Logo Bluprin Blog

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah

Foto: Sc(ANDI)navian ©JR Design

Berpuluh tahun tinggal di suatu rumah bisa saja membuat Anda merasa bosan. Namun begitu, kita juga tahu membeli furnitur baru atau merenovasi rumah tidak memakan sedikit biaya. Berikut adalah beberapa tip untuk memberi nuansa baru pada ruangan Anda dengan biaya yang lebih hemat.

1. Mengganti Cover Furnitur

Untuk membuat suasana ruang yang berbeda, Anda tidak perlu mengganti perabot lama Anda dengan perabot baru. Anda dapat melakukannya dengan mengganti sarung pembungkus furnitur Anda.

Suasana Baru

Foto: East Coast Apartment ©8 Studio

Mengganti pembungkus bisa berupa sarung bantal, bedcover, juga sarung pembungkus sofa Anda. Bahan-bahan pembungkus furnitur ini tentunya dapat Anda pilih dan padu padan sendiri warnanya sesuai dengan selera Anda.

Suasana Baru

Foto: Kuningan City ©SVE Interior

2. Bermain Dengan Typography

Bila mengecat rumah secara total atau mengganti wallpaper terasa mahal, Anda dapat mendekorasi ulang ruangan Anda dengan menorehkan kata-kata mutiara kesukaan Anda.

Suasana Baru

Foto: Yuwa Villa ©Somia Design

Artikel lainnya: Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Anda bisa menambahkannya dengan menempelkan stiker tembok. Bila Anda mau, Anda pun dapat melukiskannya sendiri atau meminta jasa pelukis/desainer grafis untuk menghias rumah Anda.

Suasana Baru

Foto: R Apartment ©AW.D

3. Mengganti Pelapis Perabot

Tips lainnya yang bisa dipakai untuk membuat suasana baru pada ruangan Anda adalah dengan mengganti pelapis perabot. Kebanyakan perabot sekarang menggunakan bahan kayu yang dilapis oleh HPL (High Pressure Laminate).

Suasana Baru

Foto: TAMAN SARI SEMANGGI STUDIO APARTMENT ©INSCALE

Pelapis ini dapat diganti dengan mudah dan dipasang dengan mudah. Terdapat berbagai corak, mulai dari warna-warni hingga corak.

Suasana Baru

Foto: Olive Residence Project ©Vindo Design

Demikian beberapa tip untuk memberi warna dan suasana baru bagi ruangan Anda dengan sedikit biaya. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Ketika Kakak dan Adik Berbagi Kamar

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago