Logo Bluprin Blog

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

TIPS N IDEA / 2 years ago / By Joyce Meilanita
TIPS N IDEA / By Joyce Meilanita / 2 years ago

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

Ruang di bawah tangga cukup besar dan sayang jika tidak difungsikan dengan optimal.  Berikut ini beberapa inspirasi untuk pemanfaatannya.

1. Sebagai ‘Perpustakaan’ Rumah Anda

Ruang di Bawah Tangga

Foto : mamayointerior

Buku-buku tertata rapi dengan ruang baca yang nyaman.  Ingatlah untuk memperhatikan segi pencahayaan. Perhatikan pula ukuran tinggi buku saat merancang rak untuk buku-buku favorit Anda. Bagian bawah tempat baca juga bisa dimanfaatkan sebagai rak tersembunyi. Jadi, tidak ada ruang yang sia-sia di bawah tangga.

Ruang di Bawah Tangga

Foto : desainic  

Manfaatkanlah jendela untuk ruang baca Anda sebagai pencahayaan, sekaligus memberi kesan luas.

Ruang di Bawah Tangga

Foto : desainic

Padukanlah bahan, warna, dan furniture yang bisa membuat ruang baca menjadi nyaman dan menyatu dengan ruang lainnya. Pemanfaatan garis horizontal juga bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan ruang yang lebih luas.

2. Rak Penyimpanan

Ruang di Bawah Tangga

Foto : Henarise Pty Ltd

Sejak awal rancangan, manfaatkanlah tangga sebagai rak penyimpanan.  Tangga tidak sekedar ‘jalan penghubung’ antar lantai, tetapi bisa berfungsi jauh lebih baik. Pemanfataan rak di bawah tangga dapat menjadi solusi penyimpanan yang rapi untuk semua benda-benda kesayangan.

Ruang di Bawah Tangga

Foto : desaincantik

Bahkan setiap anak tangga bisa dibagi menjadi beberapa rak penyimpanan dengan berbagai ukuran. Terencana, indah, rapi, dan fungsional.  

Ruang di Bawah Tangga

Foto : desaincantik

Pemanfaatan ruang di bawah tangga dengan optimal akan sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki ruang yang terbatas. Jika ruang di bawah tangga tidak digunakan dengan baik dan digantikan dengan lemari biasa, ruang ini akan menjadi sia-sia.

Ruang di Bawah Tangga

Foto : caradesain

Bentuk ruang di bawah tangga yang unik, bisa memunculkan berbagai ide bentuk dan warna yang menarik seperti  ‘puzzle’.

3. Area Display Foto dan Barang Koleksi

Ruang di Bawah Tangga

Foto : designaddict

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyulap ruang di bawah tangga.  Hanya dengan memadukan elemen yang diperlukan untuk memajang foto dan barang koleksi, maka voilà, terciptalah ruang yang fungsional dan elegan.

4. Ruang Kerja

Ruang di Bawah Tangga

Foto : designme

Sebilah papan atau sekeping granit sebagai meja dan sebuah kursi sudah cukup untuk membuat ruang kerja yang nyaman di bawah tangga.  Simple dan fungsional.

Ruang di Bawah Tangga

Foto : news.rumahrei

Ruang kerja, rak buku, dan rak penyimpanan bisa dipadukan untuk mengisi ruang di bawah tangga.

Ruang di Bawah Tangga

Foto : apartmentgeeks.net

Wah…. ternyata ruang di bawah tangga banyak sekali manfaatnya. Kerja dan hobi bisa mendapat ruang yang cukup nyaman.

5. Rak Penyimpanan Bahan-bahan Dapur

Ruang di Bawah Tangga

Foto : properti.kompas

Jika tangga berada dekat dapur, manfaatkanlah ruang di bawah tangga sebagai rak penyimpanan untuk bahan-bahan dapur.

6. Kamar Mandi

Ruang di Bawah Tangga

Foto : berlinhappens

Kamar mandi di bawah tangga memang sudah cukup lazim dirancang oleh para desainer. Cerdiklah dalam menyiasatinya agar fungsional, mudah perawatannya, dan estetis.  Banyak sekali cara untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga. Tergantung kebutuhan ruang dan ide-ide cerdik yang menginspirasinya.


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago