Logo Bluprin Blog

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Open Storage - Rak Penyimpanan Jadi Hiasan Dinding

Foto: ©byvingenieria

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Penyimpanan model ini memungkinkan barang-barang yang tersimpan dapat terlihat, baik berupa rak, gantungan, maupun lemari berpintu transparan. Dengan isi yang terlihat, mau tak mau, Anda pun harus merapikan isi dalamnya agar penyimpanan tersebut tidak mengganggu pandangan.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©cdn.trendir

Seakan telah menjadi tren, saat ini mulai banyak penghuni yang menerapkan open storage seiring dengan kebutuhan mereka, ingin menampilkan identitas diri dalam huniannya. Mulai dari menunjukkan barang koleksinya, hobinya, serta semua kesukaannya. Open storage pun menjadi sarana untuk melakukan itu.

Artikel lainnya: Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©teamne

Selain sebagai sarana penampil koleksi, penerapan open storage adalah sebuah solusi atas keterbatasan tempat dan biasa, dan juga alasan kepraktisan. Dengan adanya open storage, Anda dapat dengan mudah menyimpan barang dan mengambilnya saat membutuhkannya. Bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut tipsnya!

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Perhatikan fungsi ruang

Pilihlah tempat yang tepat dan letakkan pada area yang sesuai sehingga memudahkan Anda melakukan aktivitas di rumah. misalnya, open storage untuk anak tidak tepat jika diletakkan di rak yang tergantung di dinding karena anak akan sulit menjangkaunya.

Foto: ©pinimg

Tujuan pembuatan

Tentukan tujuan Anda membuat open storage. Apakah untuk pengoptimalan ruang, sebagai pajangan untuk menunjukkan identitas diri, atau sebagai pengendalian diri agar lebih terencana dalam membeli barang.

Foto: ©eddyinthecoffee

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Sesuaikan dengan benda yang disimpan

Setiap barang punya sifat dan karakter dalam perawatannya. Buat open storage dengan desain yang sesuai dengan sifat objek. Misalnya menyimpan sepatu harus di tempat kering dan ada udara agar tak lembap, menyimpan buku bisa tanpa tutup agar mudah diambil.

Foto: ©pinimg

Dimensi dan peletakkan

Pikirkan masak-masak mengenai besaran dan letaknya. Sebagai dasar perhitungan, tentukan dahulu benda apa yang akan disimpan atau dipajang, bentuk dan ukuran benda tersebut, dan berapa jumlahnya.

Nah, itu dia rak atau lemari terbuka yang dapat menyumbangkan kecantikan pada dinding dan sudut ruang rumah Anda. Untuk hasil dekorasi yang lebih maksimal dan detail, gunakan jasa desainer interior yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago