Logo Bluprin Blog

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

ARCHITECTURE - NEWS / 4 months ago / By Bluprin

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin - 4 months ago

Jakarta – Pada tanggal 7- 8 Mei 2018 yang lalu telah diselenggarakan acara Lighting Talk dengan tema ‘The Cutting Edges’ di COMO Park, Kemang dan dihadiri oleh sekitar 100 profesional, baik dari kalangan arsitek, desainer, maupun developer. Empat pembicara berpengalaman dari Eropa dan Singapura berbagi pengetahuan mereka, antara lain Martin Klaasen dari Klaasen Lighting Design yang sudah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun di industri lighting, Christopher Lee dari Beyond Illumination, Stefan Bittner dari LEDLinear, dan Steve Hainsworth dari MaxiLED.


Pada kesempatan ini, Martin Klaasen menjelaskan tentang desain pencahayaan yang diterapkan dengan teknologi masa kini pada bangunan-bangunan tinggi. Berbagai karyanya juga dipaparkan seperti desain pencahayaan Marina Bay Sands di Singapura dan Western Australia Museum.

Kemudian, Christopher Lee
berbicara tentang kualitas dan kekuatan lighting yang berpengaruh pada tampilan visual suatu bangunan pada bagian eksterior maupun di bagian interior. Baginya kualitas suatu lighting harus dijaga semaksimal mungkin sehingga bangunan dan ruangan yang sudah indah menjadi lebih menakjubkan.

Selanjutnya, Stefan Bittner dari LedLinear membahas bagaimana pencahayaan linier dapat digunakan dalam situasi arsitektur interior dan eksterior tertentu. Dia juga memberikan berbagai contoh desain pencahayaan seperti pada teknologi invisible light yang diterapkan pada bangunan museum. Dengan adanya teknologi ini pesan dari objek yang ditampilkan di museum tersebut lebih tersampaikan ke pengunjung dengan visualisasi yang indah.

Sedangkan, Steve Hainsworth dari MaxiLED memaparkan teknologi dalam mengintegrasikan instalasi pencahayaan dalam sebuah bangunan yang sebelumnya rumit menjadi sederhana dengan menggabungkan data dan daya. Hasilnya adalah sebuah sistem pencahayaan yang terintegrasi dengan daya dan infrastruktur yang lebih efektif dimana penggunaan pun kabel menjadi lebih minimum.

Lighting Talk
ini dilaksanakan oleh Ascendo Lighting bekerjasama dengan Technolite dan diharapkan dapat menginspirasi para arsitek dan desainer dalam mengintegrasikan pencahayaan buatan sebagai bagian dari elemen desain dengan teknologi terkini.



You May Also Like

Diskusi dan Pameran Rumah 100 m2, Solusi dari Keterbatasan Lahan di Bali

Jakarta, 7 September 2018 – Bluprin bersama Indonesia Young Architect (IYA) dan TOSTEM by LIXIL mengadakan Diskusi dan Pameran Rumah 100 m2 di HOMEDEC, ICE-BSD, Tangerang. Tema yang diambil adalah Rumah 100 m2, sebuah tema yang menjadi TOR Sayembara Rumah 1 Are di Bali tahun 2017 lalu.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

HOMEDEC 2018, Ramaikan Pasar Interior Indonesia 6-9 September 2018

Jakarta, 6 September 2018 – HOMEDEC yang diadakan di tahun keempat ini diresmikan oleh Linda Leoni sebagai Regional Business Development Manager CIS Exhibition, Lea Aziz sebagai Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat, Nuarista Edi Nugraha sebagai Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan Charles Dewanto sebagai perwakilan Indonesia Young Architect (IYA). Hari ini, HOMEDEC 2018 kembali diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City – Tangerang, tempat paling tepat bagi siapa saja yang membutuhkan produk-produk istimewa untuk kebutuhan hunian impiannya. Setiap peserta pameran HOMEDEC akan menawarkan diskon bombastis selama 4 hari mulai dari tanggal 6-9 September 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Novriansyah Yakub Sebarkan Inspirasi Lewat Bukunya "A Design for Life"

Jakarta, 24 Agustus 2016 – Prinsipal designer studio desain Atelier Riri yaitu Novriansyah Yakub atau kerap disapa Riri baru saja meluncurkan buku terbarunya berjudul “A Design for Life” di American Standars Showroom daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hal ini disambut hangat oleh beberapa rekan media dan rekan arsitek.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

BiangLIVE #5: There is no Box with Raul Renanda

Jakarta, 16 Agustus 2018, BiangLIVE #5 kembali menyelenggarakan rangkaian acara di D’Gallerie, Jakarta Selatan dengan tema "There is no Box" dengan pembicara Raul Renanda yang tidak lain seorang multitalent di dunia seni Indonesia. Talk show ini diselenggarakan bersamaan dengan tempat dimana Raul Renanda menyelenggarakan pameran lukisan karyanya. Talk show dimoderatori oleh Peter YB.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago