Kamar mandi berukuran mini memiliki tantangan yang unik dalam segi penyimpanan perlengkapan mandi karena terbatasnya ruang. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat memiliki kamar mandi yang rapih dan teratur. Ada berbagai cara kreatif untuk menyimpan perlengkapan mandi sehingga walaupun mungil, kamar mandi tetap nampak indah, rapi, dan juga nyaman untuk digunakan.

Berikut adalah beberapa strategi penempatan perlengkapan mandi yang dapat Anda terapkan:

Di Area Shower Atau Bathtub

Dinding kamar mandi dapat dimanfaatkan untuk menyimpan perlengkapan mandi ataupun handuk. Baik itu berupa cerukan ataupun ambalan yang menonjol dari dinding.

Desain Kamar Mandi Mungil

Foto: Zillow

Desain Kamar Mandi Mungil 1

Foto: Minosadesign

Ruang kecil antara bath tub dan dinding juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat gantungan handuk.

Desain Kamar Mandi Mungil 2

Foto: Minosadesign

Desain bathtub yang dibuat 1 set dengan cerukan dinding untuk tempat penyimpanan ini juga sangat praktis dan estetik.

Desain Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Zillow

Di sekitar Toilet Duduk

Manfaatkan dinding kosong di atas toilet duduk dan sekitarnya untuk menjadi tempat penyimpanan dengan penambahan lemari dan ambalan kayu. Ambalan ini dapat digunakan untuk meletakkan handuk, tisu, alat rias atau elemen dekoratif lainnya. Tapi, kiranya penempatan ambalan tidak mengganggu pemakaian toilet duduk itu sendiri. Perhatikan batasan dimensi yang ergonomis dan aman untuk pengguna toilet duduk.

Desain Kamar Mandi Mungil 4

Foto: BHG

Desain Kamar Mandi Mungil 5

Foto: Penthouse St. Moritz ©Indesign Domus

Satu lagi penggunaan tangga yang fungsional sekaligus dekoratif sebagai tempat gantungan handuk atau perlengkapan mandi lainnya dengan memanfaatkan ruang di belakang toilet duduk.

Desain Kamar Mandi Mungil 6

Foto: Zillow

Artikel lainnya: Tren Mengubah Dinding Serupa Papan Tulis

Di atas dan bawah Meja Wastafel

Lemari di atas wastafel dapat dibuat di belakang cermin sehingga multi fungsi. Selain untuk berkaca, juga dapat digunakan untuk meletakkan peralatan rias atau mandi.

Desain Kamar Mandi Mungil 7

Foto: BHG

Tempat penyimpanan yang paling banyak digunakan adalah di bawah meja wastafel. Lemari penyimpanan tertutup ini biasa digunakan untuk menyimpan peralatan pembersih kamar mandi serta stok perlengkapan mandi.

Desain Kamar Mandi Mungil 8

Foto: Bintaro House ©Inspiratio Indonesia

Desain Kamar Mandi Mungil 9

Foto: VL Apartment ©Tre Studio

Ide praktis lainnya adalah peletakkan tempat penyimpanan dengan memanfaatkan ruang di samping wastafel. Saat Anda bercermin di depan wastafel, penempatan peralatan rias maupun mandi pun ada dalam jangkauan.

Desain Kamar Mandi Mungil 10

Foto: Decorsnob

Desain Kamar Mandi Mungil 11

Foto: DIYhomedecor

Di Belakang Pintu Kamar Mandi

Bidang di belakang pintu dapat dimanfaatkan untuk deretan gantungan handuk mandi dan pakaian.

Desain Kamar Mandi Mungil 12

Foto:marthastewart

Tertarik untuk segera menata ulang kamar mandi mungil Anda? Dapatkan tempat penyimpanan maksimal tanpa mengesampingkan estetika. Kamar mandi yang nyaman tentunya juga akan membuat pemakainya betah berlama-lama di kamar mandi. Selamat berkreasi!

Artikel lainnya: Teepee Tent – Tenda Camping Pemanis Rumah

You May Also Like

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin