Logo Bluprin Blog

Inset House - Delution Architect

ARCHITECTURE - PROJECTS / 6 months ago / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin - 6 months ago

Arsitek                      : Delution Architect

Lokasi Proyek          : Pondok Gede, Bekasi

Luas Tanah              : 150 m2

Tahun Terbangun     : 2016

Fotografer                : Fernando Gomulya

Deskripsi oleh Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

Inset House Delution Architect

Sehubungan dengan rumah yang menghadap barat, arsitek mencoba mengeksplorasi facade rumah menjadi area yang bisa menanggulangi panas matahari saat sore hari. Lantai dasar dibuat terlindung dari sinar matahari melalui kantilever lantai dua sehingga ruang utama pada lantai dasar rumah tetap teduh. Panas di area teras juga diredam dengan adanya kolam dan taman.

Inset House Delution Architect

Pada lantai dua, massa rumah miringkan agar tidak tegak lurus dengan panas matahari sore. Arsitek juga membuat secondary skin berupa kisi-kisi kayu sebagai penghalau utama panas matahari. Dibalik kisi-kisi kayu tersebut, terdapat bukaan jendela kamar yang sempit agar panas yang masuk semakin sedikit. Perlindungan dan siasat yang “berlapis” sengaja dibuat untuk melawan panas matahari barat yang memang menjadi isu utama.

Inset House Delution Architect

Taman “melayang” yang berperan sebagai fitur utama rumah ini memiliki beragam fungsi yang akhirnya membuat rumah ini terasa lebih indah dan sejuk. Selain berfungsi sebagai penghalau panas dan elemen utama facade bangunan, taman ini juga berperan sebagai vista bagi 3 ruangan yang ada di lantai 2, yaitu Kamar Utama, Koridor, dan Kamar Anak.

Inset House Delution Architect

Taman “melayang” juga berfungsi sebagai balkon privat bagi kamar utama. Keberadaan taman pada lantai dua membuat seolah lokasi di lantai atas menjadi seperti di lantai dasar.

Inset House Delution Architect

Di samping beragam strategi untuk melawan panas matahari barat, rumah ini memiliki programming lantai dasar yang sangat minim sekat/dinding. Hal ini untuk mengakomodasi keinginan utama klien yang menginginkan rumah yang terasa luas, mengingat lantai dasar adalah area aktivitas bersama antara anggota keluarga.

Inset House Delution Architect

Alasan lain perancangan ruang-ruang yang tanpa sekat adalah agar ruang tersebut juga bisa digunakan untuk mengadakan berbagai acara kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman yang cukup sering dilakukan pemilik rumah.

Inset House Delution Architect

Pada area di bawah tangga, arsitek juga merancang furnitur multifungsi yang fleksibel. Furnitur dirancang untuk bisa berubah menjadi tempat tidur dan sofa, yang saat tidak digunakan dapat kembali menjadi tangga.

Inset House Delution Architect

Lihat profil lengkap Delution Architect di sini:

http://bluprin.com/delution-design

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

House of Inside and Outside - Bukaan Maksimal dengan View Perbukitan

Berlokasi di sudut perbukitan di Kota Semarang, rumah yang berkonsep open house ini mempunyai view ke arah perbukitan. Hal ini memberikan ruang hidup yang nyaman di interior rumah. Rumah ini terdiri dari masa bangunan bewarna abu-abu yang memiliki bukaan berjajar yang disusun secara geometris berdasarkan fungsinya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Kompartemen untuk Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi

Rumah gerbong adalah salah satu contoh sebuah rumah tumbuh yang terekam dengan baik dalam perkembangan masyarakat urban, baik status sosial, lingkungan, dan ekonomi. Istilah rumah gerbong (gerbong = railway coach) diambil dari tipologi akhir bangunan yang memanjang.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

WARUNG NAKO: Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain

Terletak di Kota Bogor, Warung NASI dan KOPI atau yang biasa disebut Warung Nako ini merupakan perpaduan antara dua jenis makanan tersebut. Berkonsep urban desain dengan arsitektur tropis sebagai adaptasi bangunan WARTEG lokal Indonesia.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

RUCKERPARK: The Future of Indonesian Coffee Space

Terletak di persimpangan Jalan Dr. Cipto, Dr. Rum, dan Dr. Gunawan, Ruckerpark Coffee & Culture berdiri diatas lahan rumah berbentuk trapesium tidak beraturan. Untuk menganggapi posisi lahan yang terletak di sebuah sudut jalan yang memiliki banyak bangunan lama, maka pengembangan gubahan massa dilakukan dengan prinsip untuk mempertahankan suasana lingkungan di sekitarnya; salah satunya dengan mempertahankan grid eksisting yang berbentuk diagonal, dengan memperpanjang massanya hingga ke arah jalan.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago