Logo Bluprin Blog

Mengenal 9 Tipe Window Blinds dan Tirai Jendela untuk Rumah Anda

TIPS N IDEA / 5 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 5 months ago

Mengenal 9 Tipe Window Blinds dan Tirai Jendela untuk Rumah Anda

Adanya perkembangan arsitektur di era modern ini membawa para arsitek untuk berpikir bagaimana merancang dengan budget yang minim tetapi tetap terlihat mewah. Seperti halnya window blinds yang merupakan salah satu tipe tirai jendela modern yang digunakan sekarang bukan hanya fungsional saja tetapi sudah beragam menurut material screen terhadap intensitas matahari, bentuk dan fungsinya.

Sebelum mengenal bentuk-bentuk window blinds menurut fungsinya, ada baiknya mengenal terlebih dahulu material pembuat blinds dalam pengaruhnya dalam pencahayaan sinar matahari.

1. Solar Screen
Window blindsFoto: Solar Screen ©Roller Blind Print

Blinds dengan solar screen merupakan blinds yang didesain untuk membantu mengatur tingkat eksposur cahaya hingga mencapai kenyamanan ruang yang maksimal. Penerapan screen ini biasanya digunakan pada kantor.

Artikel Lainnya: Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

2. Dim Out
Window blindsFoto: Dim Out ©Roller Blind Print

Window blinds dengan dim out membiaskan cahaya matahari yang masuk dengan tetap menjaga privasi di dalam ruangan. Cahaya tetap masuk ke ruangan tetapi tidak bisa melihat view ke luar ruangan. Penerapan model ini digunakan pada ruang baca, ruang makan dan ruangan yang membutuhkan intensitas cahaya rendah. 

3. Black Out
Window blindsFoto: Black Out ©Roller Blind Print

Window blinds dengan black out berfungsi untuk memblokir cahaya matahari yang masuk dan memberikan privasi secara maksimal. Kain dapat dikombinasikan dengan side rail, yaitu adanya zipper yang berada di kedua pinggiran vertikal blinds agar pada saat mengatur tidak berlipat di pinggirannya dan blinds bisa berfungsi memaksimal. Tipe ini biasanya diterapkan di ruang meeting, ruang tidur ataupun ruang teater.

direktori window blinds

Setelah mengenal beberapa tipe screen blinds dari material dasarnya, selanjutnya inilah 9 tipe window blinds dan penerapannya dalam arsitektur.

1. Roller Blinds
Roller blinds merupakan solusi window coverings yang praktis dan terjangkau serta serba guna. Roller blinds terbagi menjadi 2 berdasarkan fungsinya yaitu indoor dan outdoor.

Roller blinds indoor menggabungkan estetika dan pengontrolan cahaya, sehingga menjadi salah satu produk yang paling disukai untuk desain modern dan kontemporer. 

Window blindsFoto: Royal Tulip Gunung Geulis Hotel ©Sandei

Window blindsFoto: Tempo Jakarta ©Sandei

Roller window blinds outdoor dirancang untuk menahan angin ringan hingga sedang, dengan mempertahankan tampilan bersih dan lebih luas. Tipe ini juga dilengkapi dengan sling yang kuat untuk menahan hembusan angin.

Window blindsFoto: Mandapa, The Ritz Carlton ©Sandei

Tirai JendelaFoto: Union PIM ©Sandei

Contoh penerapannya biasanya indoor untuk di perkantoran, apartement dan juga untuk outdoor di villa dan restoran.

Artikel Lainnya: Desain Pastel Ruang Keluarga

2. Roman Blinds
Roman blinds merupakan produk tirai jendela elegan dan klasik dengan tampilan modern. Roman blinds terbagi menjadi 2 berdasarkan fungsinya yaitu indoor dan outdoor.

Roman blinds indoor menciptakan suasana yang hangat dan sentuhan yang halus pada ruangan. Perbedaan window blinds tipe ini dengan yang lain adalah akan menciptakan lipatan-lipatan apabila ditarik. Untuk ruangan yang membutuhkan desain yang lebih hangat, roman blinds akan menjadi pilihan yang tepat.

Window blinds Foto: Residence at Jakarta ©Sandei

Window blindsFoto: Mandapa, The Ritz Carlton ©Sandei

Roman blinds outdoor didesain dan dilengkapi dengan pembentuk untuk menahan beban angin yang lebih kuat yang juga dilengkapi dengan sling untuk menarik blinds ke atas dan menahan blinds dari hembusan angin yang kuat ketika window blinds dibuka atau dioperasikan.

Tirai jendelaFoto: SKAI Beach ©Sandei

Window blindsFoto: Sun Island Bali ©Sandei

Contoh penerapannya biasanya indoor untuk di apartment dan hotel serta untuk outdoor di residential, cafe dan restoran.

3. Sansheer Blinds
Sansheer blinds memberikan inovasi dan desain yang fungsional melalui keunikan struktur 3 dimensi sehingga dapat melindungi dari sinar UV. Intensitas cahaya yang masuk dapat dikontrol dengan mudah melalui pengaturan sudut strip horizontal dan memberikan garis yang lebih halus dari venetian blinds. Efek penyerapan akustik dibentuk oleh jarak internal yang ada di window blinds tersebut.

Tirai jendela Foto: Detail Sansheer Blinds ©Sandei

Pada detail sansheer blinds bisa terlihat 2 lapisan screen dan pembatas antar keduanya. Semuanya berfungsi untuk mengontrol cahaya matahari yang masuk. Screen pada window blinds tipe ini juga beragam dengan solar screen, dim out dan black out. Contoh penerapannya biasanya diaplikasikan di apartment dan hotel.

Window blinds Foto: Residence at Jakarta ©Sandei

Window blinds Foto: Sautama Apartment at Alam Sutera ©Sandei

4. Wooden Blinds
Wooden blinds akan membantu Anda untuk menjaga kecantikan di rumah Anda sambil meningkatkan keanggunan dan gaya chic. Pengoperasian yang mudah memungkinkan Anda untuk mengontrol cahaya yang masuk. Blinds tipe ini biasanya mempunyai ukuran wooden slats beragam, biasanya terdapat 25 mm dan 50 mm. Perbedaan wooden slats ini berbeda tergantung kebutuhan, 25 mm untuk ruangan dengan pemakaian wooden blinds bentang pendek dan 50 mm untuk bentang lebar. Window blinds tipe ini cocok untuk desain rumah yang natural ataupun klasik maupun apartment.

Window blinds Foto: Conrad Hotel ©Sandei

Window blinds Foto: Courtyard Hotel by Marriott ©Sandei

5. Panel Blinds
Panel blinds dirancang sebagai alternatif tirai jendela modern untuk vertikal blinds, panel bergerak dengan mudah menggunakan tongkat ataupun chainPanel blinds tipe ini bisa terbuka di kiri, kanan atau tengah, menjadikannya solusi penutupan jendela yang ideal untuk pintu geser, jendela besar dan pilihan yang tepat untuk pembatas ruangan dengan biaya yang murah. Sistem masih manual dan belum menggunakan motor sebagai pengoperasiannya. Window blinds tipe ini cocok untuk residential dan apartment.

Window blinds©Aeroluxblinds

Window blinds©Aeroluxblinds

Artikel Lainnya: Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

6. Venetian Blinds
Venetian blinds menjadi pilihan yang banyak diminati untuk mendapatkan kesan modern dengan material PVC. Intensitas cahaya dapat diatur dengan chain yang berada di samping kiri atau kanan blinds sesuai dengan kebutuhan Anda. Kelemahan dari tipe ini yaitu material pvc yang tipis sangat mudah meliuk menyebabkan window blinds mudah rusak. Tipe ini biasa diaplikasikan di perkantoran ataupun komersial.

Window blinds Foto: Deutsche Bank Jakarta ©Sandei

7. Vertical Blinds
Vertical blinds dapat dengan mudah mengatur cahaya dan privasi dengan memutar kemiringan vertical slats dan dapat disusun dengan rapi ke kedua sisi untuk memaksimalkan bukaan hingga 180 derajat. Blinds tipe ini beroperasi secara manual dan sekarang mulai ditinggalkan karena bentuknya yang masih sederhana dan adanya sling yang terlalu banyak menjurai ke samping kiri atau kanan blindsVertical window blinds biasa digunakan di perkantoran dan residensial.

Window blinds Foto: Residence at Jakarta ©Sandei

Window blinds Foto: Darling Cafe ©Sandei

8. Roll up Blinds
Roll up blinds merupakan tipe blinds yang dibuka dengan cara digulung. Sistem dari tirai jendela ini masih manual dengan menarik sling yang berada di sebelah kiri atau kanan blinds. Tipe ini cocok untuk space yang terbatas dan memberikan kesan natural. Untuk Anda yang suka akan kesan natural, bisa menerapkan tipe window blinds ini di hunian anda. Pengaplikasian blinds ini biasanya diterapkan di villa. 

Window blinds Foto: Villa Bui Bui ©Sandei

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis 

9. Skylight Blinds
Skylight blinds dikontrol oleh motorized system yang dapat dioperasikan dengan mudah untuk mengontrol pencahayaan alami yang masuk. Blinds tipe ini bisa mengikuti permintaan dari costumer karena dapat menutupi bentangan lebar.

 Window blinds Foto: Conrad Hotel Bali ©Sandei

Window blinds Foto: The Fairmont Sanur Bali ©Sandei

Roller window blinds terbagi menjadi 2 tipe yaitu tension flat dan vellumTension flat merupakan skylight blinds dengan permukaan yang rata sedangkan vellum terdapat adanya lengkungan di permukaanya untuk fungsi dekoratif. Sedangkan berdasarkan fungsinya yaitu terbagi menjadi 2 tipe yaitu indoor dan outdoor. Contoh penerapannya biasanya indoor untuk di hotel dan auditorium sedangkan untuk outdoor di villa, cafe dan restoran.

Window blinds Foto: Bumbu Desa Resto ©Sandei

Window blinds Foto: Villa Bogor ©Sandei

10. Awning Blinds
Awning blinds merupakan perlindungan yang sangat baik terhadap panas yang mencolok. Dioperasikan dengan sistem manual dan motor, Awning blinds menawarkan semua yang dibutuhkan untuk bersantai di luar ruangan. Blinds tipe ini tahan terhadap panas matahari dan hujan yang turun. Contoh penerapannya biasanya di café atau resto, villa dan di residential.

Window blinds Foto: Sandei Bali ©Sandei

Window blinds Foto: Showroom Bali ©Sandei

Itulah beberapa tipe window blinds dan tirai jendela berdasarkan material screen terhadap intensitas matahari, bentuk dan fungsinya yang bisa Anda terapkan di rumah ataupun project Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Foto cover: Residence at Jakarta ©Sandei

Artikel Lainnya: 15 Inspirasi Pelapis Lantai


Artikel Menarik Lainnya

Desain Teras untuk BBQ Party di Tahun Baru

Tahun baru adalah BBQ Party. So, sekarang saatnya membersihkan kembali koleksi griller yang lama tersimpan. Mencari arang terbaik, serta daging terbaik. Brisket alias sandung lamur adalah pilihan klasik, namun Anda bisa memilih daging lainnya. Dan jangan lupa perhatikan desain teras rumah Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 18 hours ago

Menelusuri Rumah Minimalis, Dari Eksterior Hingga Interior

Desain rumah minimalis memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern saat ini. Gaya hidup masyarakat kini yang serba cepat, menuntut kepraktisan dan efisiensi dalam segala aspek kesehariannya. Salah satu aspek paling mendasar bagi seseorang adalah huniannya. Rumah minimalis merupakan hunian dengan desain yang tidak rumit, elegan, bersih dan memiliki konsep meminimalisir atau mengurangi elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

Bikin Rumah Sejuk, Ini 7 Inpirasi Rumah dengan Kolam di Dalamnya

Siapapun menginginkan huniannya tampil menarik. Salah satunya ide inspirasinya bisa dengan menambahkan kolam ke dalam rumah, baik kolam untuk tanaman air, kolam ikan atau bahkan hingga yang termahal yakni kolam renang. Bila biasanya kolam-kolam ini berada di area luar rumah, maka sekarang idenya memasukkan ke area interior hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

8 Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Sejak dulu, pagar memang dikenali sebagai salah satu elemen “penjaga” rumah. Tak hanya untuk menjaga keamanan dari luar rumah, pagar pun berfungsi sebagai sosok pengaman dari dalam hunian, khususnya bila sang empunya rumah memiliki anak balita yang sering luput dari pengawasan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago