Logo Bluprin Blog

Novriansyah Yakub Sebarkan Inspirasi Lewat Bukunya "A Design for Life"

ARCHITECTURE - NEWS / 1 month ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 1 month ago

Novriansyah Yakub Sebarkan Inspirasi Lewat Bukunya "A Design for Life"

Jakarta, 24 Agustus 2016 – Prinsipal designer studio desain Atelier Riri yaitu Novriansyah Yakub atau kerap disapa Riri baru saja meluncurkan buku terbarunya berjudul “A Design for Life” di American Standars Showroom daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hal ini disambut hangat oleh beberapa rekan media dan rekan arsitek.

Sebelum mendirikan studio desain, Riri berkarir sebagai Visual Editor di suatu perusahaan media selama enam tahun. Baginya transformasi menjadi arsitek inilah yang menantang Riri untuk mendirikan Atelier Riri di tahun 2010. Pada awal perjalanannya membuat studio desain, Riri berguru dengan rekan sesama arsitek sekaligus mentornya Ary Indra yang tak lain principal dari Aboday Architect. Setelah pulang bekerja Riri menemui Ary untuk membicarakan tentang bagaimana cara mendirikan dan seluk beluk studio desain.

A Design for Life ©Atelier Riri

Delapan tahun berkarya di dunia arsitektur, membawa Riri bersama penulis buki Erlina Badri ingin menuangkan inspirasi ke dalam buku keduanya “A Design for Life”. Buku ini berisi foto, kisah dan siteplan juga pelajaran dalam karir arsitektur Riri dari tahun 2006-2018. Buku setebal 189 halaman ini dikemas menjadi empat bagian.

Bagian pertama berisi hasil rancangan awal Atelier Riri tahun 2006-2009. Karya-karya awalnya dimulai dengan rumah sederhana dengan terobosan desain dan pemanfaatan material yang tidak biasa. Salah satunya rumah sang arsitek sendiri yaitu Kiri’s House. Di bagian kedua (2010-2013) dan bagian ketiga (2014-2018) bisa dilihat Riri selalu menyematkan filosofi dan analisis terhadap iklim pada karyanya. Karya nya pun juga semakin beragam, mulai dari kantor, café, restoran, co-working space, town house di Jakarta dan sekitarnya, hotel di Bali dan Kabin nan instagramable di Lombok. Bagian keempat berisikan 40 siteplan dari project Atelier Riri yang dibungkus dalam dua belas halaman buku.

A Design for Life ©Atelier Riri

Dalam Press Conference nya Ren Katili selaku moderator dan juga partner Riri di projectArchitect’s Life” mengatakan “Biro Atelier Riri adalah biro yang terorganisir, itu semua tidak terlepas dari peran pemimpinnya. Hal ini yang menjadikan Atelier Riri bertahan sampai sekarang dan semakin berkembang untuk menjadi sesuatu yang lebih baik lagi. Sistem inilah yang menguatkan selama delapan tahun Atelier Riri berjalan”.

A Design for Life ©Bluprin

Imelda Akmal selaku partner Riri dalam meluncurkan buku pertamanya di 2012 juga menambahkan, “Saat itu Riri datang ke saya untuk keinginannya membuat sebuah buku, dan dia mempunyai insisiatif karena sudah memikirkan isi dari konsep buku tersebut. Berisi project dari rumahnya sendiri yaitu Kiri’s House yang mendaptkan nominasi AGA Awards, sangat menarik dengan desain yang tidak mudah dan mempunyai sudut pandang arsitektur yang radikal”.

Nama “A Design for Life” dikarenakan selain di bukunya berisi foto-foto yang menyejukkan mata, Riri juga menuangkan pelajaran yang didapatkannya dari setiap tantangan mengerjakan karyanya. Bagi Riri, arsitektur bukan sekedar pilihan pekerjaan namun pilihan hidup. Karena Riri mendesain sesuatu untuk kehidupan yang lebih baik untuk dirinya dan orang-orang di sekelilingnya. Riri juga berharap bukunya ini bisa menginspirasi semua orang.

A Design for Life ©Bluprin

A Design for Life ©Bluprin

Selain meluncurkan bukunya, Riri juga memamerkan karya-karyanya berupa maket dan detail projectnya di American Standard Showroom sampai dengan tanggal 24 September 2018. 

Artikel Menarik Lainnya

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat di Lombok. Shera dan Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi sekolah tanggap bencana.

Sponsored Article

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 days ago

Masih Berlangsung! Inilah Venue Asik di Bintaro Design District 2018

Setelah sukses dengan openingnya pada 11 Oktober 2018. Bintaro Design District 2018 masih berlangsung hingga tanggal 20 Oktober 2018. Apa saja yang ditampilkan di acara ini?

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

IACF 2018, Upayakan Arsitek Muda Kibarkan Arsitektur Indonesia di Kancah Internasional

Yogyakarta, 16 Oktober 2018 – Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) sukses diselenggarakan di Ruang Indraprasta 3, Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta. Forum ini merupakan serangkaian acara setelah diadakannya Sayembara Desain Arsitektur Nusantara dan Roadshow.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 days ago

Telah Dibuka! Bintaro Design District 2018, Distrik Kreatif di Bintaro

Bintaro, 11 Oktober 2018 – Bintaro Design District (BDD) 2018 berlangsung mulai tanggal 11 Oktober hingga 20 Oktober 2018 merupakan sebuah event yang digagas untuk mengaktivasi Bintaro sebagai kawasan kreatif. Kawasan Bintaro diangankan dapat menjadi pioneer dalam menghidupkan kawasan ini sebagai distrik kreati seperti distrik Ventura Lambrate di Milan atau kawasan Shoredutch di London.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago