Logo Bluprin Blog

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

ARCHITECTURE - NEWS / 6 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 6 months ago

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

Jakarta – Pada tanggal 7- 8 Mei 2018 yang lalu telah diselenggarakan acara Lighting Talk dengan tema ‘The Cutting Edges’ di COMO Park, Kemang dan dihadiri oleh sekitar 100 profesional, baik dari kalangan arsitek, desainer, maupun developer. Empat pembicara berpengalaman dari Eropa dan Singapura berbagi pengetahuan mereka, antara lain Martin Klaasen dari Klaasen Lighting Design yang sudah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun di industri lighting, Christopher Lee dari Beyond Illumination, Stefan Bittner dari LEDLinear, dan Steve Hainsworth dari MaxiLED.


Pada kesempatan ini, Martin Klaasen menjelaskan tentang desain pencahayaan yang diterapkan dengan teknologi masa kini pada bangunan-bangunan tinggi. Berbagai karyanya juga dipaparkan seperti desain pencahayaan Marina Bay Sands di Singapura dan Western Australia Museum.

Kemudian, Christopher Lee
berbicara tentang kualitas dan kekuatan lighting yang berpengaruh pada tampilan visual suatu bangunan pada bagian eksterior maupun di bagian interior. Baginya kualitas suatu lighting harus dijaga semaksimal mungkin sehingga bangunan dan ruangan yang sudah indah menjadi lebih menakjubkan.

Selanjutnya, Stefan Bittner dari LedLinear membahas bagaimana pencahayaan linier dapat digunakan dalam situasi arsitektur interior dan eksterior tertentu. Dia juga memberikan berbagai contoh desain pencahayaan seperti pada teknologi invisible light yang diterapkan pada bangunan museum. Dengan adanya teknologi ini pesan dari objek yang ditampilkan di museum tersebut lebih tersampaikan ke pengunjung dengan visualisasi yang indah.

Sedangkan, Steve Hainsworth dari MaxiLED memaparkan teknologi dalam mengintegrasikan instalasi pencahayaan dalam sebuah bangunan yang sebelumnya rumit menjadi sederhana dengan menggabungkan data dan daya. Hasilnya adalah sebuah sistem pencahayaan yang terintegrasi dengan daya dan infrastruktur yang lebih efektif dimana penggunaan pun kabel menjadi lebih minimum.

Lighting Talk
ini dilaksanakan oleh Ascendo Lighting bekerjasama dengan Technolite dan diharapkan dapat menginspirasi para arsitek dan desainer dalam mengintegrasikan pencahayaan buatan sebagai bagian dari elemen desain dengan teknologi terkini.



Artikel Menarik Lainnya

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Menilik Kantor Studio Air Putih @Batubata, Peraih IAI Awards 2018

Tangerang Selatan, 19 Oktober 2018 – Biro Arsitektur milik Denny Gondo dan Desain Interior milik Joke Roos, Studio Air Putih membuka Open Studio @Batubata di kawasan Serpong. Hal ini dalam merayakan rasa syukur mereka dalam 15 tahun berkarya bersama.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Dibuka Hingga 30 Novermber! Inilah Potret Indonesian Contemporary Art & Design 2018

Jakarta, 14 Oktober 2018 – Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2018 kembali digelar yang ke-9 kalinya oleh Yayasan Design+Art Indonesia. Bertempat di Grandkemang Hotel Jakarta, ICAD berlangsung dari 18 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Pasca Gempa Lombok, ILUNI FTUI dan ILUNI Ars UI Pulihkan dengan Bangun Sekolah dan Hunian Sementara

JAKARTA, Bluprin.com – Setelah gempa yang melanda Lombok 29 Juli 2018 lalu, Ikatan Alumni Arsitektur FTUI (ILUNI Ars UI) dan Ikatan Alumni FTUI (ILUNI FTUI) membangun Sekolah Indonesia di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Utara.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago