Logo Bluprin Blog

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Foto: ©byvingenieria

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Penyimpanan model ini memungkinkan barang-barang yang tersimpan dapat terlihat, baik berupa rak, gantungan, maupun lemari berpintu transparan. Dengan isi yang terlihat, mau tak mau, Anda pun harus merapikan isi dalamnya agar penyimpanan tersebut tidak mengganggu pandangan.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©cdn.trendir

Seakan telah menjadi tren, saat ini mulai banyak penghuni yang menerapkan open storage seiring dengan kebutuhan mereka, ingin menampilkan identitas diri dalam huniannya. Mulai dari menunjukkan barang koleksinya, hobinya, serta semua kesukaannya. Open storage pun menjadi sarana untuk melakukan itu.

Artikel lainnya: Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©teamne

Selain sebagai sarana penampil koleksi, penerapan open storage adalah sebuah solusi atas keterbatasan tempat dan biasa, dan juga alasan kepraktisan. Dengan adanya open storage, Anda dapat dengan mudah menyimpan barang dan mengambilnya saat membutuhkannya. Bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut tipsnya!

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Perhatikan fungsi ruang

Pilihlah tempat yang tepat dan letakkan pada area yang sesuai sehingga memudahkan Anda melakukan aktivitas di rumah. misalnya, open storage untuk anak tidak tepat jika diletakkan di rak yang tergantung di dinding karena anak akan sulit menjangkaunya.

Foto: ©pinimg

Tujuan pembuatan

Tentukan tujuan Anda membuat open storage. Apakah untuk pengoptimalan ruang, sebagai pajangan untuk menunjukkan identitas diri, atau sebagai pengendalian diri agar lebih terencana dalam membeli barang.

Foto: ©eddyinthecoffee

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Sesuaikan dengan benda yang disimpan

Setiap barang punya sifat dan karakter dalam perawatannya. Buat open storage dengan desain yang sesuai dengan sifat objek. Misalnya menyimpan sepatu harus di tempat kering dan ada udara agar tak lembap, menyimpan buku bisa tanpa tutup agar mudah diambil.

Foto: ©pinimg

Dimensi dan peletakkan

Pikirkan masak-masak mengenai besaran dan letaknya. Sebagai dasar perhitungan, tentukan dahulu benda apa yang akan disimpan atau dipajang, bentuk dan ukuran benda tersebut, dan berapa jumlahnya.

Nah, itu dia rak atau lemari terbuka yang dapat menyumbangkan kecantikan pada dinding dan sudut ruang rumah Anda. Untuk hasil dekorasi yang lebih maksimal dan detail, gunakan jasa desainer interior yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago