Logo Bluprin Blog

Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Aisya Putri
TIPS N IDEA / By Aisya Putri / 1 year ago

Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

Foto: Dempo House ©Fabelio Design and Build

Setiap rumah pasti memiliki sofa, namun apakah sofa berbahan kain atau kulit yang sesuai untuk hunian Anda? Dalam ruang bersama, bentuk dan motif sofa sangat menentukan nuansa ruang yang dihadirkan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihannya karena sofa menjadi point of interest dari sebuah rumah.

Rumah Torrina oleh studio by TITE HOME

Foto: Rumah Torrina ©studio by TITE HOME

Jika Anda bingung menentukan jenis bahan sofa untuk hunian, maka Anda dapat mempertimbangkan tipnya dari beberapa poin berikut.

Kenyamanan

Ada beberapa hal yang memengaruhi faktor ini. Suhu ruangan misalnya, ini menentukan suhu permukaan bahan sofa yang digunakan. Dalam hal ini, sofa berbahan kain lebih unggul karena bahan kulit sangat bergantung pada suhu sekitar. Tetapi hal ini tak lepas dari jenis kain sofa yang digunakan. Sofa berbahan linen menjadi bahan yang tepat untuk menjaga suhu permukaan sofa sehingga tetap nyaman digunakan dalam beragam cuaca.

Sofa

Foto: 2E Residence ©Sontani + Partners

Ketika Anda duduk pada sofa berbahan kulit, sofa akan lebih cepat terasa hangat menyesuaikan dengan suhu tubuh. Selain itu, saat udara dingin, bahan sofa kulit akan terasa dingin, begitu juga sebaliknya.

Sofa

Foto: Living Room ©VIKU FURNITURE

Namun, jika rumah Anda dapat menjaga suhu ruang dalam rumah Anda tetap stabil, maka pemakaian bahan kulit akan tetap nyaman digunakan. Melapisi kain sebagai aksen motif atau untuk sekedar menjaga suhu sofa kulit juga dapat dijadikan solusi.

Artikel lainnya: Apa Perbedaan Arsitektur Modern dan Kontemporer?

Pemeliharaan dan Daya Tahan

Seiring berjalannya waktu, perawatan sofa menjadi penentu penampilan sofa dalam penggunaannya. Kemudahan dalam membersihkan bahan kain sangat ditentukan oleh jenis kain pelapis sofa.

Sofa

Foto: Lavande Residence ©Vindo Design

Beberapa jenis kain memang mudah dibersihkan, tetapi tidak terlepas dari kemungkinan kesalahan memilih sofa dengan jenis kain yang susah dibersihkan. Dalam hal ini, bahan kulit menjadi solusi yang lebih baik.

Tetapi sofa berbahan kulit biasanya tidak bertahan lama dalam kondisi yang bagus apabila Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Sofa kulit rentan akan goresan dari cakar hewan peliharaan. Jadi, dalam perawatan dan daya tahannya, sofa sebenarnya sangat bergantung pada kebutuhan pemilik rumah.

Ketahanan Warna

Sofa

Foto: Industrial Pop ©Vindo Design

Sofa berbahan kain memiliki variasi pilihan warna yang lebih beragam. Namun, warna pada kain cenderung lebih cepat pudar. Oleh karena itu, warna pada kulit lebih tahan lama dibandingkan dengan warna pada bahan kain.

Sofa

Foto: Diminished House ©Wahana Architects

Artikel lainnya: Mendekorasi Rumah Berdasarkan Zodiak

Penampilan

Penampilan dari sofa berbahan kain ataupun kulit memiliki karakter dan citranya tersendiri. Baik tidaknya penampilan sofa bergantung pada nuansa ruang yang ingin dihadirkan. Sofa kain umumnya memiliki lebih banyak pilihan warna maupun motif dibandingkan sofa kulit.

Puri Indah Residence oleh Studio Piu

Foto: Puri Indah Residence ©Studio Piu

Namun, tektur dan warna sofa kulit tidak mudah lekang oleh waktu dan zaman. Pilihan warna pada kulit cenderung netral sehingga suasana ruang dapat diperbaharui dengan mendekorasi elemen lain pada ruang selain sofa. Oleh karena itu, soal penampilan sofa, Anda sebenarnya bebas memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan ruang.

Keamanan

Keamanan sofa ditinjau dari segi kebersihan sofa, sofa dengan bahan yang sulit dibersihkan menjadikan keamanan kesehatan penggunanya perlu dikhawatirkan. Tidak seperti kain, kulit cenderung tidak mudah menumpuk debu, bulu hewan peliharaan, dan hal lainnya yang dapat menyebabkan alergi.

Papandayan House oleh BW Design Consultant

Foto: Papandayan House ©BW Design Consultant

Jika menggunakan sofa berbahan kain, maka Anda harus memastikan kebersihannya dengan perawatan ekstra dibanding membersihkan sofa berbahan kulit.

Artikel lainnya: Tip Agar Rumah Sejuk Tanpa Pendingin

Harga

Biaya yang harus dikeluarkan untuk kedua jenis sofa sebenarnya beragam bergantung kualitas bahannya, baik kain maupun kulit. Sesuaikan pilihan Anda dengan mempertimbangkan prioritas, kondisi, dan kebutuhan hunian Anda. Kenyamanan, pemeliharaan dan daya tahan, ketahanan warna, penampilan, serta kesehatan menjadi beberapa poin yang dapat dipertimbangkan dalam memilih sofa kain atau kulit.

La Verde, Magnolia oleh CIPTA DESAIN

Foto: La Verde, Magnolia ©CIPTA DESAIN

Jadi, sofa mana yang akan Anda pilih? Tentunya, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda hanya perlu mempertimbangkan poin yang menjadi prioritas hunian Anda. Selamat menentukan pilihan!

Sumber: qanvast

Artikel lainnya: Tip Agar Hunian Ramah Penyandang Disabilitas

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Desain Teras untuk BBQ Party di Tahun Baru

Tahun baru adalah BBQ Party. So, sekarang saatnya membersihkan kembali koleksi griller yang lama tersimpan. Mencari arang terbaik, serta daging terbaik. Brisket alias sandung lamur adalah pilihan klasik, namun Anda bisa memilih daging lainnya. Dan jangan lupa perhatikan desain teras rumah Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 19 hours ago

Menelusuri Rumah Minimalis, Dari Eksterior Hingga Interior

Desain rumah minimalis memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern saat ini. Gaya hidup masyarakat kini yang serba cepat, menuntut kepraktisan dan efisiensi dalam segala aspek kesehariannya. Salah satu aspek paling mendasar bagi seseorang adalah huniannya. Rumah minimalis merupakan hunian dengan desain yang tidak rumit, elegan, bersih dan memiliki konsep meminimalisir atau mengurangi elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

Bikin Rumah Sejuk, Ini 7 Inpirasi Rumah dengan Kolam di Dalamnya

Siapapun menginginkan huniannya tampil menarik. Salah satunya ide inspirasinya bisa dengan menambahkan kolam ke dalam rumah, baik kolam untuk tanaman air, kolam ikan atau bahkan hingga yang termahal yakni kolam renang. Bila biasanya kolam-kolam ini berada di area luar rumah, maka sekarang idenya memasukkan ke area interior hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

8 Inspirasi Pagar Minimalis Si Pencuri Perhatian

Sejak dulu, pagar memang dikenali sebagai salah satu elemen “penjaga” rumah. Tak hanya untuk menjaga keamanan dari luar rumah, pagar pun berfungsi sebagai sosok pengaman dari dalam hunian, khususnya bila sang empunya rumah memiliki anak balita yang sering luput dari pengawasan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago