Logo Bluprin Blog

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

ARCHITECTURE - PROJECTS / 10 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 10 months ago

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Arsitek                      : DP+HS Architects

Lokasi Proyek          : Jakarta, Indonesia

Luas Tanah              : 403 m2

Tahun Terbangun     : 2016

Fotografer                : Mario Wibowo

Deskripsi oleh DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

DP+HS Architects

Pendekatan rancangan desain digarisbawahi pada 4 aspek, yaitu kondisi tapak dan lingkungan, program ruang yang cukup padat, branding/image perusahaan dalam kaitannya dengan kegiatan perusahaan, dan bujet pembangunan.

DP+HS Architects

Setelah melakukan pendekatan dan study terhadap 4 aspek tadi, arsitek mengajukan konsep semi-permeable envelope. Secara sederhana, idenya adalah membuat box yang fungsional lalu menyelimutinya dengan selubung bangunan yang khusus. Melalui strategi konsep ini, bangunan disikapi sebagai susunan volume box massa yang optimal dengan struktur yang modular untuk memenuhi program ruang dan jumlah staf yang cukup besar serta menghemat biaya konstruksi pembangunan. 

DP+HS Architects

Alokasi bujet dialihkan pada selubung bangunan yang bersifat semi-permeabel yang membungkus/menyelimuti susunan box massa tadi. Selubung bangunan ini memiliki dua fungsi, pertama sebagai buffer terhadap cahaya matahari dan polusi suara yang konstan sepanjang jam kerja, serta sebagai pemberi bentuk dan image perusahaan.

DP+HS Architects

Selubung bangunan dikembangkan dari model secondary layer yang diberi jarak agar tidak langsung menempel ke kulit bangunan, lapisan ini kemudian dipotong-potong hingga tercipta pori-pori besar. Pori-pori ini berbentuk segitiga yang membatasi jumlah cahaya yang masuk ke dalam bangunan, agar ruang dalam tetap terang namun tidak terlampau panas, sehingga beban AC juga dapat direduksi.

DP+HS Architects

Pada Lantai 4 diciptakan ruang semi terbuka dengan aksen warna yang menjadi ciri perusahaan, ruang semi terbuka ini akan menjadi ruang makan bersama yang berfungsi sebagai ruang sosial bagi staf perusahaan.

DP+HS Architects

Untuk ruang dalam, konsep layout dibuat open plan dengan material-material yang diekspos seperti pada bagian dinding dan ceiling. Hal ini untuk menghemat penggunaan bahan finishing bangunan sekaligus memangkas bujet pembangunan.

DP+HS Architects

Lihat profil lengkap DP+HS Architects di sini:

https://www.bluprin.com/dphs-architects

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago