Logo Bluprin Blog

Park 5 Hotel - Bitte

ARCHITECTURE - PROJECTS / 10 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 10 months ago

Park 5 Hotel - Bitte

Arsitek                      : Bitte

Lokasi Proyek          : Cilandak, Jakarta

Luas Area                 : 12.600 m2

Tahun Terbangun     : 2016

Fotografer                : Liandro N. I. Siringoringo

Deskripsi oleh Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

Park 5 Hotel - Bitte

Karena berbasis komunitas, maka area publik pada Park 5 menjadi bagian yang sangat penting. Area publik dirancang agar pengunjung Park 5 nyaman untuk beraktivitas di dalamnya. Bentuk interaksi bersama kerabat dituangkan dalam area publik yang dibuat mengalir antara satu area dengan area yang lain seperti area drop off, front desk, restoran, lounge, dan lobby yang tidak dibatasi dengan partisi masif. Dengan demikian, suasana dalam Park 5 menjadi ‘hidup’.

Park 5 Hotel - Bitte

Bentuk interaksi dengan alam ditunjukkan melalui keberadaan jendela di setiap ruang yang berhubungan dengan area luar. Dengan demikian, cahaya matahari dapat masuk ke dalam setiap ruangan. Interaksi dengan alam juga dibuat melalui penggunaan area outdoor yang relatif kecil sebagai area hijau, baik di lantai dasar maupun di teras-teras setiap unit kamar. Hal ini memungkinkan penghuni unit dan pengunjung Park 5 menikmati taman buatan dari balik jendela.

Park 5 Hotel - Bitte

Area Publik dibuat dengan warna-warna hangat yang cenderung didominasi warna gelap dengan harapan timbul suasana yang intimate. Warna di dalam ruang kamar dibuat bernuansa lebih terang (anomali dari area publik) agar ruangan yang kecil tersebut bisa terasa lebih luas dan lapang.

Park 5 Hotel - Bitte

Permainan pengalaman ruang dalam Park 5 ini juga menjadi fokus utama dalam desain, agar menimbulkan kesan pengalaman ruang yang menarik bagi penggunanya. Pada bangunan, permainan ruang seperti indoor – outdoor, gelap – terang, daylight, dan ruang-ruang yang mengalir memaksimalkan pengalaman ruang pengunjung.

Park 5 Hotel - Bitte

Tantangan dalam merancang bangunan ini adalah bagaimana membuat hotel berbintang 3, yang walaupun dengan budget yang terbatas, tapi bisa menampilkan desain yang baik dan mampu bersaing dengan hotel bintang 3 lain yang telah lebih dahulu dikenal oleh publik.

Park 5 Hotel - Bitte

Permasalahan budget kemudian diatasi melalui banyak bereksperimen dengan material yang relatif murah namun dapat diolah sehingga menghasilkan detail yang baik. Contoh pengolahan detail yang dimaksud misalnya pada pemakaian kayu peti kemas / jati belanda pada area lobby yang kemudian menjadi focal point area publik Park 5.

Park 5 Hotel - Bitte

Lihat profil lengkap Bitte di sini:

https://www.bluprin.com/bitte-design-studio

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Tahukah anda Mengapa Kita Harus Memasang Filter Air ?? Apakah Warna Tabung Sama, Kualitas Berbeda ?

Sponsored Article

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 day ago

White Cliff House, Kontur 30 derajat sebagai Kekuatan Desain

Di atas sebuah lahan miring dan memanjang 6,5x25 meter didirikan 3 buah program bangunan pada deretan anak-anak tangga yang disusun sedemikian sehingga menyerupai taman berundak yang bersambung dari ujung bawah hingga ke ujung atas, yaitu 2 unit loft yang diperuntukkan sebagai guest house dan 1 unit rumah 2 lantai untuk sang pemilik pada posisi paling atas

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Nouve House, Minimum Site Maximum Space

Membangun rumah tinggal di Kota Jakarta masih menjadi primadona penduduk asli Ibukota. Di samping kekerabatan keluarga dan budaya yang kental, kenangan semasa kecil lah yang membuat mereka enggan untuk meninggalkan kota kelahirannya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Rumah Sedap Malam, Atap Miring untuk Konsep Arsitektur Tropis

Rumah sedap malam berlokasi di Pakuan, Bogor ini dirancang untuk dapat merespon iklim dengan menjadikan arah orientasi angin menjadi faktor kunci utama, dan menjadi dasar acuan dalam konsep Arsitektur Tropis. Orientasi utara-selatan pada rumah tinggal ini perlu ditangani dengan benar, seperti menambahkan kisi-kisi untuk mengurangi panas matahari di sisi utara yang diterapkan pada bagian fasad. Atap yang curam juga membantu proses aliran udara dibawah atap menjadi lebih rendah dibandingkan dengan suhu diluar ruangan, sehingga rumah tetap sejuk tanpa pendingin udara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago