Logo Bluprin Blog

Konferensi Pers Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

INTERIOR - NEWS / 1 year ago / By IAAW Studio
INTERIOR - NEWS / By IAAW Studio / 1 year ago

Konferensi Pers Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Foto: Suasana Konferensi Pers Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Pada tanggal 2 Agustus 2017, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengadakan konferensi pers terkait Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 dan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Acara ini diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada pukul 16.00 WIB. Moderator yang memandu jalannya acara ialah Bapak Dadang Rizki Ratman selaku Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh David Makes selaku Juri ISTA 2017, Jatna Supriatna selaku Ketua Tim Juri ISTA 2017, Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata RI, Hari Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Hendra Adidarma selaku pemilik sekaligus Presiden Direktur PT. Propan Raya, Yuwono Imanto selaku Direktur PT. Propan Raya, dan Yori Antar selaku profesional arsitek.

 (ISTA) 2017

Foto: Yori Antar sebagai profesional arsitek sedang memberi sambutan

Acara konferensi pers diawali dengan sambutan dari Menteri Pariwisata RI Bapak Arief Yahya. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi penyelenggaraan ISTA 2017 yang merupakan pertama kali di Indonesia. ISTA sendiri merupakan sebuah penghargaan oleh Kementerian Pariwisata RI kepada pihak-pihak yang telah berupaya menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan, mendorong lahirnya inovasi produk pariwisata berkelanjutan, dan juga turut mempropagandakan prinsip pariwisata berkelanjutan agar semakin banyak destinasi wisata yang menerapkannya. Malam penghargaan ISTA 2017 sendiri akan diselenggarakan pada bulan September mendatang sekaligus sebagai ajang untuk memperingati Hari Pariwisata Internasional. Pemenang penghargaan ISTA 2017 berikutnya akan maju mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA) 2017.

 (ISTA) 2017

Foto: Suasana acara konferensi pers di Balairung Soesilo Soedarman

Selain melakukan launching ISTA 2017, Menteri Pariwisata RI juga mendampingi Bapak Hendra Adidarma selaku pemilik PT. Propan Raya untuk mengumumkan pelaksaan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Penyelenggaraan sayembara arsitektur ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata RI dengan BEKRAF dan PT. Propan Raya dalam rangka mengembangkan sepuluh destinasi pariwisata yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. Sepuluh destinasi wisata tersebut di antaranya adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu dan Kota Tua Jakarta, Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai. Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 ini terbuka bagi seluruh sarjana arsitektur baik anggota IAI maupun bukan. Sederet nama yang tergabung dalam tim juri juga telah diumumkan, seperti Yori Antar dan Eko Alvares dari profesional arsitek, Hari Sungkari dari BEKRAF, Joko Suryono selaku praktisi dan akademisi bidang restoran, Haryadi BS Sukamdani selaku Ketua Pengusaha Hotel dan Restoran, dan Frans Teguh dari Kementerian Pariwisata RI. Bapak Yuwono Imanto selaku Direktur PT. Propan Raya turut menambahkan bahwa dalam sayembara ini diharapkan akan muncul desain-desain arsitektur bangunan restoran yang mencerminkan identitas lokal, menggunakan material lokal, ramah lingkungan, namun juga harus fungsional dan higienis.

Penulis: Raudina Rachmi

 (ISTA) 2017

Artikel Menarik Lainnya

Press Release - Kerjasama HOMEDEC & HDII Membuahkan Inovasi Terbaru di Industri Home Design & Interior

Jakarta, 06 Maret 2018 – Menapaki langkah ke-4 tahun-nya, HOMEDEC pionir pameran Home Show kini akan kembali diselenggarakan di bulan dan venue yang sama pada tanggal 6-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City - Tangerang. 

INTERIOR | By Bluprin - 8 months ago

The Hotel Week Indonesia 2017: Tawarkan Ajang Diskusi, Kompetisi dan Solusi dari Tantangan Industri Hospitaliti Masa Kini

Senin, 13 November 2017 The Hotel Week Indonesia menggelar press conference di Hotel Grand Sahid Jakarta membahas isu yang diangkat dari penyelenggaraan The Hotel Week Indonesia kali ini. Persoalan akan kondisi kelebihan pasokan kamar (oversupply) yang terjadi di kota-kota besar, kekurangan tenaga kerja tersertifikasi (brain drain), dan tergerusnya keuntungan dari pemilik/operator hotel karena online travel agency yang meminta komisi lebih tinggi dari travel agency konvensional yang menjadi perhatian. Para profesional mengungkapkan beberapa permasalahan yang dihadapi industri perhotelan di Indonesia.

INTERIOR | By Aisya Putri - 1 year ago

HDII AWARD 2017 Lahirkan Desainer Interior Muda Indonesia Berkelas Dunia

8 Oktober 2017, Jakarta Convention Center.Rangkaian kegiatan HDII AWARD 2017 mulai dari Long Table Discussion, Archipelago hingga Awarding Ceremony telah digelar dengan meriah dan sukses oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Puncak selebrasi dan pengumuman ajang bergengsi dan penghargaan tertinggi bagi profesi desainer interior Indonesia ini digelar pada Minggu, 8 Oktober 2017 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center bertepatan dengan hari terakhir event INDEX MOZAIK 2017.

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago