Logo Bluprin Blog

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

INTERIOR - HIGHLIGHTS / 11 months ago / By Bluprin
INTERIOR - HIGHLIGHTS / By Bluprin / 11 months ago

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Tren interior dan material selalu mengalami pergantian dari tahun ke tahun. Melihat tren interior tahun ini, pengolahan ruang dengan aksen tipografi dan pola-pola geometris tampak mendominasi beberapa area kafe dan hunian. Dari sisi gaya, Skandinavia amat berjaya di tahun 2017. Lantas, bagaimana tren interior tahun mendatang?

Bisa saja terjadi sedikit pergeseran di tahun datang. Mobilitas tinggi di era saat ini menguras waktu dan tenaga masyarakat urban, khususnya di ibu kota. Semrawutnya ibu kota dan tingkat kesibukan yang sangat tinggi setiap harinya membuat orang menginginkan suasana yang nyaman di dalam rumah.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: Sonny Sutanto Architects New Office ©Sonny Sutanto Architect

Karena menginginkan kenyamanan yang maksimal, suasana interior dengan tema yang simpel dan identik dengan alam akan banyak ditemukan di tahun mendatang. Sedangkan, pernak-pernik interior berbau kreativitas juga dapat mengisi dinding interior sebagai sarana ekspresi diri.

Dari sisi material, berbagai inovasi teknologi material ditujukan bagi kecepatan dan kepraktisan membangun. Material yang pemasangannya cepat, ringan, namun kuat, seperti gypsum atau glassfiber reinfoced cement (GRC) akan semakin banyak digunakan. Material seperti ini dianggap mampu menjawab tantangan desain interior hunian masa kini yang fleksibel, mudah diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: St. Moritz Apartment ©Jettaliving

Sementara untuk dekorasi, produk-produk buatan tangan yang memiliki proses panjang dan sarat akan kisah menjadi semakin dihargai. Di tengah membanjirnya produk massal, furnitur maupun benda dekorasi rumah handmade dipandang sebagai sesuatu yang eksklusif, tidak pasaran.

Oleh pemiliknya, desain rumah dibuat sepersonal mungkin, agar tidak ada duanya, baik melalui produk kerajinan tangan, produk yang dipesan khusus (custom), bahkan produk buatan sendiri (do it yourself (DIY)). Lantas, tak jarang orang menjadikan interior rumahnya menjadi ajang aktualisasi diri di media sosial.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: Beauty Bar Jakarta ©Tataruang Architects

Kehadiran media sosial sekelas Instagram dan Pinterest berdampak besar pada masyarakat secara global. Informasi tanpa batas yang diterima masyarakat membuat mereka dapat melihat perkembangan dunia, termasuk dunia desain interior. Melalui katalog inspirasi online seperti Pinterest, setiap orang dapat dengan leluasa mem-posting dan melihat inspirasi-inspirasi desain di berbagai belahan dunia. Instagram pun demikian.

Sontak, inspirasi menarik yang dihadirkan membuat pemilik rumah ingin mengaplikasikannya pada interior hunian mereka. Bak efek domino, ketika seseorang menerapkan gaya tertentu maka secara sadar atau tidak, mereka saling memengaruhi. Hal ini membuat media sosial menjadi salah satu panggung untuk berekspresi dan menunjukkan kreativitas mereka.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: Puri Indah Residence ©STUDIO PIU

Namun, dalam merancang sebuah hunian sebaiknya jangan jadikan tren sebagai acuan utama. Anda cukup memanfaatkan tren tersebut sebagai salah satu bagian dari desain. Selebihnya, personalisasi Anda-lah yang dimainkan. Pasalnya, rumah tak sekadar tempat, ia merupakan bingkai dari setiap kehidupan Anda. Tentu, di sini peran desainer interior maupun arsitek menjadi penting sebagai penerjemah personalisasi yang diinginkan.


Artikel Menarik Lainnya

7 Alasan Mengusung Interior Bergaya Skandinavia

Siapa yang tidak ingin huniannya tampil indah? Hunian yang baik secara visual tentunya dapat memberikan rasa betah kepada pemilik rumah. Ada banyak cara untuk mempercantik rumah, salah satunya dengan menerapkan gaya interior hunian. Dari tampilan “kasar” dengan gaya rustik, tampilan feminin dengan gaya shabby chic, sampai tampilan simpel namun tetap cantik dengan gaya Skandinavia, bila diterapkan dengan baik tentu akan memperindah interior rumah.

INTERIOR | By Bluprin - 11 months ago

4 Pilihan Material Meningkat Rumah

Ada berbagai macam material yang bisa Anda pilih untuk menambah lantai atau meningkat rumah. Material yang paling sering digunakan adalah dak beton. Material ini banyak digunakan karena kekuatannya. Tapi risikonya, pengerjaan dak beton membutuhkan area yang cukup luas untuk aktivitas pencampuran material dan akan membuat area rumah Anda kotor.

INTERIOR | By Bluprin - 11 months ago

Ruangan Luas dengan Konsep Open Plan

Sekarang ini, untuk memiliki hunian yang luas sudah terasa sulit mengingat sudah jarangnya lahan kosong yang luas untuk dibangun perumahan. Akhirnya, rumah mungil bermunculan dan didesain dengan konsep ruang terbuka atau dikenal dengan istilah open plan. Konsep open plan adalah konsep yang dapat membuat rumah mungil jadi tampak luas dengan cara tidak menggunakan batas ruang seperti dinding dan pintu.

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago

Desainer Interior: Lebih dari Seorang Dekorator

“Mendandani” rumah tidak berhenti sampai pada tampilan bangunannya saja. Lebih dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan membuat penghuni betah di dalamnya, rumah pun perlu ditata, ruang demi ruangnya. Namun, menata ruang rumah memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan perencanaan yang matang agar semua sesuai dengan yang diharapkan dan selaras dengan seluruh konsep rumah.

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago