Logo Bluprin Blog

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

TIPS N IDEA / 1 month ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 month ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

Meski demikian, solid surface memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh material granit dan marmer. Mereka hanya mirip secara visual tetapi berbeda dari segi kekuatan dan varian. Solid surface memiliki susunan pori-pori yang kuat sehingga tahan terhadap benturan benda keras. Inilah mengapa, material solid surface lebih sering digunakan untuk meja dapur. 

Selain itu, material solid surface juga memiliki warna-warna yang menarik, tak kalah cantik dari marmer maupun granit. Untuk inspirasinya, intip di bawah ini.

1. Warna lebih variasi

solid surface solid surface texture

(sumber: pinterest.com)

Artikel Lainnya: Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda 

Meja dapur warna putih sudah terlalu mainstream. Benar bukan? Warna putih pun juga mudah sekali menimbulkan bekas atau noda. Apalagi bila diaplikasikan di meja dapur. Sudah dipastikan noda akan mudah menempel dan tampilan meja island akan menjadi kurang cantik. 

Solid surface menghadirkan pilihan warna selain warna putih. Salah satunya warna hijau ini. Permukaannya yang licin dengan adanya guratan khas marmer dan disandingkan dengan material kayu, berhasil membuat dapur tampil kece.

2. Selalu tampak bersih 

solid surface solid surface texture

(sumber: remodelista.com)

Sebagai area memasak makanan untuk keluarga, sangat dianjurkan meja island itu bebas kuman dan bakteri. Solid surface adalah material yang mendukung hal tersebut. Pori-pori pada solid surface sangat kecil dengan tekstur yang cukup licin sehingga secara praktis kotoran tidak akan mengendap. Kalau pun kotor, permukaan solid surface ini gampang sekali dibersihkan. Jadi, jangan takut menggunakan solid surface warna putih. 

3. Bentuk lebih beragam

solid surface solid surface texture

(sumber: Exlog Kitchen.com)

Selain memiliki banyak pilihan warna, solid surface juga mempuyai tingkat elastisitas yang cukup tinggi.  Hal ini memungkinkan untuk bisa dibengkokkan untuk menciptakan kesan tertentu. Seperti inspirasi di atas, solid surface buat dengan bentuk bundar. Terlebih lagi material sintetis ini dapat dipesan sesuai ukuran dan kebutuhkan.

Artikel Lainnya: Desain Rumah Mengikuti Karakter

4. Bisa juga untuk kabinet

solid surface solid surface texture

(sumber: kustomate.com)

Tak hanya terbatas untuk meja island, solid surface juga bisa diaplikasikan untuk kabinet dapur. Anda bisa beri tampilan yang senada pada meja dapur dan kabinetnya seperti inspirasi di atas. Tampilan dapur pun semakin cantik. 

5. Motif yang cantik

solid surface solid surface texture

(sumber: stpatricksirishfest.com)

Layaknya seperti marmer, solid surface juga memiliki motif pada permukaannya. Untuk inspirasi satu ini, motif berupa titik-titik dengan lokasi yang sembarang dan warna yang tidak terlalu tebal. Motif ini menambah kemenarikan pada permukaan solid surface agar meja island tak tampil biasa saja. Selain itu, adanya motif juga membuat noda menjadi tersamarkan. 

Jadi, dari lima desain tersebut, mana yang sesuai dengan Anda? Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Artikel Lainnya: 10+ Inspirasi Raised Floor untuk Rumah dan Kantor

product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

Desain Teras untuk BBQ Party di Tahun Baru

Tahun baru adalah BBQ Party. So, sekarang saatnya membersihkan kembali koleksi griller yang lama tersimpan. Mencari arang terbaik, serta daging terbaik. Brisket alias sandung lamur adalah pilihan klasik, namun Anda bisa memilih daging lainnya. Dan jangan lupa perhatikan desain teras rumah Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 19 hours ago

Menelusuri Rumah Minimalis, Dari Eksterior Hingga Interior

Desain rumah minimalis memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern saat ini. Gaya hidup masyarakat kini yang serba cepat, menuntut kepraktisan dan efisiensi dalam segala aspek kesehariannya. Salah satu aspek paling mendasar bagi seseorang adalah huniannya. Rumah minimalis merupakan hunian dengan desain yang tidak rumit, elegan, bersih dan memiliki konsep meminimalisir atau mengurangi elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 23 hours ago

Bikin Rumah Sejuk, Ini 7 Inpirasi Rumah dengan Kolam di Dalamnya

Siapapun menginginkan huniannya tampil menarik. Salah satunya ide inspirasinya bisa dengan menambahkan kolam ke dalam rumah, baik kolam untuk tanaman air, kolam ikan atau bahkan hingga yang termahal yakni kolam renang. Bila biasanya kolam-kolam ini berada di area luar rumah, maka sekarang idenya memasukkan ke area interior hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

8 Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Sejak dulu, pagar memang dikenali sebagai salah satu elemen “penjaga” rumah. Tak hanya untuk menjaga keamanan dari luar rumah, pagar pun berfungsi sebagai sosok pengaman dari dalam hunian, khususnya bila sang empunya rumah memiliki anak balita yang sering luput dari pengawasan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago