Tak jauh berbeda dari ruangan lainnya, kamar mandi juga harus didesain sesuai keinginan dan kebutuhan agar terasa nyaman saat digunakan, lantaran fungsinya yang sangat penting untuk menunjang aktivitas Anda setiap hari. Bagi Anda yang ingin menciptakan nuansa alam yang segar, desain kamar mandi tropis bisa menjadi pilihan tepat. Kamar mandi bergaya tropis biasanya kental dengan nuansa natural dan menyatu dengan alam.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : inspirationseek

Desain ini pun biasanya dicirikan dengan memberikan banyak ruang terbuka dan banyak tanaman hijau, yang diletakkan di dalamnya. Penggunaan material-material serba ekspos juga dipakai pada konsep ini, seperti atap genting tanah liat atau sirap yang terlihat lebih alami dan semen ekspos pada dinding.

Konsep desain sangat cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia beriklim tropis. Selain desainnya yang menyatu dengan alam, desain tropis biasanya juga dicirikan dengan memiliki bukaan yang memadai agar dapat memperoleh cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik.


Artikel Lainnya: Ide Dekorasi Cermin di Kamar Tidur

Berikut beberapa inspirasi desain kamar mandi bergaya tropis.

Desain Kamar Mandi Tropis1

Foto : puentesentremundos

Batu alam juga bisa menjadi pilihan penutup dinding agar menambah kesan tropis pada kamar mandi.

Desain Kamar Mandi Tropis2

Foto : decoist

Untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, tetap bisa menerapkan konsep kamar mandi tropis. Caranya, dengan memasukkan unsur tanaman di dalamnya.

Desain Kamar Mandi Tropis3

Foto : myhomespace

Agar kesan tropis semakin terasa, Anda bisa memadukan bambu dan batu alam pada dinding serta lantai.

Desain Kamar Mandi Tropis4

Foto : Derek Swalwell

Nuansa tropis pun dapat diterapkan pada desain kamar mandi kontemporer

Desain Kamar Mandi Tropis5

Foto : lashconf

Selain didukung dengan permainan material, konsep kamar mandi tropis juga bisa diwujudkan dengan permainan warna, seperti kamar mandi ini, menggunakan warna cokelat muda.

Desain Kamar Mandi Tropis6

Foto : home-designing

Warna putih juga tetap dapat digunakan dalam konsep ini, asal ditambah dengan tanaman dan warna cokelat lanti atau atap.

Desain Kamar Mandi Tropis7

Foto : amatelarchitettura

Gunakan semen ekspos untuk material bathup dan wastafel. Jangan lupa pakai material batu alam untuk pelapis dindingnya.

Desain Kamar Mandi Tropis8

Foto : karmastream

Penggunaan material alami seperti kayu atau bambu pada dinding dan langit-langit menambah kesan natural pada kamar mandi, juga area outdoor yang dapat membuat Anda merasakan rileksasi.

Simak juga beberapa tip berikut ini untuk menyulap kamar mandi Anda menjadi kamar mandi bernuansa tropis.

1. Rubahlah warna dinding kamar mandi dengan warna-warna tropis. Warna ini bisa anda dapatkan dari cat tembok berwarna biru muda, cokelat,  hijau muda, oranye atau senada pasir pantai.

2. Berikan sentuhan aksesoris yang bernuansa tropis. Aksesoris ini bisa berupa lukisan bernuansa laut, handuk dengan motif bunga, vanities dengan bahan marmer dan lain-lain.

3. Sumber cahaya buatan untuk interior kamar mandi model tertutup.  Perhatikan warna lampu dan kap yang dipakai. Gunakan lampu yang terang dan dapat kap lampu yang berupa anyaman bambu.

4. Gunakan tirai bertekstur pepohonan dan dedauan untuk interior yang lebih tropis. Jika memakai bathtub dan memiliki tirai,  atau kamar mandi berjendela, gunakan gorden berpola bunga atau berpola bambu.

5. Penggunaan batu coral atau lantai dari kayu juga menciptakan kesan yang natural. Tidak perlu membongkar lantai, cukup dengan menambahkan tatakan lantai dari kayu/bambu yang diberi rongga/ruang sela.

 

Baca juga: Ezo Cheesecake & Bakery – Perpaduan Desain Interior Klasik dan Jepang

 

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin