Logo Bluprin Blog

Mengatur Cahaya pada Ruang Tidur

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Mengatur Cahaya pada Ruang Tidur

Foto: Metro House ©Ideo Design Work

Tidur yang berkualitas biasanya ditunjang oleh banyak hal, mulai dari kualitas kasur, faktor kesehataan, dan yang juga tak kalah penting ialah faktor pencahayaan. Salah-salah, pencahayaan justru dapat membuat penghuni merasa jengah berada di kamar dan membuat kualitas tidur menjadi berkurang.

Mengatur Cahaya

Foto: Ieslightlogic ©Bluprin

Lantas, bagaimana cahaya yang tepat untuk ruang tidur? Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tidur akan lebih berkualitas bila seseorang tidur dalam keadaan lampu dimatikan. Dalam penelitian itu disebutkan warna cahaya redup pada ruang tidur akan membuat kualitas tidur lebih baik dibandingkan warna cahaya yang cerah di ruang tidur.

Artikel lainnya: 5 Siasat Agar Kamar Tidur Terlihat Lapang

Mengatur Cahaya

Foto: Ancol Mansion Apartment ©W Studio

Untuk menciptakan ambience yang tepat pada kamar tidur, gunakanlah lampu-lampu yang memilki cahaya temaram. Lampu-lampu dengan pilihan cahaya warm white,

kuning, atau kemerahan adalah yang paling tepat untuk diterapkan. Pilihan pencahayaan ini pun dapat didukung dengan warna cat yang tepat agar pantulan terjalin sempurna. Pilihan warna cat yang serasi adalah pink, peach, krem, ungu, atau cokelat.

Jenis Lampu Menentukan

Mengatur Cahaya

Foto: Grand Tjokro Hotel ©EFATA

Selain warna lampu, jenis lampu juga menentukan. Kesan temaram ditampilkan lebih baik oleh lampu spotlight, lampu gantung, dan lampu meja. Sebab, ketiganya tidak memaparkan cahaya berlebihan yang dapat menyilaukan mata. Kesan hangat pun dapat lebih melekat pada lampu-lampu jenis ini.

Mengatur Cahaya

Foto: ©Wemelk

Artikel lainnya: Rumah Modern Tropis Budisari: Merespon Kontur Lahan dengan Split Level

Mengatur Cahaya

Foto: Grand Galaxy Residence ©Exxo Interior

Selain itu, dari segi lokasi, penempatan lampu lebih baik tersembunyi atau lebih familiar disebut sebagai indirect lamp. Lampu-lampu dapat disembunyikan di area plafon, di atas gorden, belakang headboard, atau di atas kabinet. Direct lamp sebagai lampu sentral dapat tetap ada, tetapi cahayanya dikurangi agar tidak merusak suasana hangatnya.

Mengatur Cahaya

Foto: Babatan House ©AIGI Architect + Associates

Lampu dekoratif juga perlu hadir di ruang tidur. Lampu dekoratif pada ruang tidur umumnya berupa lampu meja yang diletakkan pada nakas di kanan dan kiri tempat tidur. Lampu meja ini berfungsi sebagai penyeimbang cahaya lampu sorot dengan cahaya lampu general.

Mengatur Cahaya

Foto: Rumah Paris Jogja ©Vindo Design

Tips:

- Lampu dengan warna kemerahan dapat meningkatkan gairah seksual.

- Gunakan lampu dimmer agar terang lampu dapat disesuaikan dengan selera.

- Kurangi cahaya dari lampu utama di tengah ruangan agar kesan romantis lebih terasa.

- Hindari lampu berwarna biru karena akan menciptakan kesan dingin.

Artikel lainnya: Memilih Hunian Idaman: Rumah atau Apartemen?

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago