Logo Bluprin Blog

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

ARCHITECTURE - NEWS / 3 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 3 months ago

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

Tujuan dari pembangunan sekolah ini bukan hanya sementara pasca gempa namun diharapkan bisa lebih baik dari sekolah sebelumnya dengan motode pengerjaan yang cepat. 

Material yang digunakan di antaranya rangka baja untuk strukturnya, grc untuk dindingnya dan untuk atapnya menggunakan atap spandek dengan menggunakan insulasi. Bangunan sekolah yang didesain dengan modul 4.9m ini terdiri dari 6 ruang kelas, 1 perpustakaan, 1 ruang guru, dan 1 laboratorium yang mampu menampung sekitar 130 siswa.

Material ini dianggap sesuai, lebih ringan serta fleksibel namun di kualitas yang tidak kalah bagus. Sekolah Indonesia terdiri dari unit-unit yang diterapkan secara plug and play sehingga dapat berkembang sesuai kebutuhan dan bersifat cepat tanggap.

Di samping itu psikologi anak pasca gempa juga diperhatikan dalam pembangunan sekolah ini. Seperti contohnya pemilihan grc dianggap lebih sesuai karena kebanyakan survey yang diadakan oleh ILUNI Ars UI dan mahasiswanya, kebanyakan siswa tertimpa dinding batu bata.

Biaya yang diperlukan untuk pembangunan per sekolah sebesar Rp 390 juta. 

Pasca Gempa Lombok, Alumni FTUI dan Alumni Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

Foto: Penjelasan dari ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI tentang Sekolah Indonesia ©Bluprin

“Sebelum membangun sekolah ini kami melakukan observasi dengan mempelajari struktur apa yang membuat robohnya sekolah yang lama, mengusulkan ide konsep pembangunan sekolah dan mendiskusikannya dengan warga. Metode pembangunan pasca gempa ini telah dilakukan riset sebelumnya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan”, ujar Yandi. 

Hingga saat ini masih dibutuhkan dana dan masih membuka kesempatan bagi berbagai pihak untuk memberikan kontribsi dalam berbagai bentuk, mulai dari dana tunai, komponen material, serta bantuan sarana pembelajaran yang mendukung.

Pasca Gempa Lombok, Alumni FTUI dan Alumni Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

Foto: ILUNI FTUI bersama ILUNI Ars UI saat di Lombok untuk Pengawasan Pembangunan Sekolah Indonesia ©Arsitektur UI

Saat ini pembangunan SD masih berlangsung dan akan dilanjutkan bangunan TK yang targetnya selesai bulan ini. Direncanakan ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI akan membangun 5 sekolah.

Diharapkan Sekolah Indonesia ini bisa membantu anak-anak di Lombok untuk menempa pendidikannya kembali.

Rumah ANTARA: Hunian Sementara untuk Gempa Lombok 

Tidak hanya Sekolah Indonesia, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI FTUI) dan Ikatan Alumni UI (ILUNI UI) bekerja sama membangun hunian sementara bagi korban Gempa Lombok. 

Pasca Gempa Lombok, Alumni FTUI dan Alumni Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

Foto: Tim ANTARA saat dijumpai di Konferensi Pers ©Bluprin

Rumah ANTARA adalah naungan sementara berupa hunian dengan modul 2.5x2.95 m, material yang digunakan rangka besi 5.5cm tebal 1.8mm dengan joint plat besi 5 mm, dinding multipleks 15mm dengan modul pintu, jendela dan dinding itu sendiri, serta atap plat metal tekuk 0.3 mm dengan reng beso 4x4cm tebal 1.4mm. 

Pemilihan material yang tahan lama dan tahan gempa, menjadi pertimbangan, kenyamanan suhu menjadi idealnya sebuah hunian. Jika hunian ini tidak diperlukan oleh korban bencanam diharapkan dapat dialihkan menjadi fungsi lain lain. Satu hunian yang membutuhkan waktu 4 hari pengerjaan tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 17 juta. 

Pasca Gempa Lombok, Alumni FTUI dan Alumni Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

Pasca Gempa Lombok, Alumni FTUI dan Alumni Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

Foto: Proses Pembuatan Rumah ANTARA di Lombok ©Moreids Architects

Proses untuk membangun Rumah ANTARA ini melibatkan warga korban gempa dari mulai membangun hingga nanti membongkarnya kembali setelah selesai. Melakukan proses desain awal, survey lokasi, penyempurnaan desain pasca survey, tantangan budgeting menjadi tantangan Tim ANTARA.

Untuk saat ini sudah berdiri 20 unit yang berlokasi di Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur. Dalam waktu dekat juga akan dilakukan perakitan 30 unit hunian, 2 unit ruang operasi di puskesmas dan 2 unit MCK. 

product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

Cosmas Gozali Adakan Open House Project Terbarunya Kapal Api Office

Jakarta, 12 Januari 2019 – Cosmas Gozali, Prinsipal Atelier Cosmas Gozali mengadakan Open House project terbarunya yaitu Kapal Api Office yang berlokasi di Jalan Taman Jati Baru Barat II, Jakarta Pusat. Pada open house-nya kali ini, arsitek yang sudah lama dikenal dengan karyanya di dalam maupun luar negeri membagikan proses desain dan pengalamannya mendesain Kapal Api Office ini.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago