Logo Bluprin Blog

Lantai Marmer, Si Cantik Pemanis Rumah Anda: Jenis dan Plus Minusnya!

TIPS N IDEA / 2 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 months ago

Lantai Marmer, Si Cantik Pemanis Rumah Anda: Jenis dan Plus Minusnya!

Marmer, sudah tak asing bukan di telinga Anda? Material pelapis lantai, dinding, ataupun tangga ini berasal dari batuan metamorf yang berasal dari rekristilasiasi batu kapur. Ragam coraknya yang tidak dapat diseragamkan dan indah inilah yang menjadikan marmer sebagai material unik dan elegan pada interior rumah Anda.

Pada pengaplikasiannya, interior rumah akan sangat indah jika ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, atau kamar mandi dilapisi dengan marmer. Penggunaan marmer memberikan kesan mewah karena corak serta kilap dari permukaannya.

Marmer©JSP Marble

Seperti marmer yang digunakan di lantai ruang keluarga dan tangga ini memberikan kesan mewah dengan perpaduan warna abu-abu dan coklat dari dindingnya.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Memilih Karpet

Jenis Permukaan Marmer

Walaupun sama berasal dari alam, ternyata batu marmer mempunyai berbagai macam permukaan untuk diaplikasikan pada interior ruangan berupa lantai marmer, dinding marmer dan tangga.

- Polished adalah permukaan marmer dengan finishing mengkilap. Karena marmer berasal dari batuan alam, keindahannya pun diekspos dengan penambahan coating agar kesan mewah lebih terlihat. Proses coating ini dilakukan setelah marmer selesai diaplikasikan pada lantai marmer, dinding marmer maupun tangga.  

Marmer©archiproducts

- Honed adalah permukaan yang mempunyai doff atau matte finish. Walau permintaannya masih relative lebih sedikit, ternyata lantai marmer ataupun dinding marmer dengan permukaan doff lebih mahal karena marmer yang dijual biasanya sudah dalam permukaan yang mengkilap sehingga adanya biaya tambahan untuk menguliti lapisan teratasnya.

Marmer©mandarinstone

- Acid adalah permukaan lantai marmer ataupun dinding marmer yang mempunyai corak timbul pada permukaannya. Hal ini terjadi karena corak unik batu marmer diberi bahan kimia dalam waktu yang sudah ditentukan setelah itu permukaan marmer disikat dengan sikat halus. Setelah itu, terbentuklah corak timbul di permukaannya.

Marmer©stonetheatre

Batuan Sejenis Marmer

Selain marmer, terdapat batuan serupa di antaranya granit, travertine dan onyx. Walau sekilas serupa, namun batuan-batuan ini bukan termasuk jenis marmer karena cara pembentukan dan penggunaannya yang berbeda.

- Granit adalah batuan yang terbuat dari magma cair yang membeku. Karakteristik granit adalah keras, tahan gores, dan tahan lama, serta coraknya yang lebih halus dan berulang.

Marmer©Bayles Granit

- Travertine umumnya dapat dijumpai pada mata air panas atau gua kapur. Karakteristik travertine adalah adanya tekstur lubang-lubang alami yang diakibatkan evaporasi karbon dioksida. Karena sifatnya yang keras, travertine sering digunakan pada fasad / eksterior bangunan.

Marmer©JSP Marble

Marmer©Jeremy San

- Onyx berasal dari batu gamping kristalin. Karakteristik onyx, yaitu batuan yang memiliki sifat jernih dan tembus cahaya. Karena sifatnya tersebut menjadikan harga onyx relatif lebih mahal. 

Marmer©italianmarbles.eu

Marmer©Santostones

Artikel Lainnya: 4 Cara Menggunakan Tanaman untuk Mereduksi Panas di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Marmer
Jika Anda berminat mengaplikasikan marmer di rumah Anda, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunakan marmer.

Kelebihan

Kekurangan

-Tahan lebih lama

-Mudah untuk dibersihkan

-Memberi kesan mewah

-Warna dan motif bervariatif

-Tahan panas dan tidak menghantarkan panas

-Permukaan cenderung lebih licin

-Harga yang relatif mahal

-Cenderung sulit diperbaiki

-Proses pemasangannya membutuhkan keahlian khusus dan memakan waktu


Marmer©JSP Marble

Perawatan Marmer

Pada perawatannya cara membersihkan lantai marmer cukuplah mudah. Kerusakan pada lantai marmer, dinding marmer ataupun tangga marmer terbagi menjadi dua, yaitu terjadinya flek atau noda pada batu marmer bersifat kristalin dan terjadinya keropos pada batu marmer yang bersifat kapur. Oleh karena itu bisa dilakukan dengan hal sebagai berikut:

- Pastikan lantai marmer selalu dalam keadaan kering. Bila terkena tumpahan minuman atau cairan seperti susu, tinta, kopi atau bahan kimia lain, cara membersihkan marmer yaitu segeralah lap sebelum noda tersebut mengering. - Gunakan pembersih lantai yang lembut dengan pH netral. Hindari penggunaan pembersih lantai marmer terlalu keras dan bahan yang bersifat abrasive karena dapat mengurani kilap dari lantai marmer. - Bersihkan marmer dengan lap lantai secara teratur untuk mengurangi debu kasar yang dapat menggores marmer. - Lapisi lantai marmer dengan lapisan pelindung minimal dua kali setahun untuk melindunginya dari noda. - Lindungi ruang masuk marmer dengan keset untuk mengurani debu yang masuk. - Hindari penggunaan batu marmer di daerah terbuka yang sering terkena hujan atau panas karena garam dan zat kimia yang terkandung dalam hujan akan mengurani kilap marmer.


Cara Mengkilapkan Marmer 

Mengkilapkan atau memoles lantai marmer, dinding marmer atau tangga sangatlah diperlukan. Hal ini dikarenakan dalam pemotongan marmer slab sebelum pemasangan biasanya dilakukan secara manual di lokasi proyek, yang mana hasil pemotongan tidak akan serapi hasil pemotongan marmer cut size yang dilakukan dengan mesin otomatis di pabrik. Sulit untuk memasang marmer ukuran slab dengan hasil 100% rata, lain dengan marmer cut size yang berukuran kecil, akan mudah untuk memasang secara rata. Dengan alasan-alasan tersebut, untuk mendapatkan hasil yang rapi diperlukan pemolesan ulang. 

- Melakukan pemolesan ulang, berarti melakukan "total scrapping" terhadap lantai marmer, dinding marmer ataupun tangga, yang dilakukan dalam 8 step (8 grade batu poles).

- Jika melakukan pemolesan ulang, maka hasil poles sebelumnya pada lantai marmer, dinding marmer ataupun tangga tidak berbekas

- Pada jenis marmer tertentu dan ggranit, dalam pemolesan ulang disarankan untuk menggunakan epoxy cair hight grade (RTN, Akepox, dll). Hal ini untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.

- Epoxy Hight Grade ini akan menutup keretakan-keretakan halus dan lubang-lubang kecil.

Kekurangan dalam melakukan polesan ulang adalah marmer akan menjadi sedikit bergelombang karena pemolesan ulang dilakukan dengan mesin kecil, tetapi setelah ruangan terpasang furniture gelombang ini tidak akan terlihat. 


Marmer©cleaningrestorationmalaysia

Pemasangan Marmer
Pemasangan lantai marmer memerlukan keahlian yang khusus dan memakan cukup waktu, hal ini dikarenakan batu marmer dijual berbentuk slab besar, lain halnya jika di luar negeri marmer sudah berupa cut size. Berikut cara pemasangan marmer dalam bentuk slab besar: 

- Usahakan memilih marmer dalam kesatuan block, dengan nomor slab yang masih berurutan untuk memudahkan mengatur motif urat saat pemasangan. Dalam satu ruangan, kebutuhan marmer harus terpenuhi dengan slab dari block yang sama
- Utamakan memilih dahulu untuk ruangan yang terbesar, baru sisanya dipilih untuk ruangan yang lebih kecil. Karena jauh lebih sulit untuk menyerasikan warna dan motif untuk ruangan yang besar
- Gunakan coating yang baik, untuk menjaga agar tidak timbul flek atau noda  pada material yang terpasang
- Usahakan memotong dengan pisau yang tajam untuk mendapatkan hasil potong yang rapi 

©perfectlevelmaster

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang marmer mulai dari jenis, plus minus, perawatan, dan pemasangannya. Semoga dapat membantu dalam pengaplikasian lantai marmer, dinding marmer dan tangga pada interior rumah Anda. Berikut adalah daftar supplier marmer yang dapat Anda hubungi untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Lantai Kayu atau Lantai Parket? Kenali Tipe dan Perbedaannya untuk Rumah Anda

Artikel Menarik Lainnya

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat di Lombok. Shera dan Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi sekolah tanggap bencana.

Sponsored Article

Ragam Fungsi dan Estetika Desain Eksterior yang Menarik Hati

“Architecture is a visual art, and the buildings speak for themselves.”  Sebuah kutipan dari seorang arsitek Amerika, Julia Morgan. Desain yang baik adalah desain yang berbicara tanpa perlu banyak penjelasan dan intepretasi. Dalam arsitektur, desain eksterior merupakan hal yang krusial. Mengapa? Karena merupakan tampilan terluar yang representatif bagi hunian ataupun kantor tempat Anda bekerja. Hal pertama yang dilihat bagi siapapun yang datang atau melihat sebuah bangunan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah

Tak dipungkiri bahwa anak-anak memang identik dengan mainan. Kebanyakan orang tua juga senang membeli mainan anak yang disuka oleh si kecil. Namun, banyaknya mainan anak yang dimiliki acapkali membawa masalah karena kamar anak menjadi sangat berantakan terlebih jika tidak ada tempat penyimpanan mainan di dalam kamar anak. Tak jarang, mainan anak pun tersebar ke ruangan lain yang membuat Anda semakin pusing dengan kekacauan ini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago