Logo Bluprin Blog

Inset House - Delution Architect

ARCHITECTURE - PROJECTS / 9 months ago / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin - 9 months ago

Arsitek                      : Delution Architect

Lokasi Proyek          : Pondok Gede, Bekasi

Luas Tanah              : 150 m2

Tahun Terbangun     : 2016

Fotografer                : Fernando Gomulya

Deskripsi oleh Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

Inset House Delution Architect

Sehubungan dengan rumah yang menghadap barat, arsitek mencoba mengeksplorasi facade rumah menjadi area yang bisa menanggulangi panas matahari saat sore hari. Lantai dasar dibuat terlindung dari sinar matahari melalui kantilever lantai dua sehingga ruang utama pada lantai dasar rumah tetap teduh. Panas di area teras juga diredam dengan adanya kolam dan taman.

Inset House Delution Architect

Pada lantai dua, massa rumah miringkan agar tidak tegak lurus dengan panas matahari sore. Arsitek juga membuat secondary skin berupa kisi-kisi kayu sebagai penghalau utama panas matahari. Dibalik kisi-kisi kayu tersebut, terdapat bukaan jendela kamar yang sempit agar panas yang masuk semakin sedikit. Perlindungan dan siasat yang “berlapis” sengaja dibuat untuk melawan panas matahari barat yang memang menjadi isu utama.

Inset House Delution Architect

Taman “melayang” yang berperan sebagai fitur utama rumah ini memiliki beragam fungsi yang akhirnya membuat rumah ini terasa lebih indah dan sejuk. Selain berfungsi sebagai penghalau panas dan elemen utama facade bangunan, taman ini juga berperan sebagai vista bagi 3 ruangan yang ada di lantai 2, yaitu Kamar Utama, Koridor, dan Kamar Anak.

Inset House Delution Architect

Taman “melayang” juga berfungsi sebagai balkon privat bagi kamar utama. Keberadaan taman pada lantai dua membuat seolah lokasi di lantai atas menjadi seperti di lantai dasar.

Inset House Delution Architect

Di samping beragam strategi untuk melawan panas matahari barat, rumah ini memiliki programming lantai dasar yang sangat minim sekat/dinding. Hal ini untuk mengakomodasi keinginan utama klien yang menginginkan rumah yang terasa luas, mengingat lantai dasar adalah area aktivitas bersama antara anggota keluarga.

Inset House Delution Architect

Alasan lain perancangan ruang-ruang yang tanpa sekat adalah agar ruang tersebut juga bisa digunakan untuk mengadakan berbagai acara kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman yang cukup sering dilakukan pemilik rumah.

Inset House Delution Architect

Pada area di bawah tangga, arsitek juga merancang furnitur multifungsi yang fleksibel. Furnitur dirancang untuk bisa berubah menjadi tempat tidur dan sofa, yang saat tidak digunakan dapat kembali menjadi tangga.

Inset House Delution Architect

Lihat profil lengkap Delution Architect di sini:

https://www.bluprin.com/delution-design

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Wiyung House, Pemanfaatan Skylight sebagai Pencahayaan Alami Maksimal

Wiyung House adalah Rumah kediaman Bapak Prihandoyo yang berlokasi di Surabaya, Ibukota Jawa Timur. Awal mula proses desain dimulai dengan desakan agar proses pembangunan rumah ini diselesaikan sesegera mungkin karena kebutuhan untuk pindah kediaman yang sangat mendesak. Alhasil, strategi yang dihasilkan adalah bagaimana menghasilkan desain yang bertumbuh, sehingga ketika pembangunan rumah ini belum selesaipun sudah bisa untuk ditempati.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Green Garden House, Susunan yang Geometris pada Massa Bangunan

Green Garden House mulai di desain di tahun 2012. Tahun penting untuk disebutkan karena nominal tahun akan menjadi frame untuk melihat konteks yang terjadi pada rentang masa tersebut.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

CL House, Konsep Pinhole Glass pada Fasad

Rumah yang berlokasi di Jakarta selatan dibangun diatas tanah seluas 425m2, berada di pertigaan jalan yang padat lalu lintas dan bersebrangan dengan area ruko komersil.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

S House, Kayu sebagai Material Utama Sebuah Hunian

Terletak di kota Surabaya, rumah yang berdiri di lahan seluas 190 m2 memiliki fasad bangunan dengan kisi-kisi (louvre) yang disusun vertikal sebagai penanda arsitektur modern. Klien S House ini telah bergelut selama kurang lebih 15 tahun sebagai pengusaha kayu. Hal inilah yang menjadi inspirasi arsitek menjadikan kayu sebagai material utama rumah ini. Penggunaan kayu sebagai bagian dari konsep desain bangunan dapat terlihat pada tampilan bangunan. Trap tangga utama beton cor yang dilapis dengan multipleks, lantai parket kayu pada kamar tidur utama, deck kayu pada lantai teras, foyer dan balkon lantai atas, serta pada hampir semua custom furniturnya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago