Logo Bluprin Blog

Inspirasi Pengunaan Batu Bata Ekspose Pada Desain Rumah Modern

TIPS N IDEA / 2 years ago / By Nurchalimah
TIPS N IDEA / By Nurchalimah / 2 years ago

Inspirasi Pengunaan Batu Bata Ekspose Pada Desain Rumah Modern

Beberapa tahun ini konsep batu bata ekspose menjadi salah satu favorit banyak orang pada desain rumah modern. Banyak hunian yang menerapkan batu bata ekspose, dimana batu bata yang dipakai dibiarkan begitu saja tanpa harus dilapisi oleh adonan semen. Tekstur dan tampilan batu bata ekspose membuat hunian menjadi lebih hangat, homey dan unik. Desain ini pun cocok untuk diaplikasikan pada berbagai gaya desain gaya seperti elektik, industrial, dan kontemporer.

1. Batu Bata Ekspose Pada Ruang Keluarga

Batu Bata Ekspose

Foto: banidea

Batu Bata Ekspose

Foto: dwell

Batu Bata Ekspose

Foto: etsy

Ruang keluarga adalah salah satu space yang seringkali digunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Faktor inilah yang membuat banyak orang mendesain ruang keluarganya dengan konsep homey.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan konsep batu bata ekspose pada ruang keluarga. Tidak perlu keseluruhan, namun Anda dapat memasukkan aksen batu bata ekspose pada satu bagian dinding saja. Untuk warna, Anda dapat menyesuaikan dengan warna interior di ruang keluarga Anda, baik itu warna natural, putih, bahkan hitam.

2. Batu Bata Ekspose Sebagai Dinding Backsplash Dapur

Batu Bata Ekspose

Foto: tumblr

Batu Bata Ekspose

Foto: brit

Dinding backsplash adalah dinding antara meja dan lemari kabinet atas pada dapur. Selain fungsional, dinding backsplash menjadi salah satu elemen penting yang dapat memberikan kesan cantik bagi tampilan interior dapur. Salah satu material yang bisa Anda gunakan untuk dinding backsplash ini adalah batu bata ekspose. Pemilihan batu bata ekspose akan membuat dapur Anda terlihat unik dan juga bergaya industrial. Namun, tentunya diperlukan perawatan yang lebih untuk pengunaan pada dinding backsplash. Penerapan bata ekspos dapat juga dilakukan pada sisi dinding dapur lainnya atau ruang makan.

3. Batu Bata Ekspose Pada Kamar Tidur

Batu Bata Ekspose

Foto: desaininterior

Batu Bata Ekspose

Foto: flickr

Batu Bata Ekspose

Foto: hallofhomes

Kamar tidur yang notabene digunakan untuk berisitirahat membutuhkan penataan lebih dan pemilihan batu bata ekspose utuk dinding tunggal di kamar dapat menjadi pilihan yang menarik. Anda dapat meletakkan ranjang di bagian depan dinding batu bata ekspose, menjadikan dinding sebagai bagian aksen dari bedhead.

Penambahan furnitur seperti lampu-lampu deret yang dipasang di dinding dapat menimbulkan kesan industrial. Untuk mendapatkan kesan lain Anda dapat mengkombinasikan dinding dengan furnitur seni seperti lukisan ataupun poster dan juga bingkai photo.

4. Batu Bata Ekspose Untuk Dinding Rumah Keseluruhan

Batu Bata Ekspose

Foto: home-designing

Batu Bata Ekspose

Foto: home-designing

Siapa bilang batu bata ekspose tidak dapat digunakan untuk keseluruhan dinding rumah? Kesan homey dan natural akan Anda peroleh dengan memanfaatkan batu bata ekspose untuk seluuh dinding rumah. Paduan warna batu bata merah dengan interior rumah bernuansa kayu akan semakin mengentalkan kesan natural.

5. Batu Bata Ekspose Sebagai Roster atau Dinding Ventilasi

Batu Bata Ekspose

Foto: archdaily. Courtesy of alexanderson arquitectos

Batu Bata Ekspose

Foto: dezeen

Batu Bata Ekspose

Foto: home-designing

Indonesia seringkali ditempa cuaca panas apalagi saat memasuki musim kemarau. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mencoba menggunakan roster atau dinding ventilasi. Jika biasanya roster menggunakan material tanah liat yang sudah dicetak, maka Anda juga dapat menggunakan batu bata yang disusun lebih renggang secara menarik. Pembuatan roster ini selain dapat mempercantik fasade hunian juga dapat menggantikan fungsi jendela dengan hraga yang terjangkau.

Untuk pemasangannya sendiri, Anda dapat memilih tema full face atau half face. Tergantung pada selera masing-masing individu. Full face adalah konsep dimana Anda mengekspose keseluruhan dinding rumah. Sementara untuk half face, Anda dapat memplester dinding sebagian saja dan sisanya dibiarkan tanpa plester. Meski begitu, Anda harus berhati-hati karena kesalahan dalam pemasangan batu bata ekspose akan membuat hunian Anda terkesan kumuh dan kurang rapi.

Foto cover: hallofhomes


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago