Logo Bluprin Blog

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Lapisan Baru: Solusi Praktis Mengganti Suasana Rumah Anda!

Foto:2 Bedrooms Bassura Apartment©Ranah Project

Apakah anda pernah bosan dengan suasana rumah Anda? Tren interior rumah datang dan pergi, namun tidak selalu bisa kita ikuti. Belum lagi harga furnitur dan biaya renovasi yang tidak murah. Jika Anda merasa bosan dengan suasana ruangan rumah Anda namun tidak mau repot merombak rumah atau membeli furnitur baru, ikuti tips di bawah ini!

Manfaatkan Pelapis Furnitur

Untuk menghemat biaya, kebanyakan produsen furnitur saat ini menggunakan material kayu bermutu menengah dan melapisinya dengan high pressure laminate atau HPL. Lapisan HPL ini bermanfaat untuk melindungi kayu dari bahan cair yang dapat membuat kayu busuk dan juga memberi corak warna yang mempercantik furnitur.

Saat ini, HPL tersedia dengan berbagai corak dan warna, pemasangannya pun tidak sulit. Anda dapat memasang sendiri HPL pada furnitur anda dengan menggunakan lem khusus dan membeli lapisan HPL pada toko material terdekat. Tidak hanya motif natural, HPL juga tersedia dalam warna dan pola lainnya.

Lapisan Baru

Foto: MadisonPark Studio Apartment ©Flux Interior

Melapisi Lantai Dengan Vinyl

Memberi suasana baru pada ruangan bisa juga dengan memberi warna baru pada lantai yang anda pijak. Pada umumnya, hunian di Indonesia menggunakan keramik sebagai pelapis. Anda mungkin menginginkan kesan yang lebih natural dengan material kayu, namun saat ini harga kayu yang dapat melapisi lantai cukup tinggi.

Lapisan Baru

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Solusi mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melapisi lantai keramik anda dengan vinyl. Anda tidak perlu membuang biaya dan usaha untuk membongkar lantai keramik. Vinyl merupakan lapisan yang cukup tebal dan tahan air, beberapa jenis dari pelapis vinyl ini bahkan sudah dilapisi dengan lem. Anda tinggal melepas pelindung lemnya dan mengaplikasikan pada lantai anda seperti stiker.

Lapisan Baru

Foto: Puri Indah Residence ©Studio Piu

Melapisi Dinding dengan Wallpaper atau Wall Sticker

Sama seperti dua tips sebelumnya, anda dapat menghias hunian anda dengan melapisinya dengan wallpaper atau wall sticker. Prinsipnya hampir sama dengan pelapis lantai dan furnitur, anda hanya perlu menggunakan lem untuk menempel pelapis dinding (wall paper).

Lapisan Baru

Foto: Senayan Townhouse ©Andani Atelier

Mengaplikasikan wallpaper tidak perlu dilakukan pada setiap dinding. Mengaplikasikan wallpaper pada satu sisi ruangan saja dan memadukannya dengan cat bisa terlihat menarik—juga, menghemat biaya pemasangan. Agar memberi kesan yang lebih menarik, anda dapat memadukan satu sisi dinding berpola dengan sisi-sisi lain yang diwarnai dengan cat warna polos.

Lapisan Baru

Foto: MOI Apartment ©Diagram Studio

Demikian beberapa tips mudah dan hemat untuk menghias rumah anda. Untuk hasil desain yang maksimal, Anda dapat menggunakan jasa desainer interior. Selamat mencoba!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago