Foto: ©byvingenieria

Menjaga rumah untuk tetap rapi sudah seharusnya dilakukan penghuni agar terasa nyaman. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fungsi penyimpanan atau storage sebagai tempat meletakkan barang-barang. Bila lemari tertutup sudah terlalu biasa, Anda bisa memilih alternatif penyimpanan yang satu ini, yaitu penyimpanan terbuka atau open storage.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Penyimpanan model ini memungkinkan barang-barang yang tersimpan dapat terlihat, baik berupa rak, gantungan, maupun lemari berpintu transparan. Dengan isi yang terlihat, mau tak mau,   Anda pun harus merapikan isi dalamnya agar penyimpanan tersebut tidak mengganggu pandangan.

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©cdn.trendir

Seakan telah menjadi tren, saat ini mulai banyak penghuni yang menerapkan open storage seiring dengan kebutuhan mereka, ingin menampilkan identitas diri dalam huniannya. Mulai dari menunjukkan barang koleksinya, hobinya, serta semua kesukaannya. Open storage pun menjadi sarana  untuk melakukan itu.

Artikel lainnya: Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©teamne

Selain sebagai sarana penampil koleksi, penerapan open storage adalah sebuah solusi atas keterbatasan tempat dan biasa, dan juga alasan kepraktisan. Dengan adanya open storage, Anda dapat dengan mudah menyimpan barang dan mengambilnya saat membutuhkannya.  Bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut tipsnya!

Open Storage - Media Penyimpanan Sekaligus Hiasan Dinding

Foto: ©pinimg

Perhatikan fungsi ruang

Pilihlah tempat yang tepat dan letakkan pada area yang sesuai sehingga memudahkan Anda melakukan aktivitas di rumah. misalnya, open storage untuk anak tidak tepat jika diletakkan di rak yang tergantung di dinding karena anak akan sulit menjangkaunya.


Foto: ©pinimg

Tujuan pembuatan

Tentukan tujuan Anda membuat open storage. Apakah untuk pengoptimalan ruang, sebagai pajangan untuk menunjukkan identitas diri, atau sebagai pengendalian diri agar lebih terencana dalam membeli barang.


Foto: ©eddyinthecoffee

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Sesuaikan dengan benda yang disimpan

Setiap barang punya sifat dan karakter dalam perawatannya. Buat open storage dengan desain yang sesuai dengan sifat objek. Misalnya menyimpan sepatu harus di tempat kering dan ada udara agar tak lembap, menyimpan buku bisa tanpa tutup agar mudah diambil.


Foto: ©pinimg

Dimensi dan peletakkan

Pikirkan masak-masak mengenai besaran dan letaknya. Sebagai dasar perhitungan, tentukan dahulu benda apa yang akan disimpan atau dipajang, bentuk dan ukuran benda tersebut, dan berapa jumlahnya.

Nah, itu dia rak atau lemari terbuka yang dapat menyumbangkan kecantikan pada dinding dan sudut ruang rumah Anda. Untuk hasil dekorasi yang lebih maksimal dan detail, gunakan jasa desainer interior yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Inspirasi Minimalisme Jepang bagi Rumah Anda

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin