Logo Bluprin Blog

Indonesia Creative Digital Architecture, Pemanfaatan Platform Digital di era Arsitektur Modern

ARCHITECTURE - NEWS / 2 weeks ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 2 weeks ago

Indonesia Creative Digital Architecture, Pemanfaatan Platform Digital di era Arsitektur Modern

Sabtu, 29 September 2018 – Departemen Arsitektur Universitas Indonesia yang ditunjuk oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sebagai Pusat Unggulan Ekonomi Kreatif (PU Ekraf) Sub Sektor Arsitektur melaksanakan kegiatan BEKRAF  Creative Lab (BCL) 2018 yang bertajuk Indonesia Creative Digital Architecture.

Indonesia Creative Digital Architecture merupakan inisiatif yang mencakup berbagai aspek yang menunjang kreatifitas dalam penggunaan teknologi digital dalam bidang arsitektur, di antaranya dengan design scripting dan parametric design.

Di dalam seminar Indonesia Creative Digital yang di gelar di Ariobimo Sentral kemarin lt.6 Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X-2 No.5, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Seminar tersebut mengambil tema Optimizing Architecture with Digital Technology menghadirkan tiga narasumber yaitu Rika Sjoekri  (Noesis), Erick Budhi Yulianto (BE Studio) dan Anggie Amalia (MNC Land).

creative digital architecture©Bluprin 

Rika Sjoekri memaparkan tentang “Building Information Modelling for Managing Delivery Standard”. Rika juga menjelaskan peran BIM di dalam perkembangan biro nya. Penggunan BIM merupakan proses kerja, bukan sekedar modelling tetapi juga bertujuan untuk menuju kerja tim yang lebih efektif. Rika juga menuturkan beberapa proses kerja arsitek menggunakan BIM, di antaranya mengumpulkan data pada tapak, studi massa model dan impact nya kee site, menentuan desain konseptual  dan skematik, dan membuat sistem arsip. Penggunaan BIM ini juga diterapkan pada karyawan Rika, dengan mencobanya langsung dengan sistem BIM ini 2-4 minggu dan melakukan pendampingan.

cratilve digital architecture©Bluprin 

Erick Budhi Yulianto dari BE Studio juga menjelaskan tentang “Creating Digital Platform for Clollaborative Future Design Practice”. Erick menjelaskan bagaimana cara kerja BE Studio yang hanya beranggotakan 4 orang dapat bersaing dengan perusahaan lain yang beranggitakan 300 orang. Meskipun hanya beranggotakan 4 orang, BE studio juga mempunyai karyawan lepas yang tersebar di Tanngerang, Ciledug, Klaten, Bandung, Cibubur dan Depok mulai dari ahli struktur, ME, dan lain sebagainya. Baginya penggunaan Platform Digital sangatlah penting dan bertujuan meningkatkan user experience dalam meningkatkan revenue dan profit, serta menjadikan kemajuan biro yang semakin kompetitif.

Yang terakhir Anggie Amalia memaparkan tentang “Simulation and Modelling for Sustainability Performance”. Wanita yang pernah bekerja di DP Architect Singapura dan sekarang di MNC Land ini menjelaskan dalam melakukan desain harus comprehensif dan mempunyai keuntungan juga terhadap lingkungan. Jangan sampai desain yang dirancang dan direncanakan sedemikian rupa tidak ramah lingkungan bahkan sampai merusak lingkungan. Beberapa aspek dalam melakukan desain di antaranya adalah microclimate/solar simulation, sensitivity analysis, parametric studies, macc calculator dan low carbon supply.

creative digital architecture©Bluprin 

creative digital architecture©Bluprin 

Tidak hanya seminar, pada acara kali ini juga menampilkan pameran dari riset arsitektur dan kesehatan (well being and health project in architecture) melalui visualisasi, simulasi, dan analisis berbasis digital, proyek desain dari biro arsitek dan desain, eksplorasi algorithmic design mahasiswa yang tergabung dalam Code Camp DAUI, produk 3D dan presentasi proyek desain dalam bentuk platform VR (Virtual Rality).


Artikel Menarik Lainnya

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ?? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Sponsored Article

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 days ago

Masih Berlangsung! Inilah Venue Asik di Bintaro Design District 2018

Setelah sukses dengan openingnya pada 11 Oktober 2018. Bintaro Design District 2018 masih berlangsung hingga tanggal 20 Oktober 2018. Apa saja yang ditampilkan di acara ini?

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

IACF 2018, Upayakan Arsitek Muda Kibarkan Arsitektur Indonesia di Kancah Internasional

Yogyakarta, 16 Oktober 2018 – Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) sukses diselenggarakan di Ruang Indraprasta 3, Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta. Forum ini merupakan serangkaian acara setelah diadakannya Sayembara Desain Arsitektur Nusantara dan Roadshow.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 days ago

Telah Dibuka! Bintaro Design District 2018, Distrik Kreatif di Bintaro

Bintaro, 11 Oktober 2018 – Bintaro Design District (BDD) 2018 berlangsung mulai tanggal 11 Oktober hingga 20 Oktober 2018 merupakan sebuah event yang digagas untuk mengaktivasi Bintaro sebagai kawasan kreatif. Kawasan Bintaro diangankan dapat menjadi pioneer dalam menghidupkan kawasan ini sebagai distrik kreati seperti distrik Ventura Lambrate di Milan atau kawasan Shoredutch di London.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago