Logo Bluprin Blog

Inspirasi Ruang Makan Masa Kini

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Inspirasi Ruang Makan Masa Kini

Foto: ©arteyeclinic

Ruang makan adalah bagai jantung suatu rumah. Kegiatan menyantap makanan tidak hanya dilakukan untuk mengisi perut, tapi juga menjadi momen di mana seluruh keluarga berkumpul dan mengobrol bersama. Selain itu, ruang makan yang nyaman tidak hanya bermanfaat untuk memanjakan penghuni rumah, tapi juga menjadi tempat yang indah untuk menjamu tamu yang datang. Berikut beberapa tips untuk menyulap ruang makan Anda menjadi lebih menarik!

Hangat dan Natural a la Farmhouse

Desain ini terinspirasi dari rumah-rumah para peternak (farmhouse) di barat sana. Desain farmhouse dengan corak warnanya yang kalem beserta penggunaan material kayu rustic memberi kesan hangat dan nyaman bagi ruang makan. 

Ruang Makan

Foto: ©homevialand

Untuk menambah manisnya ruang makan a la farmhouse ini, Anda dapat menghiasnya dengan kabinet kayu yang menyimpan berbagai kenang-kenangan dan foto keluarga. Selain menjadi tepat temu keluarga, ruang makan pun dihangatkan dengan kenangan-kenangan hangat bersama keluarga.

Ruang Makan

Foto: ©thewhitecottagefarm

Simpel dan Menarik a la Scandinavia

Gaya furnitur Scandinavia yang datang dari negara-negara utara Eropa (Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Denmark) memang sedang marak akhir-akhir ini. Warna-warna natural seperti coklat kayu, putih, hitam, dipadu dengan bentuk-bentuk sederhana membentuk ruang makan Anda menjadi lebih lega. Gaya furnitur seperti ini tepat sekali bagi Anda yang memiliki hunian tidak terlalu besar, atau sekedar tidak ingin membersihkan terlalu banyak peralatan rumah.

Ruang Makan

Foto: ©happygreylucky

Jika warna-warna dasar terlihat kurang ceria, Anda dapat memadukan furnitur makan Anda dengan sedikit warna. Ruang makan juga dapat dipermanis dengan lampu gantung dan rak untuk menampilkan foto-foto keluarga Anda.

Artikel Lain: Mengenal Tren Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 

Ceria dan Berwarna a la Boho

Jika kedua rancangan sebelumnya tidak sesuai dengan keriuhan dan keceriaan keluarga Anda, Anda dapat mencoba gaya Boho yang ceria dan beraneka warna sebagai inspirasi ruang makan keluarga Anda. Gaya ini tepat bagi Anda yang menyukai keramaian dan ingin memadupadankan berbagai jenis aksesori bagi rumah Anda.

Ruang Makan

Foto: ©Inside Out Magazine

Anda dapat memulainya dengan mewarnai dinding ruang makan dengan warna-warna yang cukup terang. Pemanis ruangan dapat ditempatkan pada dinding rumah. Anda dapat memadukan cermin, piring hias, juga foto keluarga. Kurang seru? Ruangan dapat diramaikan dengan memadukan aneka jenis lampu gantung, baik sebagai aksesori maupun sebagai penerang ruangan.

Ruang Makan

Foto: ©architectureartdesigns

Demikian beberapa inspirasi dan tips yang bisa anda tiru untuk menjadikan ruang makan hunian Anda semakin hangat dan cantik. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Tips Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago