Logo Bluprin Blog

House of Inside and Outside - Bukaan Maksimal dengan View Perbukitan

ARCHITECTURE - PROJECTS / 5 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 5 months ago

House of Inside and Outside - Bukaan Maksimal dengan View Perbukitan

Arsitek
:Tamara Wibowo
Lokasi Proyek
:Semarang
Luas Bangunan
:550 m²
Tahun Terbangun
:2015
Fotografer
:Fernando Gomulya



Deskripsi oleh Tamara Wibowo Architects

Berlokasi di sudut perbukitan di Kota Semarang, rumah yang berkonsep open house ini mempunyai view ke arah perbukitan. Hal ini memberikan ruang hidup yang nyaman di interior rumah. Rumah ini terdiri dari masa bangunan bewarna abu-abu yang memiliki bukaan berjajar yang disusun secara geometris berdasarkan fungsinya.


©Fernando Gomulya

Artikel Lainnya: RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Fungsi Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi


©Fernando Gomulya


©Fernando Gomulya

Satu massa bangunan difungsikan sebagai tempat tinggal, satu massa bangunan lagi difungsikan sebagai kantor dan garasi, dan lainnya sebagai area service. Semua massa bangunan yang terbangun mengelilingi lahan kosong yang ada di sekitar pohon mangga yang sudah ada sejak 10 tahun lalu. Lahan kosong inilah kemudian menjadi pintu masuk rumah.


©Fernando Gomulya


©Fernando Gomulya

Rumah ini berfokus pada penciptaan serial vision untuk orang yang memasukinya. Orang yang masuk ke rumah ini dapat menangkap serangkaian gambaran-gambaran visual saat berjalan memasukinya dengan membawa view ke alam. Adanya cahaya yang masuk melalui skylight dan bukaan yang besar ke arah alam membuat rumah ini terang saat siang hari. 


©Fernando Gomulya

Artikel Lainnya: WARUNG NAKO - Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain


©Fernando Gomulya

Rumah ini mempunyai bukaan yang tersembunyi yang tinggi dan lebar di seluruh sisinya. Hal ini berfungsi bukan hanya untuk memaksimalkan jangkauan visual terhadap pemandangan di sekitar bangunan tetapi juga untuk membiarkan rumah bernafas dengan membawa cahaya dan udara bersih ke dalam rumah.


©Fernando Gomulya


©Fernando Gomulya

Artikulasi pada bukaan memungkinkan adanya hubungan yang kontinous antara bagian luar dan dalam ruangan. Rumah ini menggunakan material yang kontras tetapi saling melengkapi seperti hangat dari kayu bewarna orange dan dingin dari beton bewarna abu-abu. Material ini dibiarkan dalam keadaan unfinished agar menciptakan integritas dan kemurnian melalui karakternya yang unik.

Lihat foto proyek selengkapnya:

https://www.bluprin.com/project/house-of-inside-and-outside

Lihat profil Tamara Wibowo Architects:

https://www.bluprin.com/tamara-wibowo-architects

Artikel Lainnya: RUCKERPARK - The Future of Indonesian Coffee Space 


Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago