'bernafas' dengan cross ventilation dari teras ke ruang tamu lalu menuju ruang makan dan kebun kering.


©Mario Wibowo


©Mario Wibowo

Menggunakan konsep terrace-house yang menciptakan sentuhan unik eksterior dan interior, membuat suasana di rumah ini berbeda dengan mengaburkan batas-batas indoor dan outdoor sehingga saling berhubungan antar ruang. Perbedaan pile yang berada di halaman belakang dibuat pada ketinggian yang sama dengan tinggi level mata jika dilihat oleh sesorang yang duduk di ruang keluarga. Ini menciptakan ikatan yang kuat antara elemen outdoor dan indoor


©Mario Wibowo


©Mario Wibowo


Artikel Lainnya: RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Fungsi Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi


Kemudian, taman kaktus yang terlihat dari ruang makan, menciptakan ikatan antara outdoor ke indoor secara halus. Selanjutnya, dengan ruang kosong tambahan yang ada selain ruang makan, membuat area indoor lebih leluasa ketika kaca partisi dibuka.


©Mario Wibowo


©Mario Wibowo


Karena desain interior adalah satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan dengan arsitektur itu sendiri, interior rumah ini disatukan oleh elemen-elemen yang dapat dilihat di seluruh bangunan. Pendekatan arsitektur, pencahayaan alami, pencahayaan buatan, furnitur, aksen dekoratif, hingga pemandangan yang menyenangkan, itulah unsur-unsur yang berkomunikasi dan dirasakan dari dalam rumah.


©Mario Wibowo


©Mario Wibowo

Fasad rumah ini menghadap ke barat, dengan tampilan solid yang memberikan privasi pengguna dan mencegah bagian interior rumah dari sorotan sinar matahari sore. Bentuk dan material dari rumah ini merupakan sebuah gagasan agar menciptakan rumah dengan pemeliharaan yang mudah. Selanjutnya, penggunaan material secara eksplisit seperti beton ekspos, kayu ulin, dan baja yang digunakan untuk eksterior membuat rumah ini menciptakan kesan tropis modern.


©Mario Wibowo


©Mario Wibowo


Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/hikari-house


Lihat profil Pranala Associates:

https://www.bluprin.com/pranala-associates


Artikel Lainnya: WARUNG NAKO - Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain



Artikel Menarik Lainnya

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 days ago

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago