Logo Bluprin Blog

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

ARCHITECTURE - NEWS / 2 months ago / By Bluprin

Penerapan Teknologi Lighting Terkini dalam Arsitektur dan Interior

ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin - 2 months ago

Jakarta – Pada tanggal 7- 8 Mei 2018 yang lalu telah diselenggarakan acara Lighting Talk dengan tema ‘The Cutting Edges’ di COMO Park, Kemang dan dihadiri oleh sekitar 100 profesional, baik dari kalangan arsitek, desainer, maupun developer. Empat pembicara berpengalaman dari Eropa dan Singapura berbagi pengetahuan mereka, antara lain Martin Klaasen dari Klaasen Lighting Design yang sudah berkecimpung selama lebih dari 30 tahun di industri lighting, Christopher Lee dari Beyond Illumination, Stefan Bittner dari LEDLinear, dan Steve Hainsworth dari MaxiLED.


Pada kesempatan ini, Martin Klaasen menjelaskan tentang desain pencahayaan yang diterapkan dengan teknologi masa kini pada bangunan-bangunan tinggi. Berbagai karyanya juga dipaparkan seperti desain pencahayaan Marina Bay Sands di Singapura dan Western Australia Museum.

Kemudian, Christopher Lee
berbicara tentang kualitas dan kekuatan lighting yang berpengaruh pada tampilan visual suatu bangunan pada bagian eksterior maupun di bagian interior. Baginya kualitas suatu lighting harus dijaga semaksimal mungkin sehingga bangunan dan ruangan yang sudah indah menjadi lebih menakjubkan.

Selanjutnya, Stefan Bittner dari LedLinear membahas bagaimana pencahayaan linier dapat digunakan dalam situasi arsitektur interior dan eksterior tertentu. Dia juga memberikan berbagai contoh desain pencahayaan seperti pada teknologi invisible light yang diterapkan pada bangunan museum. Dengan adanya teknologi ini pesan dari objek yang ditampilkan di museum tersebut lebih tersampaikan ke pengunjung dengan visualisasi yang indah.

Sedangkan, Steve Hainsworth dari MaxiLED memaparkan teknologi dalam mengintegrasikan instalasi pencahayaan dalam sebuah bangunan yang sebelumnya rumit menjadi sederhana dengan menggabungkan data dan daya. Hasilnya adalah sebuah sistem pencahayaan yang terintegrasi dengan daya dan infrastruktur yang lebih efektif dimana penggunaan pun kabel menjadi lebih minimum.

Lighting Talk
ini dilaksanakan oleh Ascendo Lighting bekerjasama dengan Technolite dan diharapkan dapat menginspirasi para arsitek dan desainer dalam mengintegrasikan pencahayaan buatan sebagai bagian dari elemen desain dengan teknologi terkini.



You May Also Like

Homedec Hadirkan Pameran B2B 'Indterior' di September 2018

Jakarta, 12 Juli 2018 – Sukses mengadakan pameran tahun lalu, HOMEDEC pionir pameran Home Show untuk segala kebutuhan rumah kembali akan mengadakan pameran keempatnya yang akan di selenggarakan pada tanggal 6-9 September 2018 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City – Tangerang. “For Better Home & Living” menjadi tema HOMEDEC tahun ini.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

INDE.Awards Places Asia Pacific’s Design On The Global Stage: Announcing The 2018 INDE Winners

On Friday 22nd June 2018, Indesign Media Asia Pacific celebrated the second year of INDE.Awards, connecting and recognising the Asia Pacific region via satellite feed live from the Gala event in Singapore’s JW Marriott Hotel in South Beach to the Zenith Sydney showroom in Surry Hills NSW

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Cari Material Arsitektural Kini dalam Genggaman lewat Aplikasi Bluprin

Jakarta, 24 Mei 2018 - Dengan perkembangan dunia digital dan smartphone yang sangat pesat saat ini, semakin banyak masyarakat di Indonesia yang memiliki akses terhadap internet. Kemudahan dalam mencari dan bertukar berbagai informasi kini terdapat dalam genggaman tangan. Hal ini memberi dampak positif dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dunia arsitektur.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Architect’s Life Talk-Series 2018 ke 10 kota di Indonesia

Jakarta, 15 Maret 2018 – Setelah sukses dalam Architect’s Life Video Series, kini Architect’s Life kembali hadir dengan program baru, yakni Architect’s Life Talk Series. Jika dalam Video Series, para penonton hanya dapat melihat melalui layar kaca, maka dalam Talk Series, para penonton akan diajak untuk melihat dan berdiskusi secara langsung dengan duo arsitek, yaitu Ren Katili dari Studio ArsitektropiS dan Riri Yakub dari Atelier Riri.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 months ago