Logo Bluprin Blog

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

TIPS N IDEA / 2 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 months ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

Ya, kini, keramik lantai tak hanya sesederhana bentuk konservatifnya, seperti ubin putih saja. Anda akan menemukan bermacam-macam varian keramik lantai di pasaran, mulai dari keramik lantai bertekstur menyerupai kayu, keramik lantai bertekstur serupa marmer, bahkan ada pula keramik lantai bermotif batik, lho! 

Beda ruang, maka berbeda pula jenis keramik lantai rumah yang harus diterapkan di dalamnya. Lantas, bagaimanakah cara memilih varian keramik lantai rumah yang tepat? Yuk simak beberapa tips singkat berikut!

1. Memilih Keramik Lantai Teras

Keramik Lantai Rumah

Foto: Rumah Tropis Bali © Vector 41

Teras merupakan salah satu ruang luar yang menjadi area “penerima” pertama sebelum memasuki area rumah. Biasanya, di area teras ini, orang masih memakai alas kaki, dan akan melepaskannya di sana. 

Artikel Lainnya: 10 Macam Modifikasi Keramik Batu Alam dalam Desain Interior

Mengingat letaknya yang berada di luar rumah, keramik lantai teras ini sebaiknya termasuk ke dalam keramik lantai yang masih memiliki tekstur dan antislip, karena adanya kemungkinan keramik lantai teras ini terkena air hujan, embun, ataupun tanah yang bersifat licin.

Selain itu, motif dan warna keramik lantai teras pun bisa disesuaikan dengan fasad rumah. Misalnya, bila Anda memiliki fasad rumah yang didominasi oleh dinding bata exposed, Anda bisa seimbangkan dengan memilih keramik lantai teras berwarna terakota. 

Untuk ukuran, tak ada pakem khusus mengenai pemilihan dimensi keramik lantai teras yang tepat, namun Anda bisa menyesuaikannya dengan konsep desain yang Anda terapkan, serta budget yang Anda miliki.

2. Memilih Keramik Lantai Ruang Keluarga dan Kamar Tidur

Keramik Lantai Rumah

Foto: Inset House ©Delution Design

Untuk ruang keluarga dan kamar tidur, Anda bisa memilih beragam jenis keramik lantai rumah yang sesuai dengan kesan dan penggayaan ruang di dalamnya. Misalnya, Anda bisa memilih keramik lantai rumah yang bermotif serupa marmer, granit, ataupun menyerupai kayu. 

Untuk tekstur, Anda bisa memilih keramik lantai rumah yang mengilap (polished), mengingat minimnya interaksi pengguna ruang dengan air. Namun, hal ini tak membatasi kebebasan Anda bila Anda ingin memilih keramik lantai rumah yang lebih bertekstur, khususnya bila ruangan di rumah Anda berkonsep industrial.

Selain itu, untuk penerapan di ruang keluarga, Anda bisa lebih bebas memadukan keramik lantai rumah. Anda bisa menyandingkan dua warna keramik lantai sekaligus. Bisa juga, Anda menggunakan keramik lantai dengan motif khas pada satu sisi ruang sebagai aksen ataupun sebagai pemisah fungsi ruang. 


3. Memilih Keramik Lantai Dapur

Keramik Lantai Rumah

Foto: Interior Villa Olesha ©Lumbung Architect

Dalam memilih keramik lantai dapur, Anda tak boleh hanya mengutamakan tampilan visualnya saja, karena aktivitas di dapur harus ditunjang oleh kenyamanan serta keamanan desain ruang. Pasalnya, dalam dapur, Anda akan melakukan berbagai aktivitas yang relatif berbahaya, seperti menggunakan pisau, menyalakan kompor panas, dan lain sebagainya. 
Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih keramik lantai dapur yang tepat, seperti keramik lantai polished yang mudah dibersihkan dari noda-noda minyak, namun memiliki dimensi yang sesuai, agar tidak membuat sang pengguna dapur mudah terpeleset di area dapur. 

Artikel Lainnya:  8 Model Keramik Dinding, Kamar Mandi, Dapur, Teras, Tangga, Kamar Tidur dan Ruang Tamu

4. Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi

Keramik Lantai Rumah

Foto: McNair Towers ©Design NEU Pte Ltd

Tak hanya area dapur yang membutuhkan desain ruang yang aman, kamar mandi pun memerlukan hal yang serupa. Banyak kecelakaan terjadi di kamar mandi akibat pemilihan keramik lantai yang tak tepat, khususnya bila terdapat anak-anak dan lansia di dalam rumah tersebut. Bahkan, insiden terjatuh di kamar mandi bisa mengakibatkan dampak fatal, salah satunya bisa membuat para lansia terserang stroke. Duh, ngeri, ya? 

Dalam memilih keramik lantai kamar mandi, ada baiknya Anda memilih material keramik lantai antislip bertekstur kasar. Anda juga bisa memilih keramik lantai dengan dimensi-dimensi kecil, yang biasa disebut dengan mosaic tile. Pasalnya, dengan dimensi kecil, Anda bisa memperkecil kemungkinan sang pemakai kamar mandi terpeleset dan terjatuh.
Selain itu, Anda bisa membiasakan menggunakan konsep kamar mandi kering sehingga keramik lantai kamar mandi Anda tidak terlampau dibasahi air. 

5. Memilih Keramik Lantai Garasi

Keramik Lantai Rumah

Foto: Bodde House ©AYYA

Garasi merupakan salah satu area yang memerlukan keramik lantai yang kuat dan memiliki daya tahan tinggi, mengingat kesehariannya yang menjadi “rumah” bagi benda-benda berat, seperti kendaraan bermotor, sepeda, hingga perangkat-perangkat menukang. Tak jarang, garasi juga digunakan sebagai “gudang” untuk menyimpan segala macam peralatan penunjang kebutuhan rumah. 

Namun, garasi dalam hunian itu sendiri terbagi atas dua jenis, garasi terbuka (yang menyatu dengan carport) dan garasi tertutup yang memiliki ruang tersendiri yang tertutupi bangunan. 
Oleh karena itu, kriteria pemilihan material keramik lantai garasi pun tak sembarangan. Dibutuhkan keramik lantai yang kuat, antigores, berdaya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca, tetapi juga tetap mudah dibersihkan. Selain itu, keramik lantai garasi pun harus memiliki karakter yang tidak licin dan bertekstur, untuk mencegah ban kendaraan slip dan tergelincir di dalam garasi. 

Untuk ukuran, biasanya keramik lantai garasi ini tersedia dalam dimensi 40cm x 40cm dan 30cm x 30cm. Namun, satu hal yang harus diingat, lebih kecil luas penampang ubin keramik lantai, maka daya tahannya akan lebih kuat menahan beban berat di atasnya. Jadi, Anda bisa memilih keramik lantai berukuran 30cm x 30cm yang relatif lebih kokoh untuk digunakan sebagai keramik lantai garasi. 

Pemilihan keramik lantai rumah sesuai fungsinya sangatlah penting bagi kenyamanan dan keamanan Anda selaku penghuni rumah dengan beragam kebutuhan ruang di dalamnya. Telaah dulu karakter dan fungsi yang berbeda antar ruang dalam hunian, barulah Anda bisa memilih keramik lantai yang tepat. Jadi, jangan asal pilih, ya! Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi!

Foto cover : S House ©Studio Entitas




product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

Desain Teras untuk BBQ Party di Tahun Baru

Tahun baru adalah BBQ Party. So, sekarang saatnya membersihkan kembali koleksi griller yang lama tersimpan. Mencari arang terbaik, serta daging terbaik. Brisket alias sandung lamur adalah pilihan klasik, namun Anda bisa memilih daging lainnya. Dan jangan lupa perhatikan desain teras rumah Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 18 hours ago

Menelusuri Rumah Minimalis, Dari Eksterior Hingga Interior

Desain rumah minimalis memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern saat ini. Gaya hidup masyarakat kini yang serba cepat, menuntut kepraktisan dan efisiensi dalam segala aspek kesehariannya. Salah satu aspek paling mendasar bagi seseorang adalah huniannya. Rumah minimalis merupakan hunian dengan desain yang tidak rumit, elegan, bersih dan memiliki konsep meminimalisir atau mengurangi elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

Bikin Rumah Sejuk, Ini 7 Inpirasi Rumah dengan Kolam di Dalamnya

Siapapun menginginkan huniannya tampil menarik. Salah satunya ide inspirasinya bisa dengan menambahkan kolam ke dalam rumah, baik kolam untuk tanaman air, kolam ikan atau bahkan hingga yang termahal yakni kolam renang. Bila biasanya kolam-kolam ini berada di area luar rumah, maka sekarang idenya memasukkan ke area interior hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

8 Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Sejak dulu, pagar memang dikenali sebagai salah satu elemen “penjaga” rumah. Tak hanya untuk menjaga keamanan dari luar rumah, pagar pun berfungsi sebagai sosok pengaman dari dalam hunian, khususnya bila sang empunya rumah memiliki anak balita yang sering luput dari pengawasan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago