Ruang di bawah tangga cukup besar dan sayang jika tidak difungsikan dengan optimal.  Berikut ini beberapa inspirasi untuk pemanfaatannya.

1. Sebagai ‘Perpustakaan’ Rumah Anda

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

Foto : mamayointerior

Buku-buku tertata rapi dengan ruang baca yang nyaman.  Ingatlah untuk memperhatikan segi pencahayaan. Perhatikan pula ukuran tinggi buku saat merancang rak untuk buku-buku favorit Anda. Bagian bawah tempat baca juga bisa dimanfaatkan sebagai rak tersembunyi. Jadi, tidak ada ruang yang sia-sia di bawah tangga.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 1

Foto : desainic  

Manfaatkanlah jendela untuk ruang baca Anda sebagai pencahayaan, sekaligus memberi kesan luas.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 2

Foto : desainic

Padukanlah bahan, warna, dan furniture yang bisa membuat ruang baca menjadi nyaman dan menyatu dengan ruang lainnya. Pemanfaatan garis horizontal juga bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan ruang yang lebih luas.

2. Rak Penyimpanan

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 3

Foto : Henarise Pty Ltd

Sejak awal rancangan, manfaatkanlah tangga sebagai rak penyimpanan.  Tangga tidak sekedar ‘jalan penghubung’ antar lantai, tetapi bisa berfungsi jauh lebih baik. Pemanfataan rak di bawah tangga dapat menjadi solusi penyimpanan yang rapi untuk semua benda-benda kesayangan.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 4

Foto : desaincantik

Bahkan setiap anak tangga bisa dibagi menjadi beberapa rak penyimpanan dengan berbagai ukuran. Terencana, indah, rapi, dan fungsional.  

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 5

Foto : desaincantik

Pemanfaatan ruang di bawah tangga dengan optimal akan sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki ruang yang terbatas. Jika ruang di bawah tangga tidak digunakan dengan baik dan digantikan dengan lemari biasa, ruang ini akan menjadi sia-sia.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 6

Foto : caradesain

Bentuk ruang di bawah tangga yang unik, bisa memunculkan berbagai ide bentuk dan warna yang menarik seperti  ‘puzzle’.

3. Area Display Foto dan Barang Koleksi

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 7

Foto : designaddict

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyulap ruang di bawah tangga.  Hanya dengan memadukan elemen yang diperlukan untuk memajang foto dan barang koleksi, maka voilà, terciptalah ruang yang fungsional dan elegan.

4. Ruang Kerja

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 8

Foto : designme

Sebilah papan atau sekeping granit sebagai meja dan sebuah kursi sudah cukup untuk membuat ruang kerja yang nyaman di bawah tangga.  Simple dan fungsional.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 9

Foto : news.rumahrei

Ruang kerja, rak buku, dan rak penyimpanan bisa dipadukan untuk mengisi ruang di bawah tangga.

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 10

Foto : apartmentgeeks.net

Wah…. ternyata ruang di bawah tangga banyak sekali manfaatnya. Kerja dan hobi bisa mendapat ruang yang cukup nyaman.

5. Rak Penyimpanan Bahan-bahan Dapur

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 11

Foto : properti.kompas

Jika tangga berada dekat dapur, manfaatkanlah ruang di bawah tangga sebagai rak penyimpanan untuk bahan-bahan dapur.

6. Kamar Mandi

Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga 12

Foto : berlinhappens

Kamar mandi di bawah tangga memang sudah cukup lazim dirancang oleh para desainer. Cerdiklah dalam menyiasatinya agar fungsional, mudah perawatannya, dan estetis.  Banyak sekali cara untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga. Tergantung kebutuhan ruang dan ide-ide cerdik yang menginspirasinya.

You May Also Like

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin