Rancangan desainer dan arsitek Jepang terkenal dengan prinsip minimalismenya. Mereka menerapkan kesederhanaan Zen, yang juga menjadi tren di negara-negara Barat saat ini. Kesederhanaan desain ala Jepang yang memberikan pengalaman damai ini tentunya bisa kita terapkan apalagi lebih lagi bagi kita yang ingin memiliki tempat istirahat di kota yang sibuk dan padat.

1.    Menggunakan Sedikit Warna

Menggunakan sedikit warna membuat anda tidak perlu repot memikirkan padu padan antar furnitur dan peralatan. Warna-warna dasar ini bisa dipadukan dengan elemen natural seperti warna abu, hitam, coklat, dan pola batu atau kayu.

arsitek Jepang

Foto: House at Pasteur ©Addo Architecture

Warna dasar seperti putih dan krem yang cerah juga memberi kesan luas dan lega bagi ruangan sempit karena cahaya jatuh dan memantul pada warna cerah.

arsitek Jepang

Foto: House at Pasteur ©Addo Architecture

2.    Menyimpan yang Bisa Disimpan

Orang Jepang berprinsip untuk memilih yang esensial dan membuang hal-hal yang tidak berguna. Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan sedikit furnitur. Mereka tidur di atas futon (kasur lipat) dan hanya menggunakan meja rendah dan duduk di lantai. Mungkin hal ini tidak biasa bagi orang Indonesia tapi kita dapat menerapkan kesederhanaan itu dengan trik menyembunyikan furnitur seperti ini.

arsitek Jepang

Artikel lainnya: Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!

arsitek Jepang

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Anda juga dapat merancang furnitur anda sebaik mungkin. Barang-barang yang tidak tercecer membuat ruang terasa lega dan juga memudahkan anda dalam mencari barang Anda saat membutuhkannya lagi.

arsitek Jepang

Foto: Taman Pecatu, Purimas ©KOMA

3.    Menggunakan bentuk-bentuk dasar

Terlalu banyak padu padan bentuk dan pola membuat bangunan atau ruangan terlihat rumit dan menjemukan, khususnya untuk bangunan yang tidak terlalu besar dan ruangan yang tidak terlalu luas.

arsitek Jepang

Foto: ahouse ©studiopapa

Kita dapat meniru rancangan desainer Jepang dengan menerapkan bentuk-bentuk dasar yang sederhana bagi rancangan rumah atau ruanga. Bentuk dasar segitiga dan persegi panjang tanpa banyak ornamen terlihat apik dan juga lebih mudah untuk dibangun.

arsitek Jepang

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda tiru dan terapkan dari ide kesederhanaan arsitek Jepang! Semoga berguna bagi hunian anda.

Artikel lainnya: Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin