Foto: CH House 2 ©Rumah Bali Architect

Teras merupakan bagian yang penting dalam suatu rumah. Berada di depan, teras menjadi ‘wajah’ bagi suatu rumah. Tidak hanya itu, teras juga menjadi tempat penyambut dan tempat transisi antara ruang luar dengan ruang dalam rumah. Teras yang menarik dan nyaman tentunya akan membuat kita lebih betah tinggal di rumah dan juga menjadi sambutan yang menarik bagi tamu-tamu kita. Berikut beberapa ide rancangan teras rumah!

Membawa Suasana Tradisional di Tengah Kota

Indonesia memiliki berbagai budaya lokal yang patut kita lestarikan. Memiliki hunian di tengah kota tidak berarti Anda tidak dapat melestarikannya melalui hunian Anda. Anda dapat merancang teras rumah dengan aksen pahatan kayu dengan pola-pola tradisional Indonesia.

Teras

Foto: Rumah Tinggal Brawijaya oleh Han Awal&Partners ©arsitag

Selain melestarikan budaya kita, aksen seperti ini juga memberi sambutan yang hangat dan berkesan bagi tamu-tamu anda. Suasana lokal tentunya membuat mereka lebih nyaman untuk bertamu ke rumah Anda.

Teras
Foto: Rumah Tinggal Brawijaya oleh Han Awal&Partners ©arsitag

Menyejukkan Suasana Dengan Kolam

Fungsi teras tidak hanya menjadi tempat menyambut dan bercengkrama dengan tamu. Anda sendiri sebagai pemilik rumah tentunya ingin menikmati resiknya tinggal di ruma. Hal ini bisa dioptimalkan dengan merancang teras yang sejuk dan menjadi tempat relaksasi.

Teras
Foto: Doctor House ©Armeyn Ilyas

Anda dapat merancang kolam bersisian dengan teras. Kehadiran sumber air membawa kolam menjadi penyejuk udara di sekitar teras. Suara aliran air mengalir juga memberikan efek relaksasi. Pilihan ini tepat bagi Anda yang senang berlama-lama berada di rumah.

Teras
Foto: Doctor House ©Armeyn Ilyas

Teras di Lantai Dua

Tidak selalu teras hunian berada di lantai dasar! Jika lahan hunian Anda tidak terlalu luas tetapi anda tetap menginginkan teras sebagai ruang penerima tamu ataupun ruang bersantai, maka teras dapat dirancang di lantai atas.  

Teras
Foto: Wirawan House oleh RAW Architecture ©archdaily

Menyiasati rancangan dengan menempatkan teras di lantai dua memiliki berbagai manfaat. Ruang lantai dasar dapat digunakan untuk menjadi tempat kendaraan. Menempatkan teras di lantai dua juga memberikan ruang yang lebih luas dan juga pemandangan yang lebih menarik untuk melihat ke sekitar dari lantai yang lebih tinggi.

Teras
Foto: Wirawan House oleh RAW Architecture ©archdaily

Nah, itu dia inspirasi teras rumah yang dapat diterapkan di rumah Anda. Untuk hasil desain yang lebih maksimal dan detail, temukan jasa arsitek yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

Teras

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin