Logo Bluprin Blog

Menciptakan Nuansa Alam ke Dalam Rumah

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Menciptakan Nuansa Alam ke Dalam Rumah

Sibuk seharian beraktivitas membuat seseorang merasa perlu mendapat ketenangan ketika ia sampai di rumah. Rasanya mata perlu dimanjakan dengan sesuatu yang menyegarkan.

Oleh karena itu, menghadirkan unsur-unsur alami ke dalam hunian sangat penting dilakukan oleh penghuni untuk menciptakan atmosfer yang segar dan energi positif. Nah, Apa saja cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadirkan unsur alam ke rumah? Simak tips berikut ini!

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: Breathing House ©Atelier Riri

Hadirkan Bukaan yang Lebar

Bila hunian Anda tak begitu luas, Anda masih bisa menghadirkan unsur alam ke dalamnya. Misalnya, dengan membuat bukaan yang lebar-lebar. Pintu-pintu kaca atau jendela-jendela besar merupakan beberapa langkah yang bisa diaplikasikan. Melalui cara seperti ini, view dari dalam rumah dapat lebih luas dan pemandangan di luar pun bisa didapat dengan mudah. Jendela dan lubang angin yang mencukupi membuat sirkulasi udara mengalir dengan lancar dan sinar matahari pun melimpah.

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: humble-homes

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: imanada

Hijau dari Tumbuhan

Untuk menciptakan unsur alami ke dalam rumah, tumbuhan merupakan elemen yang tak boleh dilewatkan. Berbagai macam tumbuhan, tanaman hias, atau bunga bisa dijadikan pilihan untuk mewarnai ruang dan taman. Dengan adanya tumbuhan, unsur alam seolah benar-benar masuk ke dalam ruangan dan kesan natural pun dapat semakin terbentuk. Warna hijau dari tumbuhan membuat rileks mata yang melihat.

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: s-media-cache-ak0

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: techstyleandhomes

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: residencestyle

Artikel lainnya: Ide Penyimpanan di Dapur Mungil

Gunakan Kayu sebagai Material

Menghadirkan kayu ke dalam rumah memang dapat menambah kesan alami pada hunian. Bila harga kayu asli terlalu mahal, kayu olahan pun dapat menjadi pilihan. Material yang sudah sangat populer ini bisa dihadirkan pada dinding, plafon, ataupun furnitur. Semua hal tersebut tentu dapat membawa nuansa alami yang kental. Kesan yang tercipta pun dapat beragam, seperti tradisional atau rustic, dan dapat disesuaikan dengan konsep rumah yang diinginkan.

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: craftydevilish

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: s-media-cache-ak0

Tambahkan Batu Alam

Batu alam tentunya sudah tak asing, tetapi karena harga yang relatif tinggi tidak banyak orang yang menerapkannya. Batu alam sendiri bisa menghiasi bagian fasad atau eskterior maupun interior rumah. Pastinya, dinding dalam rumah menjadi lebih atraktif bila dilapisi dengan batu alam, bukan?

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: noerdin

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: noerdin

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: home-designing

Masukkan Unsur Air

Tak bisa disangkal jika unsur air merupakan satu hal mutlak agar ruang terasa begitu alami.  Anda bisa menghadirkannya dalam berbagai cara, entah itu kolam ikan, kolam renang, atau air mancur. Tidak harus persis di dalam rumah, bisa terdapat di taman, sisi samping rumah, atau dengan akuarium besar. Suara gemericik yang dihasilkan oleh air tentu memperkuat nuansa alamnya.

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: trendir

Taman Minimalis dalam Rumah

Foto: vourtimeri

Artikel lainnya: Roster – Elemen Desain pada Hunian tropis


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago