Bangunan berfungsi baik apabila ruang di dalamnya dapat efektif dan nyaman digunakan oleh penggunanya. Tidak dapat dipungkiri, selain ketersediaan ruang, konsep dan suasana ruang dalam menjadi kebutuhan penghuni untuk menciptakan kenyamanan. Hal ini membuat desain interior menjadi kebutuhan banyak orang. Sebelum menentukan desainer interior pilihan, Anda dapat memperkirakan biaya jasa desainer interior dari kebutuhan ruang yang akan dirancang.

built in atau loose furniture
finishing + built in atau loose furniture
±2-4 juta / m2
±5-7 juta / m2

Tabel Perkiraan Biaya Produksi Desain Interior

Built in furniture: didesain khusus untuk menyesuaikan bentuk ruang tertentu

Loose furniture: sudah tersedia dengan ukuran standar pada umumnya

*Perhitungan ini hanya dijadikan acuan untuk memperkirakan biaya produksi. Harga tersebut juga sangat bergantung pada bentuk furnitur, material dan tingkat kesulitan pengerjaannya.

desain interior

Foto: Golf Lake Residence ©Comvi Interior

Setelah menentukan kebutuhan, Anda dapat memperkirakan anggaran yang diperlukan untuk membangun interior Anda. Anda dapat menghitung biaya dengan cara luas ruang yang akan didesain (m2) dikalikan dengan kebutuhan interior Anda seperti jumlah yang tertera pada Tabel Perkiraan Biaya Produksi Desain Interior.

desain interior

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Selain itu, apabila Anda mengetahui secara spesifik furnitur yang dibutuhkan, maka Anda dapat memperkirakan pengeluaran Anda lebih rinci. Berikut terlampir contoh perhitungannya.

Contoh perhitungan kitchen set:

Apabila ketinggian furnitur kurang dari 1 meter, seperti pada furnitur kitchen set maka cara perhitungannya dengan panjang area. Anda cukup mengukur panjang area (meter lari) yang dibutuhkan untuk diaplikasikan dengan furnitur kitchen set lalu dikalikan dengan harga built in atau loose furniture berkisar 2-4 juta/m2. Asumsikan menggunakan nilai 3 juta/m2.

Panjang kebutuhan area furnitur (meter lari) x 3 juta/m2 

desain interior

Gambar 1 Ilustrasi kitchen set

Perlu diingat furnitur pada kitchen set terdiri dari 2 elemen, yaitu furnitur bagian bawah dan atas. Berikut perhitungannya:

Panjang kitchen set : 4m + 4m = 8m

Total panjang kitchen set bagian atas dan bawah: 2 x 8m = 16m

Total biaya produksi: 16 x 3 juta = 48 juta.

desain interior

Foto: Apartemen The Mansion ©Total Renov

Apabila ketinggian furnitur yang dibutuhkan lebih dari 1 m seperti pada lemari walk-in closet maka cara perhitungannya sebagai berikut:

Luas permukaan furnitur (panjang x tinggi) m2  x 3 juta/m2


Artikel lainnya: Perlukah Jasa Arsitek dalam membangun Rumah Tinggal?

desain interior
Gambar 2 Ilustrasi built-in furniture pada walk-in closet

Pada ilustrasi Gambar 2 diketahui panjang furnitur 3 m, dengan ketinggian 2,5 m maka:

Luas bidang furnitur = 3m x 2,5m = 7,5 m2

Total biaya produksi = 7,5 m2 x 3 juta / m2 = 22,5 juta.

Pada perhitungan kitchen set maupun lemari pada walk-in closet, lebar atau kedalaman furnitur tidak dihitung karena disumsikan standar dengan kedalaman 60 cm.

Namun berbeda jika Anda ingin memperbaharui interior bangunan Anda lengkap dengan finishing seperti detail dan material lantai, dinding ataupun ceiling. Anda dapat dengan sederhana memperkirakan biaya produksinya dengan cara:


Luasan ruang terdesain x 5 - 7 juta / m2


Lalu bagaimana cara memperkirakan biaya jasa desainer interior pilihan Anda. Berikut caranya!

Biaya per meter pesegi luas ruang terdesain

Biaya per meter persegi luas ruang terdesain menjadi cara yang lazim digunakan dalam praktiknya. Anda cukup mengetahui luas area yang akan didesain lalu dikalikan dengan biaya jasa desainer interior pilihan Anda per meter persegi. Umumnya, biaya jasa desainer interior berkisar antara 200ribu-700ribu /m2.

Persentase dari total biaya proyek

Anda dapat menentukan biaya jasa desainer interior dari total anggaran biaya yang ingin Anda keluarkan. Jika Anda dapat mengetahui anggaran untuk membangun harga proyek, maka Anda dapat menafsirkan juga prakiraan biaya desainer interior berkisar 2-5% dari total biaya produksi. Namun dalam praktiknya, cara ini masih kurang lazim digunakan.

“Dikarenakan RAB yang masih belum pasti di setiap proyeknya dan ketergantungan pada spesifikasi material dan detail desain, penentuan biaya jasa desainer interior dengan persentase dari nilai produksi masih jarang diaplikasikan.”ungkap Dimaz Aditio selaku pimpinan arsitek dari konsultan ARCHID Design and Build yang secara profesional berpraktik dalam industri desain bangun baik arsitektur maupun interior.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk memperkirakan biaya produksi beserta jasa desainer interior pilihan Anda, ya! Berikut daftar jasa desainer interior di Indonesia untuk kebutuhan desain dan renovasi Anda.

Artikel lainnya: Berapa Biaya Jasa Arsitek? Begini Cara Hitungnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin