Logo Bluprin Blog

Pertimbangkan Hal ini Saat Memilih Jasa Kontraktor atau Mandor

ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / 1 year ago / By Aisya Putri
ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / By Aisya Putri / 1 year ago

Pertimbangkan Hal ini Saat Memilih Jasa Kontraktor atau Mandor

Pilih jasa kontraktor atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi hunian Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan jasa kontraktor atau mandor:

 jasa kontraktor

Gambar Perbandingan Kontraktor dan Mandor

Pengawasan dan kontrol

Dalam proses pembangunan, pengawasan menjadi poin penting untuk mengontrol semua pelaksanaan proyek, baik dari kesesuaian pengeluaran biaya, tenaga, maupun waktu. Baik mandor ataupun kontraktor memiliki kemampuan dalam mengawasi proyek. Namun, kontraktor bertanggung jawab atas seluruh aspek tersebut mulai dari penyediaan material, pemenuhan target waktu pembangunan, hingga manajemen proyek. Sedangkan mandor tetap berada dalam pengawasan pemilik. Dengan kata lain, pemilik tetap menjadi pengawas utama.

Artikel lainnya: Perkirakan Biaya Membangun Interior Impian Anda, Ini Caranya!

 jasa kontraktor

Foto: ©blogspot

Resiko

Pada pelaksanaan pembangunan seringkali menemukan kendala berupa kesalahan teknis detail konstruksi, kesalahan perhitungan, keterlambatan pengerjaan proyek yang bersifat dinamis berkaitan dengan lahan bangunan. Apabila Anda menggunakan jasa kontraktor maka semua resiko ini menjadi tanggung jawab kontraktor. Sedangkan apabila menggunakan jasa mandor, tidak ada garansi akan hal ini. Anda harus bersiap menghadapi kemungkinan kesalahan yang terjadi selama proses pembangunan.

Biaya

Mengunakan jasa mandor dapat menjadi pilihan tepat apabila Anda ingin menekan biaya produksi bangunan dikarenakan para pekerja berada langsung di bawah pengawasan Anda. Tetapi, Anda sebaiknya terus meninjau keberjalanan proyek agar selesai sesuai target waktu dan biaya yang Anda siapkan. Selain itu, Anda dapat menentukan dan mengontrol sendiri material apa saja yang akan Anda gunakan. Harga material terus berubah dan dengan menggunakan jasa mandor Anda dapat menyesuaikan ketersediaan dan harga material yang lebih terjangkau. Dengan begitu, Anda dapat menekan biaya produksi.

 jasa kontraktor

Foto: ©blogspot

Namun, apabila Anda tidak yakin dapat memiliki banyak waktu untuk selalu meninjau proyek, memastikan ketersediaan material, menentukan material yang tepat fungsi dan berkualitas, maka Anda dapat menggunakan jasa kontraktor. RAB yang lebih mendekati harga sesungguhnya, garansi akan kesalahan teknis, keterlambatan proyek, dan keamanan penyimpanan material di lapangan menjadi servis yang ditawarkan oleh kontraktor. Tidak dipungkiri bahwa biaya jasa kontraktor memang lebih mahal, tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir akan pengawasan, kesalahan teknis, maupun keterlambatan proyek yang mungkin terjadi.

Nah, itu dia beberapa poin yang perlu dipetimbangkan ketika memilih menggunakan jasa kontraktor atau mandor. Temukan jasa kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya Anda. Selamat menentukan pilihan!

Artikel lainnya: Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago