Logo Bluprin Blog

Novriansyah Yakub Sebarkan Inspirasi Lewat Bukunya "A Design for Life"

ARCHITECTURE - NEWS / 3 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 3 months ago

Novriansyah Yakub Sebarkan Inspirasi Lewat Bukunya "A Design for Life"

Jakarta, 24 Agustus 2016 – Prinsipal designer studio desain Atelier Riri yaitu Novriansyah Yakub atau kerap disapa Riri baru saja meluncurkan buku terbarunya berjudul “A Design for Life” di American Standars Showroom daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hal ini disambut hangat oleh beberapa rekan media dan rekan arsitek.

Sebelum mendirikan studio desain, Riri berkarir sebagai Visual Editor di suatu perusahaan media selama enam tahun. Baginya transformasi menjadi arsitek inilah yang menantang Riri untuk mendirikan Atelier Riri di tahun 2010. Pada awal perjalanannya membuat studio desain, Riri berguru dengan rekan sesama arsitek sekaligus mentornya Ary Indra yang tak lain principal dari Aboday Architect. Setelah pulang bekerja Riri menemui Ary untuk membicarakan tentang bagaimana cara mendirikan dan seluk beluk studio desain.

A Design for Life ©Atelier Riri

Delapan tahun berkarya di dunia arsitektur, membawa Riri bersama penulis buki Erlina Badri ingin menuangkan inspirasi ke dalam buku keduanya “A Design for Life”. Buku ini berisi foto, kisah dan siteplan juga pelajaran dalam karir arsitektur Riri dari tahun 2006-2018. Buku setebal 189 halaman ini dikemas menjadi empat bagian.

Bagian pertama berisi hasil rancangan awal Atelier Riri tahun 2006-2009. Karya-karya awalnya dimulai dengan rumah sederhana dengan terobosan desain dan pemanfaatan material yang tidak biasa. Salah satunya rumah sang arsitek sendiri yaitu Kiri’s House. Di bagian kedua (2010-2013) dan bagian ketiga (2014-2018) bisa dilihat Riri selalu menyematkan filosofi dan analisis terhadap iklim pada karyanya. Karya nya pun juga semakin beragam, mulai dari kantor, café, restoran, co-working space, town house di Jakarta dan sekitarnya, hotel di Bali dan Kabin nan instagramable di Lombok. Bagian keempat berisikan 40 siteplan dari project Atelier Riri yang dibungkus dalam dua belas halaman buku.

A Design for Life ©Atelier Riri

Dalam Press Conference nya Ren Katili selaku moderator dan juga partner Riri di projectArchitect’s Life” mengatakan “Biro Atelier Riri adalah biro yang terorganisir, itu semua tidak terlepas dari peran pemimpinnya. Hal ini yang menjadikan Atelier Riri bertahan sampai sekarang dan semakin berkembang untuk menjadi sesuatu yang lebih baik lagi. Sistem inilah yang menguatkan selama delapan tahun Atelier Riri berjalan”.

A Design for Life ©Bluprin

Imelda Akmal selaku partner Riri dalam meluncurkan buku pertamanya di 2012 juga menambahkan, “Saat itu Riri datang ke saya untuk keinginannya membuat sebuah buku, dan dia mempunyai insisiatif karena sudah memikirkan isi dari konsep buku tersebut. Berisi project dari rumahnya sendiri yaitu Kiri’s House yang mendaptkan nominasi AGA Awards, sangat menarik dengan desain yang tidak mudah dan mempunyai sudut pandang arsitektur yang radikal”.

Nama “A Design for Life” dikarenakan selain di bukunya berisi foto-foto yang menyejukkan mata, Riri juga menuangkan pelajaran yang didapatkannya dari setiap tantangan mengerjakan karyanya. Bagi Riri, arsitektur bukan sekedar pilihan pekerjaan namun pilihan hidup. Karena Riri mendesain sesuatu untuk kehidupan yang lebih baik untuk dirinya dan orang-orang di sekelilingnya. Riri juga berharap bukunya ini bisa menginspirasi semua orang.

A Design for Life ©Bluprin

A Design for Life ©Bluprin

Selain meluncurkan bukunya, Riri juga memamerkan karya-karyanya berupa maket dan detail projectnya di American Standard Showroom sampai dengan tanggal 24 September 2018. 

Artikel Menarik Lainnya

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

ARTMINGLE: Talk Show and Workshop, Big Life in A Small Space

Jakarta, Sabtu 17 November 2018 – Acara Talk Show dan Workshop Artmingle yang diselenggarakan oleh Jurusan Desain Interior UPH dengan narasumber Abimantra Pradhana pinsipal dari biro arsitek AGo Architects sukses digelar di Kantorkuu, Co-working and Office Space, Jakarta Selatan. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago