Logo Bluprin Blog

Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Aisya Putri
TIPS N IDEA / By Aisya Putri / 1 year ago

Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos

Foto: Paon Redesign ©DDAP Architect

Warna merupakan aspek penting dalam sebuah bangunan, baik dari sisi arsitektur maupun interiornya. Citra sebuah ruang dipengaruhi oleh pemilihan warnanya karena setiap warna memiliki karakteristik tersendiri dan memberikan efek psikologi yang berbeda. Namun warna tidak harus selalu dihasilkan dengan menggunakan cat, warna ruang dapat juga dihadirkan melalui warna asli material bangunan yang diekspos. Beberapa material ekspos yang umumnya digunakan antara lain beton, acian, batu bata, dan juga struktur rangka baja.

Beton Ekspos

Warna Ruang

Foto: Ampera Six Building ©Chrystalline Architect

Belakangan ini, material dengan karakteristik tekstur halus dan simetri menjadi populer digunakan. Kesan modern dan simpel menjadikan material ini cocok untuk digunakan pada gaya minimalis dan kontemporer. Warna abu yang ditimbulkan dari beton ekspos memberikan kesan netral dan sejuk di dalam rumah, sedangkan lubang-lubang kecil yang tampak pada permukaan dinding beton merupakan lubang yang terbentuk hasil dari proses pengecorannya. Hal ini juga memberikan karakteristik tersendiri pada ruang.

Warna Ruang

Foto: Meranti House ©Spark Architects

Acian Ekspos

Warna Ruang

Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Acian merupakan lapisan semen yang digunakan untuk menutupi dinding bata. Jika terdapat bangunan yang belum diberikan finishing dalam bentuk dinding acian, Anda cenderung melihatnya seperti rumah yang belum selesai. Namun, beberapa orang justru menyukainya. Ekspos acian seringkali dicitrakan mewakili gaya industrial pada bangunan yang belakangan ini sedang menjadi gaya desain favorit di kalangan masyarakat. Sedikit berbeda dengan beton, bidang acian memiliki warna abu-abu yang lebih variatif, tingkat kegelapan abu-abu dapat ditentukan melalui proses pengerjaan yang berbeda.

Artikel lainnya: Apakah rumah minimalis itu rumah karenakata minimal?

Warna Ruang

Foto: Lumber Shaped Box House ©Atelier Riri

Struktur Baja Ekspos

Warna Ruang

Foto: PS-26 Green Office ©Wahana Architects

Dalam penerapan finishing akhir, bangunan yang memiliki struktur baja seringkali ditutupi dengan material lain. Padahal ekspos material baja juga bisa menjadi menarik. Seperti acian, ekspos struktur seperti pada kolom baja dapat memberikan kesan gaya industrial dan kesan ringan pada bangunan.

Warna Ruang

Foto: ©Freshome

Batu Bata Ekspos

Warna Ruang

Foto: Bougainville Villa ©PT. IMAJI KRYAMAHA UTAMA

Batu bata umumnya dijadikan material dinding pembatas ruang dalam hunian dimana kemudian dilapisi acian dan dicat. Tetapi penyusunan dinding batu bata yang diekspos juga memiliki ciri khas tersendiri dalam ruang. Material ini dapat memberikan kesan hangat dan warna cerah di dalam ruang. Warna batu bata juga bervariasi, mulai dari orange cerah, hingga merah gelap. Warna tersebut bergantung pada jenis batu bata yang digunakan. Gaya desain industrial dan arsitektur tropis seringkali menggunakan batu bata ekspos.

Foto: Sujiva Living ©Somia Design

Artikel lainnya: Membaca Cepat Gambar Denah

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago