Logo Bluprin Blog

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

ARCHITECTURE - NEWS / 8 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 8 months ago

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

Jakarta – Pada tanggal 7- 8 Mei 2018 yang lalu telah diselenggarakan acara Lighting Talk dengan tema ‘The Cutting Edges’ di COMO Park, Kemang dan dihadiri oleh sekitar 100 profesional, baik dari kalangan arsitek, desainer, maupun developer. Empat pembicara berpengalaman dari Eropa dan Singapura berbagi pengetahuan mereka, antara lain Martin Klaasen dari Klaasen Lighting Design yang sudah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun di industri lighting, Christopher Lee dari Beyond Illumination, Stefan Bittner dari LEDLinear, dan Steve Hainsworth dari MaxiLED.


Pada kesempatan ini, Martin Klaasen menjelaskan tentang desain pencahayaan yang diterapkan dengan teknologi masa kini pada bangunan-bangunan tinggi. Berbagai karyanya juga dipaparkan seperti desain pencahayaan Marina Bay Sands di Singapura dan Western Australia Museum.

Kemudian, Christopher Lee
berbicara tentang kualitas dan kekuatan lighting yang berpengaruh pada tampilan visual suatu bangunan pada bagian eksterior maupun di bagian interior. Baginya kualitas suatu lighting harus dijaga semaksimal mungkin sehingga bangunan dan ruangan yang sudah indah menjadi lebih menakjubkan.

Selanjutnya, Stefan Bittner dari LedLinear membahas bagaimana pencahayaan linier dapat digunakan dalam situasi arsitektur interior dan eksterior tertentu. Dia juga memberikan berbagai contoh desain pencahayaan seperti pada teknologi invisible light yang diterapkan pada bangunan museum. Dengan adanya teknologi ini pesan dari objek yang ditampilkan di museum tersebut lebih tersampaikan ke pengunjung dengan visualisasi yang indah.

Sedangkan, Steve Hainsworth dari MaxiLED memaparkan teknologi dalam mengintegrasikan instalasi pencahayaan dalam sebuah bangunan yang sebelumnya rumit menjadi sederhana dengan menggabungkan data dan daya. Hasilnya adalah sebuah sistem pencahayaan yang terintegrasi dengan daya dan infrastruktur yang lebih efektif dimana penggunaan pun kabel menjadi lebih minimum.

Lighting Talk
ini dilaksanakan oleh Ascendo Lighting bekerjasama dengan Technolite dan diharapkan dapat menginspirasi para arsitek dan desainer dalam mengintegrasikan pencahayaan buatan sebagai bagian dari elemen desain dengan teknologi terkini.



Artikel Menarik Lainnya

Cosmas Gozali Adakan Open House Project Terbarunya Kapal Api Office

Jakarta, 12 Januari 2019 – Cosmas Gozali, Prinsipal Atelier Cosmas Gozali mengadakan Open House project terbarunya yaitu Kapal Api Office yang berlokasi di Jalan Taman Jati Baru Barat II, Jakarta Pusat. Pada open house-nya kali ini, arsitek yang sudah lama dikenal dengan karyanya di dalam maupun luar negeri membagikan proses desain dan pengalamannya mendesain Kapal Api Office ini.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago