Logo Bluprin Blog

Tip dan Ide Desain Kamar Mandi Tropis

TIPS N IDEA / 2 years ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 years ago

Tip dan Ide Desain Kamar Mandi Tropis

Tak jauh berbeda dari ruangan lainnya, kamar mandi juga harus didesain sesuai keinginan dan kebutuhan agar terasa nyaman saat digunakan, lantaran fungsinya yang sangat penting untuk menunjang aktivitas Anda setiap hari. Bagi Anda yang ingin menciptakan nuansa alam yang segar, desain kamar mandi tropis bisa menjadi pilihan tepat. Kamar mandi tropis biasanya kental dengan nuansa natural dan menyatu dengan alam.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : inspirationseek

Desain kamar mandi tropis biasanya dicirikan dengan memberikan banyak ruang terbuka dan banyak tanaman hijau, yang diletakkan di dalamnya. Penggunaan material-material serba ekspos juga dipakai pada konsep ini, seperti atap genting tanah liat atau sirap yang terlihat lebih alami dan semen ekspos pada dinding.

Konsep desain sangat cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia beriklim tropis. Selain desainnya yang menyatu dengan alam, desain tropis biasanya juga dicirikan dengan memiliki bukaan yang memadai agar dapat memperoleh cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik.

Artikel Lainnya: Ide Dekorasi Cermin di Kamar Tidur

Berikut beberapa inspirasi desain kamar mandi bergaya tropis.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : puentesentremundos

Batu alam juga bisa menjadi pilihan penutup dinding agar menambah kesan kamar mandi tropis.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : decoist

Untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas, tetap bisa menerapkan konsep kamar mandi tropis. Caranya, dengan memasukkan unsur tanaman di dalamnya.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : myhomespace

Agar kesan tropis semakin terasa, Anda bisa memadukan bambu dan batu alam pada dinding serta lantai.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : Derek Swalwell

Nuansa tropis pun dapat diterapkan pada desain kamar mandi kontemporer

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : lashconf

Selain didukung dengan permainan material, konsep kamar mandi tropis juga bisa diwujudkan dengan permainan warna, seperti kamar mandi ini, menggunakan warna cokelat muda.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : home-designing

Warna putih juga tetap dapat digunakan dalam konsep ini, asal ditambah dengan tanaman dan warna cokelat lanti atau atap.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : amatelarchitettura

Gunakan semen ekspos untuk material bathup dan wastafel. Jangan lupa pakai material batu alam untuk pelapis dindingnya.

Desain Kamar Mandi Tropis

Foto : karmastream

Penggunaan material alami seperti kayu atau bambu pada dinding dan langit-langit menambah kesan natural pada kamar mandi tropis, juga area outdoor yang dapat membuat Anda merasakan rileksasi.

Simak juga beberapa tip berikut ini untuk menyulap kamar mandi Anda menjadi kamar mandi tropis.

  1. Rubahlah warna dinding kamar mandi dengan warna-warna tropis. Warna ini bisa anda dapatkan dari cat tembok berwarna biru muda, cokelat,  hijau muda, oranye atau senada pasir pantai.

  2. Berikan sentuhan aksesoris yang bernuansa tropis. Aksesoris ini bisa berupa lukisan bernuansa laut, handuk dengan motif bunga, vanities dengan bahan marmer dan lain-lain.

  3. Sumber cahaya buatan untuk interior kamar mandi model tertutup.  Perhatikan warna lampu dan kap yang dipakai. Gunakan lampu yang terang dan dapat kap lampu yang berupa anyaman bambu.

  4. Gunakan tirai bertekstur pepohonan dan dedauan untuk interior yang lebih tropis. Jika memakai bathtub dan memiliki tirai,  atau kamar mandi berjendela, gunakan gorden berpola bunga atau berpola bambu.

  5. Penggunaan batu coral atau lantai dari kayu juga menciptakan kesan yang natural. Tidak perlu membongkar lantai, cukup dengan menambahkan tatakan lantai dari kayu/bambu yang diberi rongga/ruang sela.

Baca juga: Ezo Cheesecake & Bakery – Perpaduan Desain Interior Klasik dan Jepang

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago