Logo Bluprin Blog

MINT Design Studio - Arsitektur yang Berkarakter

ARCHITECTURE - PROFILE / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - PROFILE / By Aisya Putri / 1 year ago

MINT Design Studio - Arsitektur yang Berkarakter

Foto: ©instagram/Mintds_

Berangkat dari pengalaman berkarya dalam satu konsultan desain arsitektur, bekerjasama menjadi keseharian bagi Felandro Madjid, Rangga Indrajaya, dan Titis Nurabadi, serta Ellyana Tse sebagai kolaborator desainer interior. Memiliki kesepahaman desain yang sama membuat mereka memutuskan untuk berkarya mandiri lewat konsultan arsitektur Mint Design Studio sejak tahun 2011. MINT sendiri merupakan singkatan nama belakang para pendirinya (Madjid, Indrajaya, Nurabadi, Tse).

DL oleh MINT Design Studio

Foto: DL ©MINT Design Studio

Pengalaman ruang yang dapat dirasakan oleh pengguna bangunan menjadi motivasi dan kepuasan tersendiri dalam berarsitektur dan arsitektur mengenalkan pada banyak tempat baru yang menarik. Hal ini mengantarkan Mint DS untuk terus berkarya dalam desain.

MINT Design Studio

Foto: Charchar Bar and Grill ©MINT Design Studio

Modern dan kontemporer merupakan gaya desain yang sering digunakan dalam karyanya. Namun, sebenarnya desain Mint DS tidak dibatasi pada suatu gaya desain dan aplikasi material tertentu. Tidak hanya dengan dekoratif, pengalaman ruang pada bangunan selalu dihadirkan di setiap desainnya. Keunikan tiap proyek menghasilkan solusi desain arsitektur yang dinamis dan sesuai zaman. Tipologi, jenis, dan skala proyek juga tidak menjadi hal yang membatasi dalam berkarya.

MINT Design Studio

Foto: IS Residence ©MINT Design Studio

Analisis mendalam akan fungsi, konteks lingkungan, dan keinginan klien akan melahirkan gagasan baru, sehingga karakter desain yang terbentuk akan selalu memiliki ciri khas. Tidak perlu menggaungkan karakternya, branding secara alami lahir dari penggunanya karena eksplorasi desain yang matang.

Artikel Lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam Membangun Rumah Tinggal?

MINT Design Studio

Foto: ©instagram/Mintds_

Dari branding yang selalu sukses diciptakan dalam produk desainnya membuat Mint DS optimis bersaing dalam ranah arsitektur. Selain itu, ekonomi yang sedang bagus dan kebutuhan pasar yang bergantung pada selera setiap individu akan menghasilkan iklim kompetitif yang sehat dan memacu arsitek untuk menghasilkan karya yang baik. Setiap arsitek pasti memiliki karakteristiknya sendiri dan berkompetisi dalam arsitektur tidaklah menjadi masalah.

MINT Design Studio

Foto: DL ©MINT Design Studio

Dalam menanggapi persaingan ini, Mint DS beranggapan bahwa akses digital melalui ranah online yang kini mudah dijangkau oleh masyarakat menjadi gerbang baru untuk arsitek mempromosikan karyanya. Di samping adanya batasan kode etik arsitek untuk berpromosi, direktori online untuk para arsitek sangat membantu mengurangi gap antara arsitek dan masyarakat sehingga masyarakat dapat menjangkau arsitek pilihannya lewat publikasi karya desain.

MINT Design Studio

Foto: IS Residence ©MINT Design Studio

Diawali dari kerja sama tim dalam ranah profesional, Mint DS berharap dapat terus berkembang secara profesional baik dalam kualitas arsitektur maupun manajemen perusahaannya. Sekarang sudah serba instan dan untuk tidak menjadi instan diperlukan kedewasaan dalam berpraktik arsitektur untuk menghasilkan karya yang memiliki karakter.

MINT Design Studio

Foto: Kila Kila by Akasya ©MINT Design Studio

Selain berkreasi lewat desain, Mint DS terus memperbaiki diri dengan membangun manajemen perusahaan yang lebih baik lagi. Keberhasilan dalam profesi juga tidak melulu untuk perusahaan, mereka berharap dapat lebih berkontribusi untuk masyarakat dengan terlibat pada proyek publik.

Artikel Lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Tanya Arsitek #21 - High Street Studio - Seputar Klien

HighStreetStudio didirikan oleh Glenn Hajadi dan Rama Budhisurya secara organik. Dimulai dari permintaan teman SMA untuk mendesain sebuah rumah, Glenn dan Rama akhirnya terus mendapat kesempatan untuk mendesain lewat promosi word of mouth. Menurut mereka, hubungan dengan klien menjadi penting dan layak untuk dijaga bahkan setelah proyek selesai. Bahkan, Glenn menyebutkan bahwa mereka mengerjakan sebuah proyek dengan tujuan untuk menciptakan relasi, bukan sebaliknya. Tonton video selengkapnya untuk memahami bagaimana pandangan HighStreetStudio terhadap hubungan mereka sebagai desainer dengan klien.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tanya Arsitek #20 - ARCC - Seputar Biro

ARCC adalah biro arsitektur butik di Bali yang didirikan oleh Charles Dewanto pada tahun 2014. ARCC merupakan singkatan dari Architecture, Research, Consultancy, dan Construction yang selalu ingin diterapkan dalam setiap proyek yang dikerjakan semaksimal mungkin. Dalam video wawancara kali ini, Charles Dewanto bercerita tentang perkembangan bironya, tantangan yang dihadapi, serta rencana ke depan yang ia harapkan. Simak video wawancara ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ARCC dan pengelolaan bironya.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago

Tanya Arsitek #19 - A & Partners - Seputar Klien

A & Partners adalah sebuah biro arsitektur yang berbasis di Bali dan Singapura. Saat pertama didirikan, Alvin Jo dan Japa Wibisana memulai memperoleh klien dari pameran yang mereka ikuti di Hong Kong dengan menampilkan desain yang mereka kerjakan saat mereka bekerja di biro arsitektur lain. Sebagai biro arsitektur baru, A & Partners berusaha membangun trust dengan klien melalui performa yang baik dan tepat waktu dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Simak wawancara untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana A & Partners berhadapan dengan klien.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago

Tanya Arsitek #18 - Angkasa Architects

Angkasa Architects adalah biro arsitektur yang berlokasi di Pekanbaru. Pada kesempatan wawancara kali ini, Indri Sisilia dan Jeffri Angkasa membagikan pengalaman mereka di awal mendirikan biro. Mereka menceritakan bagaimana awalnya mereka bekerja di rumah masing-masing sampai saat ini memiliki kantor. Indri dan Jeffri juga membagikan bagaimana mereka menghadapi klien dan menyebutkan bahwa komunikasi dengan klien sangat penting.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago