Logo Bluprin Blog

Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / By Aisya Putri / 1 year ago

Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

Setelah Anda menentukan arsitek pilihan, apa yang harus Anda lakukan dengan arsitek? Gambar apa saja yang didapatkan dari arsitek pilihan yang merancang hunian Anda?

Idealnya, terdapat beberapa tahap dalam proses desain yang dilalui oleh arsitek saat merancang hunian. Di tahap tertentu akan dibutuhkan banyak koordinasi antara arsitek dan pemilik agar desain hunian menjawab semua kebutuhan hunian impian Anda. Berikut tahapannya!

 arsitek

Foto: Bagan Tahap Desain Arsitek

Tahap Konsep Rancangan (pre-liminary design)

 arsitek

Foto: Contoh denah pada tahap konseptual dengan besaran dan hubungan antar ruang ©irrangga

Dibutuhkan komunikasi dan kerja sama antara pemilik dan arsitek pada tahap ini. Pemilik menjelaskan kebutuhan ruang yang dibutuhkan dan keinginan lainnya untuk hunian impian Anda, sedangkan arsitek akan merumuskan konsep yang sesuai sebagai solusi desain semua kebutuhan hunian Anda. Pada tahap ini arsitek akan menghasilkan beberapa gambar yang sudah terukur namun belum detail berupa:

Artikel Lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

a. denah

b. tampak

c. potongan

d. perspektif 3 dimensi

Dari gambar ini Anda dapat membayangkan seperti apa hubungan dan luas ruang pada bangunan. Estimasi biaya hunian Anda secara menyeluruh juga dapat diperkirakan oleh arsitek dari luas area yang akan dibangun. Suasana dan penampilan bangunan dapat diketahui dengan melihat gambar perspektif 3 dimensi.

 arsitek

Foto: Contoh perspektif 3 dimensi bangunan pada tahap konseptual - A Residence ©Gubah Ruang

Namun Anda tidak perlu ragu menyampaikan dan bertanya kepada arsitek apabila kebutuhan ruang ataupun biaya Anda masih belum sesuai. Pada proses ini diskusi antara pemilik bangunan dan arsitek disarankan intensif agar semua kebutuhan ruang dan target biaya dapat ditampung dan disesuaikan sebelum masuk pada tahap desain yang lebih detail.

Tahap Pra-Rancangan / Desain Skematik (schematic design)

 arsitek

Foto: Contoh gambar tampak hunian dengan jenis materialnya ©empudrafting

Idealnya sebelum masuk pada tahap ini, arsitek dan pemilik bangunan telah sepakat terlebih dahulu pada tahap konsep desain. Umumnya perubahan bersifat teknis dan sudah tidak banyak mengubah desain.

 arsitek

Foto: Contoh gambar potongan dengan struktur ©agusciwd

Intensitas diskusi antara pemilik dan arsitek tidak lagi intensif, gambar teknis dan sistem bangunan akan diproduksi pada tahap ini, yaitu:

a. denah

b. tampak

c. potongan

d. perspektif 3 dimensi (poin a, b,c ,d dilengkapi lebih detail seperti dengan penjelasan jenis material)

e. struktur (kesesuaian desain ruang dengan peletakkan struktur seperti kolom, balok, ketinggian lantai, tangga, dan lainnya)

f. MEP (mekanikal, elektrikal, plumbing), seperti peletakkan titik lampu beserta pengelompokkannya sehingga diketahui daya listrik yang dibutuhkan, jalur sistem air ditentukan oleh peletakkan kamar mandi dan area servis.

 arsitek
Foto: Contoh rencana sanitasi untuk sistem air kotor dan air bersih pada hunian ©blogspot

Artikel Lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

 arsitek

Foto: Contoh denah titik lampu ©blogspot

Tahap Pengembangan Rancangan / Pengembangan Desain (design development)

Pada tahap ini akan diproduksi gambar arsitektur yang lebih detail pada skala yang lebih besar agar setiap sudut rumah dapat terbangun dengan baik sesuai desain. Gambar ini berperan penting bagi kontraktor dalam melaksanakan struktur dan konstruksi bangunan dengan detail lapisan serta sambungan yang benar. Gambar yang diproduksi pada tahap ini antara lain detail tangga, plafon, pintu dan jendela, serta detail lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap proyek.

 arsitek

Foto: Contoh gambar detail pintu ©blogspot

 arsitek

Foto: Contoh gambar detail plafon ©blogspot

Setelah itu, dari gambar desain hingga detail ini dapat ditentukan kuantitas dan kualitas kebutuhan dari hunian Anda. Dari produksi gambar pada tahap ini Anda dapat mengajukan tender ke beberapa kontraktor untuk mendapatkan harga yang sesuai dalam membangun hunian Anda.

Realita Proses Tahap Desain

Dilansir dari arsitek profesional, Joshua Tjandra sebagai pimpinan biro konsultan desain Alera Architect, pada praktiknya, tahap desain terkadang membutuhkan waktu lebih lama dikarenakan proses diskusi dan desain yang perlu menyesuaikan kebutuhan pemilik. Oleh karena itu, koordinasi dan komitmen yang baik antara arsitek dan pemilik sangat dibutuhkan.

Nah, itu dia produk gambar yang didapatkan dari arsitek. Selain itu, semoga artikel ini membantu Anda memahami tahap desain arsitek pilihan Anda, ya!

Cover Foto: picdn

Artikel Lainnya: Mengurus IMB Kini Lebih Mudah, Ini Caranya!

 arsitek

Artikel Menarik Lainnya

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago