Terdapat bermacam gaya desain interior rumah yang dapat menjadi pilihan untuk mendesain rumah Anda. Salah satu gaya desain interior yang populer saat ini adalah Scandinavian dengan tampilannya yang kental dan unik. Gaya ini sendiri juga cocok untuk diterapkan pada rumah atau apartemen berukuran mungil karena karakteristiknya yang memberi kesan luas pada ruangan. Lalu, apa saja karakteristik desan interior bergaya Scandinavian?

Dominasi Warna Netral

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian

Foto: hominic

Jika membahas tentang skema warna, terdapat beberapa warna yang diasosiasikan dengan gaya Scandinavian, yaitu warna putih, abu-abu, hitam, dan coklat. Interior dengan kombinasi di antara warna-warna tersebut menciptakan kesan tenang dan nyaman.

Artikel lainnya: Ide Desain Headboard untuk Ranjang Anda

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 1

Foto: italianbark

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 2

Foto: ©vindo design – lavande residence

Pada umumnya, dinding dicat dengan warna putih agar furnitur di dalam ruangan dapat lebih ditonjolkan. Warna-warna pastel juga terkadang digunakan pada bagian tertentu sebagai aksen.

Susunan Furnitur yang Sederhana dan Fungsional

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 3

Foto: houzz

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 4

Foto: ©cipta desain – la verde

Salah satu ciri khas dari desain interior Scandinavian adalah memaksimalkan pengunaan ruang untuk memberikan kenyamanan. Penataan furnitur disusun agar tidak menyulitkan ruang gerak penghuni rumah sehingga ruang dapat digunakan secara maksimal dan terhindar dari barang-barang yang tidak diperlukan. Kabinet dan rak bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruang penyimpanan dengan dekorasi yang menganut ‘less is more’ – agar ruang selalu rapi dan terlihat nyaman.

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 5

Foto: cocolapinedesign

Artikel lainnya: Memilih Warna Kamar sesuai Kepribadian Anda

Warna Netral atau Natural untuk Lantai

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 6

Foto: decoist 

Dibandingkan dengan penggunaan karpet secara menyeluruh, lantai dari rumah dengan gaya Scandinavian lebih banyak menggunakan material kayu alami maupun kayu yang dicat dengan warna putih. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi kesan hangat dan luas, serta menerima pencahayaan lebih baik. Lantai plester abu-abu dan keramik putih juga dapat menjadi pilihan untuk lantai rumah bergaya Scandinavian.

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 7

Foto: immyandindi

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 8

Foto: decorilla

Dekorasi Jendela yang Minimum

Agar kontribusi untuk pencahayaan alami menjadi maksimal, rumah dengan gaya Scandinavian cenderung membiarkan area jendela apa adanya. Jendela dapat pula didekorasi secara minimum, seperti penggunaan tirai tipis berwarna netral. Jika memungkinkan, tentunya Anda dapat memperbanyak bukaan agar rumah senantiasa mendapat udara dan cahaya alami yang sehat dan menyegarkan.

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 9

Foto: tumblr

Desain Interior Rumah Bergaya Scandinavian 10

Foto: decoist

Artikel lainnya: Evonil Architecture – Desain Fungsional dan Bernilai Estetik

 

You May Also Like

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin