Logo Bluprin Blog

Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Aisya Putri
TIPS N IDEA / By Aisya Putri / 1 year ago

Memberi Warna Ruang Dengan Material Ekspos

Foto: Paon Redesign ©DDAP Architect

Warna merupakan aspek penting dalam sebuah bangunan, baik dari sisi arsitektur maupun interiornya. Citra sebuah ruang dipengaruhi oleh pemilihan warnanya karena setiap warna memiliki karakteristik tersendiri dan memberikan efek psikologi yang berbeda. Namun warna tidak harus selalu dihasilkan dengan menggunakan cat, warna ruang dapat juga dihadirkan melalui warna asli material bangunan yang diekspos. Beberapa material ekspos yang umumnya digunakan antara lain beton, acian, batu bata, dan juga struktur rangka baja.

Beton Ekspos

Warna Ruang

Foto: Ampera Six Building ©Chrystalline Architect

Belakangan ini, material dengan karakteristik tekstur halus dan simetri menjadi populer digunakan. Kesan modern dan simpel menjadikan material ini cocok untuk digunakan pada gaya minimalis dan kontemporer. Warna abu yang ditimbulkan dari beton ekspos memberikan kesan netral dan sejuk di dalam rumah, sedangkan lubang-lubang kecil yang tampak pada permukaan dinding beton merupakan lubang yang terbentuk hasil dari proses pengecorannya. Hal ini juga memberikan karakteristik tersendiri pada ruang.

Warna Ruang

Foto: Meranti House ©Spark Architects

Acian Ekspos

Warna Ruang

Foto: Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Acian merupakan lapisan semen yang digunakan untuk menutupi dinding bata. Jika terdapat bangunan yang belum diberikan finishing dalam bentuk dinding acian, Anda cenderung melihatnya seperti rumah yang belum selesai. Namun, beberapa orang justru menyukainya. Ekspos acian seringkali dicitrakan mewakili gaya industrial pada bangunan yang belakangan ini sedang menjadi gaya desain favorit di kalangan masyarakat. Sedikit berbeda dengan beton, bidang acian memiliki warna abu-abu yang lebih variatif, tingkat kegelapan abu-abu dapat ditentukan melalui proses pengerjaan yang berbeda.

Artikel lainnya: Apakah rumah minimalis itu rumah karenakata minimal?

Warna Ruang

Foto: Lumber Shaped Box House ©Atelier Riri

Struktur Baja Ekspos

Warna Ruang

Foto: PS-26 Green Office ©Wahana Architects

Dalam penerapan finishing akhir, bangunan yang memiliki struktur baja seringkali ditutupi dengan material lain. Padahal ekspos material baja juga bisa menjadi menarik. Seperti acian, ekspos struktur seperti pada kolom baja dapat memberikan kesan gaya industrial dan kesan ringan pada bangunan.

Warna Ruang

Foto: ©Freshome

Batu Bata Ekspos

Warna Ruang

Foto: Bougainville Villa ©PT. IMAJI KRYAMAHA UTAMA

Batu bata umumnya dijadikan material dinding pembatas ruang dalam hunian dimana kemudian dilapisi acian dan dicat. Tetapi penyusunan dinding batu bata yang diekspos juga memiliki ciri khas tersendiri dalam ruang. Material ini dapat memberikan kesan hangat dan warna cerah di dalam ruang. Warna batu bata juga bervariasi, mulai dari orange cerah, hingga merah gelap. Warna tersebut bergantung pada jenis batu bata yang digunakan. Gaya desain industrial dan arsitektur tropis seringkali menggunakan batu bata ekspos.

Foto: Sujiva Living ©Somia Design

Artikel lainnya: Membaca Cepat Gambar Denah

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago