Logo Bluprin Blog

Inspirasi Warna pada Ruang Keluarga

TIPS N IDEA / 7 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 7 months ago

Inspirasi Warna pada Ruang Keluarga

Memperindah ruang pada rumah dapat dilakukan dengan beragam cara. Bisa dengan memasang wallpaper, wall decor, bingkai, panel dinding, atau dengan mengecat dindingnya. Memberikan warna dinding dengan cat memang akan memakan waktu yang cukup lama, tetapi daya tahan yang dimiliki cat dinding juga lebih lama ketimbang menggunakan pelapis dinding lainnya.

Adanya warna pada ruang juga sudah terkenal memiliki beberapa dampak psikologis yang baik. Kondisi mood seseorang dapat dipengaruhi oleh warna apa yang ada di ruang keluarga tersebut. Hari ini, kami akan memberikan beberapa inspirasi warna pada ruang keluarga. Sebagai ruang yang paling sering digunakan untuk kumpul keluarga, warna dinding harus mendapat perhatian lebih. Untuk itu, inilah enam inspirasi warna pada ruang keluarga menurut para desainer interior.

1. Biru Laut

Foto: Warna biru tampak kian cantik ketika digabungkan dengan warna putih pada furniturnya. Ruang keluarga pun terlihat makin tenang.

Untuk ruang keluarga yang sulit mendapatkan cahaya alami, cobalah untuk menerapkan warna biru laut pada dindingnya. Menurut desainer interior asal New York, warna biru laut dapat membantu sebuah ruang keluarga terlihat lebih terang dan terbuka. Apalagi warna ini juga sangat ampuh untuk membuat suasana terasa lebih tenang layaknya sedang bersantai di pantai.

2. Merah

Foto: Bila terlalu takut menerapkan warna merah pada dinding, maka Anda bisa mencobanya hanya pada furnitur seperti sofa atau ke partisi yang membatasi ruang keluarga Anda

Warna merah merupakan warna yang melambangkan semangat dan cinta. Desainer interior, Scoot Meacham, menyarankan penerapan warna merah di ruang keluarga agar rasa sayang dan cinta antar keluarga semakin tumbuh.

3. Kuning

Foto: Sebagai inspirasi, sandingkan warna kuning dengan warna biru muda dan putih. Kedua warna ini tampak senada dan dapat saling melengkapi di ruang keluarga

Menurut desainer Michael Maher, Warna kuning di ruang keluarga ini dapat memberikan rasa hangat yang dibutuhkan oleh sebuah keluarga. Anda pun dapat memadupadankan warna ini dengan warna lembut lainnya, tetapi tetap harus tampil senada.

4. Hitam

Foto: Di tengah warna hitam yang mendominasi, hadirnya warna merah pada sofa menjadi daya tarik yang sempurna di ruang keluarga ini

Hitam selalu diidentikan dengan warna kelam dan menyeramkan. Padahal, warna hitam adalah warna yang paling mudah masuk dengan warna apapun. Anda dapat mencampur warna hitam dengan warna-warna muda agar tampak nyatu. Seperti kata Kristin Kong, desainer interior yang berbasis di Atlanta, menyatakan bahwa warna hitam membantu warna-warna lainnya tampak menyatu.

5. Merah muda

Foto: Warna merah muda akan tampak begitu serasi bila disandingkan dengan warna-warna monokrom seperti putih, hitam dan abu-abu

Jangan takut untuk mengaplikasikan warna merah muda pada ruang keluarga. Warna ini memang dapat memberikan kesan feminim, tetapi akan tetap tampak seimbang bila Anda tidak menerapkannya secara berlebihan. Desainer Suellen Gregory memberikan pendapatnya dengan menerapkan warna merah muda pada dinding kemudian sandingkan dengan warna putih atau hitam.

6. Hijau

Foto: Warna hijau pada dinding dan sinar matahari yang masuk menjadi perpaduan yang pas di ruang keluarga

Bila ingin menghadirkan suasana segar di ruang keluarga, maka warna hijau menjadi pilihan yang tepat. Menurut desainer interior Allison Paladino, warna hijau muda pada dinding dapat menangkap cahaya yang masuk dari jendela, dan warna putih pada furniturnya dapat memberikan ketenangan di dalam ruang keluarga. Bila ingin ruang keluarga terasa lebih segar, tambahkan beberapa pot tanaman baik kecil maupun besar.

Dengan menerapkan 6 langkah di atas, ruang keluarga Anda dapat menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpulnya anggota keluarga. Setelah seharian melakukan aktivitas masing-masing berkumpul dan saling sharing memang hal yang menyenangkan.

Untuk mengolah interior dan hasil yang maksimal, konsultasikan dengan arsitek rumah Anda. Temukan ribuan inspirasi ruang keluarga dan desain rumah lainnya di bluprin.com. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago