Tren interior dan material selalu mengalami pergantian dari tahun ke tahun. Melihat tren interior tahun ini, pengolahan ruang dengan aksen tipografi dan pola-pola geometris tampak mendominasi beberapa area kafe dan hunian. Dari sisi gaya, Skandinavia amat berjaya di tahun 2017. Lantas, bagaimana tren interior tahun mendatang?

Bisa saja terjadi sedikit pergeseran di tahun datang. Mobilitas tinggi di era saat ini menguras waktu dan tenaga masyarakat urban, khususnya di ibu kota. Semrawutnya ibu kota dan tingkat kesibukan yang sangat tinggi setiap harinya membuat orang menginginkan suasana yang nyaman di dalam rumah.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: Sonny Sutanto Architects New Office ©Sonny Sutanto Architect

Karena menginginkan kenyamanan yang maksimal, suasana interior dengan tema yang simpel dan identik dengan alam akan banyak ditemukan di tahun mendatang. Sedangkan, pernak-pernik interior berbau kreativitas juga dapat mengisi dinding interior sebagai sarana ekspresi diri.

Dari sisi material, berbagai inovasi teknologi material ditujukan bagi kecepatan dan kepraktisan membangun. Material yang pemasangannya cepat, ringan, namun kuat, seperti gypsum atau glassfiber reinfoced cement (GRC) akan semakin banyak digunakan. Material seperti ini dianggap mampu menjawab tantangan desain interior hunian masa kini yang fleksibel, mudah diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: St. Moritz Apartment ©Jettaliving

Sementara untuk dekorasi, produk-produk buatan tangan yang memiliki proses panjang dan sarat akan kisah menjadi semakin dihargai. Di tengah membanjirnya produk massal, furnitur maupun benda dekorasi rumah handmade dipandang sebagai sesuatu yang eksklusif, tidak pasaran.

Oleh pemiliknya, desain rumah dibuat sepersonal mungkin, agar tidak ada duanya, baik melalui produk kerajinan tangan, produk yang dipesan khusus (custom), bahkan produk buatan sendiri (do it yourself (DIY)). Lantas, tak jarang orang menjadikan interior rumahnya menjadi ajang aktualisasi diri di media sosial.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: Beauty Bar Jakarta ©Tataruang Architects

Kehadiran media sosial sekelas Instagram dan Pinterest berdampak besar pada masyarakat secara global. Informasi tanpa batas yang diterima masyarakat membuat mereka dapat melihat perkembangan dunia, termasuk dunia desain interior. Melalui katalog inspirasi online seperti Pinterest, setiap orang dapat dengan leluasa mem-posting dan melihat inspirasi-inspirasi desain di berbagai belahan dunia. Instagram pun demikian.

Sontak, inspirasi menarik yang dihadirkan membuat pemilik rumah ingin mengaplikasikannya pada interior hunian mereka. Bak efek domino, ketika seseorang menerapkan gaya tertentu maka secara sadar atau tidak, mereka saling memengaruhi. Hal ini membuat media sosial menjadi salah satu panggung untuk berekspresi dan menunjukkan kreativitas mereka.

Menilik Tren Interior 2018: Alami dan Serba Praktis

Foto: Puri Indah Residence ©STUDIO PIU

Namun, dalam merancang sebuah hunian sebaiknya jangan jadikan tren sebagai acuan utama. Anda cukup memanfaatkan tren tersebut sebagai salah satu bagian dari desain. Selebihnya, personalisasi Anda-lah yang dimainkan. Pasalnya, rumah tak sekadar tempat, ia merupakan bingkai dari setiap kehidupan Anda. Tentu, di sini peran desainer interior maupun arsitek menjadi penting sebagai penerjemah personalisasi yang diinginkan.

You May Also Like

11 Inspirasi Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Eksotis [Desain Terbaru]

Ada banyak desain kamar mandi minimalis yang bisa Anda pakai. Dari gaya sederhana, natural, sampai gaya modern terbaru membuat kesan mandi di dalam rumah menjadi lebih seru. Simak inspirasi ide desain kamar mandi tersebut di sini!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Tips Memasang Pencahayaan di Dapur

Dapur merupakan ruang paling sibuk dari sebuah hunian. Dari pagi hingga malam, ruangan ini selalu ramai oleh anggota keluarga yang ingin memasak dan menikmati makanan. Melihat pentingnya ruang tersebut, maka pencahayaan menjadi salah satu faktor yang harus dipikirkan dengan baik. Pencahayaan yang baik di dapur dapat membantu Anda dalam melakukan tugas-tugas di dapur. Lebihnya lagi dapat menambah karakter ke sebuah ruang sekaligus memberikan mood yang nyaman.

5 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Tips Aplikasi Warna pada Hunian

Bosan dengan suasana rumah yang begitu-begitu saja selama setahun ini? Yuk, sambut tahun baru yang sebentar lagi akan tiba dengan melakukan beberapa perbaikan pada tampilan rumah. Ini menjadi momen yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana baru di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan mengubah warna pada ruang.

28 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin

Rumah Siap Hadapi Hujan

Hujan datang, bocor pun menyerang. Rumah yang tidak siap menerima datangnya curah air yang tinggi di musim hujan, siap-siap terkena bocor. Sumber masalahnya bisa beragam. Kebanyakan, sumbernya berasal dari 5 area ini, yaitu genting, dak beton, pertemuan antar-dinding, nok, atau jurai.

22 December 2017 / INTERIOR / By Bluprin