Logo Bluprin Blog

Masih Berlangsung! Inilah Venue Asik di Bintaro Design District 2018

ARCHITECTURE - NEWS / 3 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 3 months ago

Masih Berlangsung! Inilah Venue Asik di Bintaro Design District 2018

Setelah sukses dengan openingnya pada 11 Oktober 2018. Bintaro Design District 2018 masih berlangsung hingga tanggal 20 Oktober 2018. Apa saja yang ditampilkan di acara ini?

Hasil karya dari individu-individu kreatif di Distrik Bintaro ini telah mendapat respon positif dari para pelaku desain, masyarakat, dan penikmat seni. Beberapa venue yang sudah dibuka oleh partisipan Bintaro Design District 2018 ini ramai dikunjungi hingga hari kelima dari opening. Diantaranya adalah “Ruang Antara”, kolaborasi dari J+A Design dan Numo Studio, serta Private Exhibition & Talk Show oleh Studio Denny Setiawan dan Dform.

Jessica Auditama selaku prinsipal dari J+A Design berkolaborasi dengan Nus Salomo prinsipal dari Studio Numo menggelar instalasinya di Numo Art & Coffee dan di sebuah taman yang berlokasi di sudut persimpangan antara jalan Boulevard Bintaro Raya dan Jalan Kebayoran Residence, Bintaro Sektor 7.

bintaro design district 2018

©Jessica Auditama

Instalasi “Ruang Antara” ingin bercerita tentang fleksibilitas ruang gerak masyarakat kreatif di Bintaro yang sebagian besar kehidupannya tinggal, bekerja, dan bersosialisasi di area yang sama, sehingga memunculkan satu zona kenyamanan tersendiri di masing-masing individu kreatif tersebut. Unsur vertikal pada instalasi mewakilkan individu-individu kreatif yang beragam dengan berbagai karakter.

Media paranet yang transparan itu bisa diartikan hubungan antar individu kreatif ataupun Bintaro itu sendiri sebagai suatu naungan. Pergerakan penghuni kreatif di Bintaro seperti warna abu-abu di antara hitam dan putih atau seperti transparan di antara ada dan tiada namun tetap dapat dirasakan keberadaannya. “Ada” yang seolah “tak ada” karena tak seluruhnya dapat disingkap di saat kita menyatu di bawah naungan yang sama kecuali pada saat sesekali kita berusaha mengenalnya lebih jauh. Dan pada akhirnya, semuanya selalu menghasilkan kejutan-kejutan kreatif dan interakhif seperti lubang pada instalasi “Ruang Antara”

Sedangkan Numo Studio telah lama bekerja sama dengan arsitek dan interior desainer yang menyediakan karya seni dan elemen estetis dalam bentuk 2D dan 3D maupun art installation untuk interior maupun eksterior bangunan.

Bintaro Design District 2018

©Bluprin

Pada Bintaro Design District 2018, Nus Salomo memperlihatkan proyek Saloka Science Center Project 2018 yang baru berjalan di Salatiga, dari proses desaiin hingga implementasinya. Dalam proses produksi, Nus Salomo menggunakan proses 3D sclupting dan printing saat bekerja sama dengan seniman dan desainer untuk mewujudkan konsep Science Center ini.

Tak kalah dengan Jessica dan Nus Salomo, Denny Setiawan pinsipal dari Studio Denny Setiawan dan Mande Austriono prinsipal dari Dform juga melakukan kolaborasi. Kali ini, mereka menyelenggarakan Private Exhibition & Talk Show yang digelar tanggal 13,14 dan 19 Oktober 2018 di Jalan Pisok V EB no 31 ini.

Bintaro Design District 2018

©Bluprin

Berlokasi di project milik klien Denny yang belum rampung, talk show yang sudah digelar 2 kali pada 13 dan 14 Oktober lalu ramai oleh pengunjung Bintaro Design District 2018. Pada dua talk show nya lalu, pembicara yang dihadirkan yaitu Gerard Tambunan dari GeTs Architects, Mande Austriono dari Dform pada 13 Oktober 2018 serta Jessica Auditama dari J+A Design dan Denny Setiawan dari Studio Denny Setiawan pada 14 Oktober 2018.

Bintaro Design District 2018

©Bluprin

Berkonsepkan karpet merah yang digelar dan saling berkesinambungan menampilkan beberapa karya Denny dan Mande dengan maket dan penjelasan tentang project tersebut. Menarik bukan? Talk show selanjutnya berlangsung pada 19 Oktober 2018 dengan pembicara Abimatra dari Ago Architects dan Imron Yusuf dari IFD Architects pukul 15.00-17.00 WIB.

Tidak kalah dengan Jessica, Nus Salomo, Denny serta Mande. Beberapa pelaku desain dan para individu kreatif juga menggelar instalasi yang unik serta open studio, di antaranya adalah :

1. 2.4x2.4x2.4 oleh Atelier Riri

bintaro design district

©Reini Mailisa

2. Open Studio ArMS oleh Muhammad Sagitha

Bintaro Design District 2018

©Ferdy Apriady

3. Studio Tonton Open Project oleh Antony Liu

Bintaro Design District 2018

©Ferdy Apriady

4. Open Studio & Project oleh Garisprada

Bintaro Design District 2018

©Ivy Widianti

5. Studio Pertanian & Arsitektur Sahaja: The Discussion Forum oleh Wiyoga Nurdiansyah Architects

Bintaro Design District 2018

©Ferdy Apriady

6. 8m Urban Installation oleh SOSJ Design, Bitte dan Antikode

Bintaro Design District 2018

©Ferdy Apriady

7. Studio Air Putih Tour oleh Studio Air Putih 

Bintaro Design District 2018

©Denny Gondo

8. Untold Story: The Discussion Forum oleh Delution Design

Bintaro Design District 2018

©Celvin Leowardi

9. SA_e Studio Tour oleh Studio SA_e

Bintaro Design District 2018

©Studio SA_e

10. IL House & Artnivora Design oleh Artnivora Design

Bintaro Design District 2018

©Bintaro Design District 2018

Masih banyak lagi keseruan yang dihadirkan di venue-venue Bintaro Design District 2018 lainnya. Tidak hanya mendidik, namun berbagai pengalaman dalam menikmati seni dan arsitektur pun juga didapatkan oleh pengunjung. Bintaro Design District 2018 ini dibuka hingga 20 Oktober 2018 mendatang. Anda cukup menyiapkan Rp. 50.000,- untuk membeli BDD pass untuk semua venue. Tidak mahal bukan untuk menikmati acara yang berlangsung setahun sekali ini?

product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

Cosmas Gozali Adakan Open House Project Terbarunya Kapal Api Office

Jakarta, 12 Januari 2019 – Cosmas Gozali, Prinsipal Atelier Cosmas Gozali mengadakan Open House project terbarunya yaitu Kapal Api Office yang berlokasi di Jalan Taman Jati Baru Barat II, Jakarta Pusat. Pada open house-nya kali ini, arsitek yang sudah lama dikenal dengan karyanya di dalam maupun luar negeri membagikan proses desain dan pengalamannya mendesain Kapal Api Office ini.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago