Logo Bluprin Blog

Park 5 Hotel - Bitte

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 1 year ago

Park 5 Hotel - Bitte

Arsitek                      : Bitte

Lokasi Proyek          : Cilandak, Jakarta

Luas Area                 : 12.600 m2

Tahun Terbangun     : 2016

Fotografer                : Liandro N. I. Siringoringo

Deskripsi oleh Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

Park 5 Hotel - Bitte

Karena berbasis komunitas, maka area publik pada Park 5 menjadi bagian yang sangat penting. Area publik dirancang agar pengunjung Park 5 nyaman untuk beraktivitas di dalamnya. Bentuk interaksi bersama kerabat dituangkan dalam area publik yang dibuat mengalir antara satu area dengan area yang lain seperti area drop off, front desk, restoran, lounge, dan lobby yang tidak dibatasi dengan partisi masif. Dengan demikian, suasana dalam Park 5 menjadi ‘hidup’.

Park 5 Hotel - Bitte

Bentuk interaksi dengan alam ditunjukkan melalui keberadaan jendela di setiap ruang yang berhubungan dengan area luar. Dengan demikian, cahaya matahari dapat masuk ke dalam setiap ruangan. Interaksi dengan alam juga dibuat melalui penggunaan area outdoor yang relatif kecil sebagai area hijau, baik di lantai dasar maupun di teras-teras setiap unit kamar. Hal ini memungkinkan penghuni unit dan pengunjung Park 5 menikmati taman buatan dari balik jendela.

Park 5 Hotel - Bitte

Area Publik dibuat dengan warna-warna hangat yang cenderung didominasi warna gelap dengan harapan timbul suasana yang intimate. Warna di dalam ruang kamar dibuat bernuansa lebih terang (anomali dari area publik) agar ruangan yang kecil tersebut bisa terasa lebih luas dan lapang.

Park 5 Hotel - Bitte

Permainan pengalaman ruang dalam Park 5 ini juga menjadi fokus utama dalam desain, agar menimbulkan kesan pengalaman ruang yang menarik bagi penggunanya. Pada bangunan, permainan ruang seperti indoor – outdoor, gelap – terang, daylight, dan ruang-ruang yang mengalir memaksimalkan pengalaman ruang pengunjung.

Park 5 Hotel - Bitte

Tantangan dalam merancang bangunan ini adalah bagaimana membuat hotel berbintang 3, yang walaupun dengan budget yang terbatas, tapi bisa menampilkan desain yang baik dan mampu bersaing dengan hotel bintang 3 lain yang telah lebih dahulu dikenal oleh publik.

Park 5 Hotel - Bitte

Permasalahan budget kemudian diatasi melalui banyak bereksperimen dengan material yang relatif murah namun dapat diolah sehingga menghasilkan detail yang baik. Contoh pengolahan detail yang dimaksud misalnya pada pemakaian kayu peti kemas / jati belanda pada area lobby yang kemudian menjadi focal point area publik Park 5.

Park 5 Hotel - Bitte

Lihat profil lengkap Bitte di sini:

https://www.bluprin.com/bitte-design-studio

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai embuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago