Logo Bluprin Blog

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Foto:2 Bedrooms Bassura Apartment©Ranah Project

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah Anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

Manfaatkan Pelapis Furnitur

Untuk menghemat biaya, kebanyakan produsen furnitur saat ini menggunakan material kayu bermutu menengah dan melapisinya dengan high pressure laminate atau HPL. Lapisan HPL ini bermanfaat untuk melindungi kayu dari bahan cair yang dapat membuat kayu busuk dan juga memberi corak warna yang mempercantik furnitur.

Saat ini, HPL tersedia dengan berbagai corak dan warna, pemasangannya pun tidak sulit. Anda dapat memasang sendiri HPL pada furnitur anda dengan menggunakan lem khusus dan membeli lapisan HPL pada toko material terdekat. Tidak hanya motif natural, HPL juga tersedia dalam warna dan pola lainnya.

Lapisan Baru

Foto: MadisonPark Studio Apartment ©Flux Interior

Melapisi Lantai Dengan Vinyl

Memberi suasana baru pada ruangan bisa juga dengan memberi warna baru pada lantai yang anda pijak. Pada umumnya, hunian di Indonesia menggunakan keramik sebagai pelapis. Anda mungkin menginginkan kesan yang lebih natural dengan material kayu, namun saat ini harga kayu yang dapat melapisi lantai cukup tinggi.

Lapisan Baru

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Solusi mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melapisi lantai keramik anda dengan vinyl. Anda tidak perlu membuang biaya dan usaha untuk membongkar lantai keramik. Vinyl merupakan lapisan yang cukup tebal dan tahan air, beberapa jenis dari pelapis vinyl ini bahkan sudah dilapisi dengan lem. Anda tinggal melepas pelindung lemnya dan mengaplikasikan pada lantai anda seperti stiker.

Lapisan Baru

Foto: Puri Indah Residence ©Studio Piu

Melapisi Dinding dengan Wallpaper atau Wall Sticker

Sama seperti dua tips sebelumnya, anda dapat menghias hunian anda dengan melapisinya dengan wallpaper atau wall sticker. Prinsipnya hampir sama dengan pelapis lantai dan furnitur, anda hanya perlu menggunakan lem untuk menempel pelapis dinding (wall paper).

Lapisan Baru

Foto: Senayan Townhouse ©Andani Atelier

Mengaplikasikan wallpaper tidak perlu dilakukan pada setiap dinding. Mengaplikasikan wallpaper pada satu sisi ruangan saja dan memadukannya dengan cat bisa terlihat menarik—juga, menghemat biaya pemasangan. Agar memberi kesan yang lebih menarik, anda dapat memadukan satu sisi dinding berpola dengan sisi-sisi lain yang diwarnai dengan cat warna polos.

Lapisan Baru

Foto: MOI Apartment ©Diagram Studio

Demikian beberapa tips mudah dan hemat untuk menghias rumah anda. Untuk hasil desain yang maksimal, Anda dapat menggunakan jasa desainer interior. Selamat mencoba!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago