Diselenggarakan mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 12 November, pameran arsitektur 1 Are House oleh komunitas Indonesian Young Architects (IYA) menampilkan 40 karya arsitek-arsitek muda dari seluruh Indonesia. Pameran yang berlokasi di Uma Seminyak ini mengangkat ukuran luasan yang dipakai di Bali, yaitu ‘are’ sebagai tema utama sekaligus salah satu syarat pemasukan karya untuk kemudian dikurasi oleh Wayan Winarta dan Sonny Sutanto.

1 Are House

Foto: Para penggagas Pameran IYA 2017 - Widi Adnyana, Andesita Oki, dan Charles Dewanto.

Untuk memasuki proses kurasi, arsitek harus merancang rumah di lahan dengan luasan 1 are yang setara dengan 100 meter persegi. Persyaratan ini diangkat oleh panitia IYA untuk merespons masalah yang dihadapi generasi masa kini, yaitu keterbatasan dan harga lahan yang setiap tahun semakin meningkat.

1 Are House

Foto: Pameran 1 Are House juga menampilkan maket karya-karya terpilih.

Selain lahan terbatas, panitia juga menetapkan 5 skenario yang sering ditemui di masyarakat Bali untuk dipilih sebagai permasalahan yang harus diselesaikan oleh arsitek yang memasukkan karyanya. Skenario seperti penghuni rumah penghuni tunggal, keluarga muda yang memiliki dua anak, pasangan yang baru menikah, keluarga yang ingin membuka bisnis di rumah, serta rumah yang akan dihuni oleh tiga generasi menjadikan karya-karya yang dipamerkan unik mengingat pendekatan desain yang dikemukakan para arsitek juga berbeda-beda. Tentunya, di dalam setiap desain, konsep dan pemahaman arsitektur Bali tetap harus terintegrasi dalam konsep utama arsitek.

Melalui pameran ini, diharapkan timbul ketertarikan dari masyarakat terhadap arsitektur dan memahami bahwa lahan terbatas yang seluas 1 are pun dapat dimaksimalkan untuk berbagai keperluan. Pameran ini juga bertujuan untuk menciptakan diskursus antara arsitek melalui rangkaian acara yang diadakan bersamaan seperti presentasi karya arsitek terpilih, Architalks dengan tema-tema tertentu, serta kunjungan proyek arsitek Bali. Pameran 1 Are House kemudian dimeriahkan dengan screening serial Architects Life Ren & Riri dan Bedah Buku “Firmitas” oleh Ary Indra.

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

9 Ide Desain Rumah Mewah Minimalis Modern dan Terbaru [Ide dan Gambar]

Desain rumah mewah minimalis sederhana memang sedang tren pada masa kini. Terlihat dari tampilannya yang modern dan menawan menambah kesan kenyamanan pada penghuninya. Update desain rumah terbaru ini bisa menginspirasi untuk membuat hunian masa depan Anda!

22 February 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

15 December 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

17 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio

6 Alasan Anda Memilih Menjadi Seorang Arsitek

Memilih untuk berkarir dalam dunia arsitektur merupakan keputusan bagi sebagian orang yang memang mendambakannya. Tentunya dibalik keputusan itu, pasti ada alasan-alasan tertentu yang mendasari hingga seseorang benar-benar ingin berkecimpung di dalam dunia arsitektur—sebuah bidang yang dikenal akan memakan banyak jam tidur untuk menyelesaikan berbagai macam gambar atau maket. Buku Architect: A Candid Guide to the Profession karya Roger K. Lewis memuat beberapa alasan-alasan yang banyak membuat orang tertarik untuk mendalami profesi ini.

3 November 2017 / ARCHITECTURE / By IAAW Studio