Logo Bluprin Blog

Material Untuk Desain Carpot yang Kokoh

TIPS N IDEA / 11 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 11 months ago

Material Untuk Desain Carpot yang Kokoh

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi carport bukan hanya sekadar tempat mobil untuk “beristirahat”. Kini, keberadaannya juga dapat menambah estetika rumah. Selain itu, desain carport yang bagus dapat menunjang keindahan fasad hunian Anda.

Umumnya, carport dibangun di bagian depan atau samping rumah. Pembuatannya tak boleh asal karena carport menjadi salah satu bagian dari rumah yang pertama kali dilihat oleh orang lain, selain fasad. Tampilannya harus selaras dengan model fasad dan dibuat secantik mungkin.

Namun, banyak orang yang tak mengerti bagaimana seharusnya membangun carport yang benar. Pemilihan material lantai dan atap carport yang tak sesuai dapat membuat konstruksi carport cepat rusak. Padahal, carport memerlukan konstruksi lantai dan material yang kuat untuk menahan beban berat kendaraan. Lantas, bagaimana membuat carport yang benar?

Material Lantai

Carport akan menjadi tumpuan bagi kendaraan Anda. Maka, carport haruslah dibangun pada lantai yang kokoh untuk menjadi tempat “pendaratan” kendaraan dan dapat menampung beban berat kendaraan yang terparkir di dalamnya. Ada tiga syarat umum material lantai yang cocok untuk carport, yaitu tidak licin (memiliki ketahanan terhadap slip), daya sokong kuat untuk menahan beban berat, dan tahan terhadap berbagai cuaca.

Material yang digunakan pada lantai carport sebaiknya jangan yang licin, namun tetap mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan lantai beton ekspos, koral sikat, atau paving block.

Desain Carpot

Foto: Doctor House ©Armeyn Ilyas

Apabila Anda menggunakan keramik, usahakan pilih keramik yang permukaannya rata, namun tidak mengilap (unpolished) sebab keramik yang permukaannya tidak rata (rock tile, menyerupai potongan batu alam) akan mudah menyimpan kotoran dan sulit dibersihkan.

Ada 2 faktor yang berpengaruh dalam menentukan kekuatan lantai, yaitu berat kendaraan dan kondisi tanahnya. Sebenarnya, bobot kendaraan relatif ringan dan dapat ditanggung oleh tapakan beton ringan. Beton ringan ini dapat dibuat dari campuran semen, pasir, dan koral dengan perbandingan 1:3:5. Semua bahan tersebut kemudian ditambah air dan dituang ke bidang lantai carport, sebelum dilapisi oleh keramik atau pelapis lantai lain.

Desain Carpot

Foto: IS Residence ©MINT-DS

Baca Juga: Agar Material Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

Material Atap, Pilih Transparan atau Tertutup?

Material atap carport umumnya dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu transparan/terbuka dan tertutup. Bila Anda menginginkan carport yang disirami pancaran sinar matahari, gunakan atap yang terbuka. Sementara itu, bila carport yang Anda bangun tidak dapat diterobos cahaya matahari melalui atap, gunakan atap tertutup.

Untuk material atap yang transparan, Anda dapat memilih beberapa bahan dasar, seperti polikarbonat, vinil, fiberglass, kaca, dan shade shail. Simak informasi mengenai bahan-bahan tersebut berikut ini

Polikarbonat

Bahan ini merupakan bahan yang tahan terhadap cuaca, mampu menolak sinar ultra violet (UV) dan panas. Warnanya pun beragam, memudahkan Anda untuk memadupadankan dengan bentuk rumah. Kelebihan dari material polikarbonat ialah dapat dibentuk dan dilengkungkan. Harga polikarbonat tergantung ukuran, ketebalan, dan merek.

Desain Carpot

Foto: Salendro House ©Ashari Architect

Baca Juga: Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Vinil

Material ini wujudnya seperti serat sintetis. Pemasangannya relatif mudah serta bobotnya ringan. Warna yang ditawarkan beragam, yaitu clear transparent, clear translucent, blue sky, dan light green. Vinil dapat meredam panas, namun kualitasnya di bawah polikarbonat. Mengenai harga, pilihan ini tidak menguras kocek Anda. Beda motif dan merek, beda harga pula.

Fiberglass

Kemampuannya dalam meredam panas memang tak sebaik polikarbonat dan vinil. Namun, di antara keduanya, harga fiberglass paling ekonomis. Pilihan modelnya bergelombang dan datar. 

Kaca

Saat memilih material ini, Anda perlu memerhatikan jenis dan ketebalannya. Jenisnya beragam, ada yang mampu menolak radiasi UV adapula yang telah dilapisi film yang membuat ruangan di bawahnya lebih adem. Harganya bervariasi tergantung konstruksi, ketebalan, dan jenis kaca yang dipilih.

Shade Sail

Bentuk bahan yang satu ini sangat unik. Sekilas, seperti terpal yang direntangkan dan dipasang dengan struktur tarik sehingga memerlukan tempat bertumpu. Kemampuannya menolak panas sangat baik, tetapi tidak mampu menahan hujan. Ukurannya dapat disesuaikan dengan dimensi carport. Ada 6 warna yang dapat dipilih, yaitu biru tua, biru muda, oranye, hijau tua, hijau muda, dan krem.

Sementara itu, untuk material atap yang tertutup, Anda bisa memilih 3 bahan dasar, seperti genting, dak, dan atap metal lapis baja ringan. Material atap yang akan dipilih kembali lagi ke diri Anda sendiri. Gunakanlah material atap sesuai dengan kebutuhan.  Sesuaikan pula dengan desain rumah Anda agar tetap selaras. 

Desain Carpot

Foto: Rumah Prisma ©RDA

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago