Logo Bluprin Blog

Mendesain dengan Passion - Virgo Oktaviano Design (VOD)

ARCHITECTURE - PROFILE / 2 years ago / By Heni Nurmawanti
ARCHITECTURE - PROFILE / By Heni Nurmawanti / 2 years ago

Mendesain dengan Passion - Virgo Oktaviano Design (VOD)

Permainan warna dan pencahayaan merupakan ciri khas dari desain Virgo Oktaviano yang juga merupakan pendiri dari Virgo Oktaviano Design. Di awal tahun 2013, Igho panggilan akrabnya, membuka usaha Virgo Oktaviano Design yang berfokus pada bidang arsitektur dan desain interior. Pria lulusan dari Universitas Gunadarma ini sangat  menggemari desain dengan konsep luxury yang dapat dilihat dari penerapannya pada beberapa proyek Virgo Oktaviano Design, salah satunya dalam desain interior Apartemen SATU8.  “Saya suka bermain warna dan pencahayaan, jadi gimana saya menciptakan ruang yang luxury¸ homey, dan cozy dari coloring dan lighting.” ujar Pria kelahiran Bangka ini.

Virgo Oktaviano Design

Foto: Apartemen SATU8

Masyarakat di Indonesia saat ini masih menganggap desain bukan merupakan hal yang penting, padahal desain memiliki peran penting untuk menciptakaan kenyamanan hunian.” Ujar Igho.

Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

Kegemarannya melukis sejak kecil membuat Ia tertarik untuk mendalami dunia arsitektur secara lebih serius dengan memilih jurusan teknik arsitektur sewaktu di bangku kuliah. “Saya pikir kuliah yang menarik itu jurusannya asitektur, karena bayangan saya dulu arsitek itu hebat bisa merancang bangunan, bisa merancang gedung.” kata Virgo. Ia bersama dengan dua rekannya mendirikan Virgo Oktaviano Design yang awal fokusnya pada bidang arsitektur yang kemudian kini juga merambah ke dunia desain interior. Menurutnya, salah satu kunci utama di dalam desainnya adalah passion yang menjadi faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan sebuah proyek.

Virgo Oktaviano Design

Kebanyakan proyek yang ditangani oleh Virgo Oktaviano Design adalah rumah tinggal dan apartemen. Hal ini sesuai dengan keinginannya yang ingin menciptakan ruang yang nyaman dan mewah bagi penghuni serta merupakan sebuah keberhasilan jika desainnya diikuti dengan kenyamanan yang dirasakan oleh klien. Maka tidaklah heran bila hasil karyanya selalu juga fungsional di samping memiliki nilai estetika. Igho mengatakan bahwa masyarakat di Indonesia saat ini masih menganggap desain bukan merupakan hal yang penting, padahal desain memiliki peran penting untuk menciptakaan kenyamanan hunian.

Virgo Oktaviano Design

Perkembangan dunia desain dan arsitektur di Indonesia menurut Virgo pun sudah baik dilihat dari munculnya arsitek-arsitek muda sehingga bisa membuka banyak jalan untuk menunjukan kemampuannya. Peranan teknologi dan media seperti Bluprin juga dapat menjadi wadah untuk mengembangkannya. Selain itu, Ia berharap agar arsitek muda dapat lebih menggali potensi dirinya hingga bisa menciptakan karya yang orisinil dan berciri khas, tentunya hal itu akan menjadi nilai lebih.

Virgo Oktaviano Design

Untuk kedepannya, Virgo dan tim ingin lebih mengembangkan usahanya agar bisa menjadi wadah bagi para arsitek muda untuk berani bereksperimen dengan desainnya. Kemampuan yang bagus juga diperlukan untuk dapat bisa bertahan sekaligus berkembang dalam persaingan di dunia arsitektur dan desain interior di Indonesia yang cukup ketat saat ini.


Artikel Menarik Lainnya

Tanya Arsitek #21 - High Street Studio - Seputar Klien

HighStreetStudio didirikan oleh Glenn Hajadi dan Rama Budhisurya secara organik. Dimulai dari permintaan teman SMA untuk mendesain sebuah rumah, Glenn dan Rama akhirnya terus mendapat kesempatan untuk mendesain lewat promosi word of mouth. Menurut mereka, hubungan dengan klien menjadi penting dan layak untuk dijaga bahkan setelah proyek selesai. Bahkan, Glenn menyebutkan bahwa mereka mengerjakan sebuah proyek dengan tujuan untuk menciptakan relasi, bukan sebaliknya. Tonton video selengkapnya untuk memahami bagaimana pandangan HighStreetStudio terhadap hubungan mereka sebagai desainer dengan klien.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 9 months ago

Tanya Arsitek #20 - ARCC - Seputar Biro

ARCC adalah biro arsitektur butik di Bali yang didirikan oleh Charles Dewanto pada tahun 2014. ARCC merupakan singkatan dari Architecture, Research, Consultancy, dan Construction yang selalu ingin diterapkan dalam setiap proyek yang dikerjakan semaksimal mungkin. Dalam video wawancara kali ini, Charles Dewanto bercerita tentang perkembangan bironya, tantangan yang dihadapi, serta rencana ke depan yang ia harapkan. Simak video wawancara ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ARCC dan pengelolaan bironya.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tanya Arsitek #19 - A & Partners - Seputar Klien

A & Partners adalah sebuah biro arsitektur yang berbasis di Bali dan Singapura. Saat pertama didirikan, Alvin Jo dan Japa Wibisana memulai memperoleh klien dari pameran yang mereka ikuti di Hong Kong dengan menampilkan desain yang mereka kerjakan saat mereka bekerja di biro arsitektur lain. Sebagai biro arsitektur baru, A & Partners berusaha membangun trust dengan klien melalui performa yang baik dan tepat waktu dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Simak wawancara untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana A & Partners berhadapan dengan klien.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tanya Arsitek #18 - Angkasa Architects

Angkasa Architects adalah biro arsitektur yang berlokasi di Pekanbaru. Pada kesempatan wawancara kali ini, Indri Sisilia dan Jeffri Angkasa membagikan pengalaman mereka di awal mendirikan biro. Mereka menceritakan bagaimana awalnya mereka bekerja di rumah masing-masing sampai saat ini memiliki kantor. Indri dan Jeffri juga membagikan bagaimana mereka menghadapi klien dan menyebutkan bahwa komunikasi dengan klien sangat penting.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago