Ukuran hunian yang semakin kecil membuat ukuran setiap ruang menjadi sangat terbatas, tak terkecuali pada bagian dapur. Oleh sebab itu, penghuni pun perlu menyiasatinya dengan tepat. Apalagi untuk Anda yang tinggal di apartemen yang luasnya cenderung lebih sempit dari rumah biasa.

Namun sebenarnya, tak perlu ruang yang besar untuk membuat dapur Anda nyaman dan sedap dipandang mata. Biarpun berukuran mungil, bila Anda merancang dan menatanya dengan apik, dapur cantik pun bisa terwujud. Bahkan, di lahan yang sangat terbatas sekalipun, Anda dapat membuat dapur yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi.

Pada lahan terbatas, konsep multifungsi juga bisa dipakai untuk membuat dapur terlihat lebih luas. Dapur multifungsi merupakan salah satu cara menghadapi keterbatasan ruang. Ada yang menyatu dengan area makan, cuci, atau bahkan keduanya.

Dengan begini, Anda bisa membuat dapur mungil Anda memiliki banyak fungsi: sebagai tempat menyiapkan makanan, menghidangkannya, sekaligus menyantapnya. Bukan hanya meja makan yang dapat disatukan dengan kitchen set. Tempat mencuci dan menyetrika bisa juga disatukan dengan kitchen set Anda. Konsep multifungsi dapur seperti ini banyak ditemukan pada apartemen karena luasnya yang terbatas.

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana mendesain dapur mungil Anda, berikut ini kami berikan beberapa inspirasinya.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

Foto : hgvt

Menggunakan ambalan yang ditempel pada dinding dapur merupakan cara yang tepat untuk menambah ruang penyimpanan. Letakkan beberapa perabot di ambalan tersebut. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kerapiannya.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

Foto : jsgtlr

Warna putih dapat memberi efek lapang pada dapur mungil Anda. Gunakan warna putih untuk cat kabinet dapur serta keramik ukuran 20cmx10cm untuk bagian backsplash.  

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

 Foto : luxurybusla 

Terdapat 3 fungsi pada dapur ini, yaitu memasak, mencuci, sekaligus ruang makan. Dapur multifungsi seperti ini sangat tepat diterapkan pada apartemen dengan lahan terbatas.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

 Foto : residencestyle 

Anda dapat menyiasati dapur mungil dengan menggunakan layout I-line. Layout ini dipakai karena tidak memakan tempat. Ruang yang tersisa pun masih dapat Anda gunakan untuk meja island.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

Foto : puriflower

Dapur juga bisa digabungkan dengan meja makan. Manfaatkan ruang di bawah meja sebagai storage untuk perabot dapur.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

 Foto : desaininc

Bangun kabinet sampai menyentuh plafon atas. Maksimalkan ruang yang ada agar ruang penyimpanan menjadi lebih besar.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

Foto : thektchn 

Dapur dengan layout L juga dapat digunakan untuk desain dapur mungil, asal jangan sampai salah dalam pemilihan warnanya.

Inspirasi Dapur Mungil di Apartemen

Foto : nfro.ctfoodblog

Manfaatkan semua sudut yang tersisa sebagai kabinet atau ruang penyimpanan. Simpan semua perabot di sana. Dapur mungil pun terlihat rapi.

Ukuran dapur yang mungil juga membuat Anda harus memanfaatkan ruang kosong dengan maksimal. Jangan biarkan ruang kosong terbuang percuma. Manfaatkan setiap ruang di dapur dengan efektif dan maksimal. Letakkan peralatan dapur dan peranti makan yang sering digunakan pada tempat yang mudah terjangkau. Selain dapat menghemat waktu, dapur akan menjadi bersih dan terlihat rapi.

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin