Logo Bluprin Blog

Pameran IYA 2017 "1 Are House" Menjawab Permasalahan Hunian Dengan Lahan Terbatas

ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / By Bluprin / 1 year ago

Pameran IYA 2017 "1 Are House" Menjawab Permasalahan Hunian Dengan Lahan Terbatas

Diselenggarakan mulai dari tanggal 28 Oktober sampai 12 November, pameran arsitektur 1 Are House oleh komunitas Indonesian Young Architects (IYA) menampilkan 40 karya arsitek-arsitek muda dari seluruh Indonesia. Pameran yang berlokasi di Uma Seminyak ini mengangkat ukuran luasan yang dipakai di Bali, yaitu ‘are’ sebagai tema utama sekaligus salah satu syarat pemasukan karya untuk kemudian dikurasi oleh Wayan Winarta dan Sonny Sutanto.

1 Are House

Foto: Para penggagas Pameran IYA 2017 - Widi Adnyana, Andesita Oki, dan Charles Dewanto.

Untuk memasuki proses kurasi, arsitek harus merancang rumah di lahan dengan luasan 1 are yang setara dengan 100 meter persegi. Persyaratan ini diangkat oleh panitia IYA untuk merespons masalah yang dihadapi generasi masa kini, yaitu keterbatasan dan harga lahan yang setiap tahun semakin meningkat.

1 Are House

Foto: Pameran 1 Are House juga menampilkan maket karya-karya terpilih.

Selain lahan terbatas, panitia juga menetapkan 5 skenario yang sering ditemui di masyarakat Bali untuk dipilih sebagai permasalahan yang harus diselesaikan oleh arsitek yang memasukkan karyanya. Skenario seperti penghuni rumah penghuni tunggal, keluarga muda yang memiliki dua anak, pasangan yang baru menikah, keluarga yang ingin membuka bisnis di rumah, serta rumah yang akan dihuni oleh tiga generasi menjadikan karya-karya yang dipamerkan unik mengingat pendekatan desain yang dikemukakan para arsitek juga berbeda-beda. Tentunya, di dalam setiap desain, konsep dan pemahaman arsitektur Bali tetap harus terintegrasi dalam konsep utama arsitek.

Melalui pameran ini, diharapkan timbul ketertarikan dari masyarakat terhadap arsitektur dan memahami bahwa lahan terbatas yang seluas 1 are pun dapat dimaksimalkan untuk berbagai keperluan. Pameran ini juga bertujuan untuk menciptakan diskursus antara arsitek melalui rangkaian acara yang diadakan bersamaan seperti presentasi karya arsitek terpilih, Architalks dengan tema-tema tertentu, serta kunjungan proyek arsitek Bali. Pameran 1 Are House kemudian dimeriahkan dengan screening serial Architects Life Ren & Riri dan Bedah Buku “Firmitas” oleh Ary Indra.

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago