Logo Bluprin Blog

Plus Minus Material Batu Alam sebagai Pelapis Dinding

TIPS N IDEA / 5 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 5 months ago

Plus Minus Material Batu Alam sebagai Pelapis Dinding

Tersedia begitu banyak material pelapis dinding. Bisa menggunakan semen untuk tampilan unfinished, cat dengan warnanya yang beragam, wallpaper, keramik, tegel, hingga batu alam. Batu alam menjadi salah satu material pelapis dinding yang cukup jarang digunakan pemilik rumah. Orang lebih memilih menggunakan cat atau wallpaper sebagai pelapisnya karena dianggap mudah dan murah.

Padahal meski material dari batu alam cukup mahal, namun material ini dapat menaikkan harga jual rumah. Lalu, apa saja yang menjadi keunggulan dari penerapan batu alam? Berikut keunggualan sekaligus kelemahan dari material batu alam.

KEUNGGULAN

1. Tahan cuaca

material batu alam Foto: Springs House ©Jettaliving

Artikel Lainnya: Material Vinyl Lebih Ekonomis Dibanding Pelapis Lain

Material batu alam memiliki banyak jenis. Salah satu yakni Andesit yang terkenal unggul terhadap cuaca. Keunggulannya ini membuat batu alam dari Andesit ini bebas jamur dan lumut. Hal ini memudahkan pekerjaan pemilik rumah karena mereka menjadi tidak perlu terlalu sering memberikan lapisan khusus pencegah lumut dan jamur.

2. Memberikan kesan segar

material batu alam Foto: IT House ©Andramatin

Jika ingin memberikan kesan alami sekaligus segar pada interior rumah, Anda dapat mencoba dinding batu alam dari granit. Kesan ini sangat cocok sekali Anda hadirkan di kamar mandi agar kegiatan membersihkan diri Anda terasa lebih menyegarkan.

3. Tampilan natural dan alami

material batu alam Foto: Villa Pecatu Bali ©Wahana Architects

Apapun jenis batu alamnya, rumah yang dilapisi dengan batu alam dapat memberikan kesan sangat alami dan natural. Hal ini lantaran materialnya yang memang diambil dari alam sehingga berdampak langsung ke rumah yang mendapatkan sentuhannya.

4. Pemasangan mudah

material batu alam Foto: Samatha Citra Kuta ©Umadaja Architect

Siapa bilang memasang batu alam susah? Batu alam dengan jenis batu candi dijual dalam bentuk lempengan sehingga proses pemasangan pada dindingnya menjadi lebih mudah. Selain itu, batu candi ini berwarna hitam sehingga dapat memberikan kesan maskulin ke sebuah ruang.

5. Kesan mewah dan elegan

material batu alam Foto: IT House ©Andramatin

Artikel Lainnya: Empat Hal Penting Rumah Tahan Gempa

Marmer juga bisa digunakan sebagai dinding batu alam. Marmer yang terkenal kemewahannya juga akan tampak di material batu alam. Dinding batu alam marmer dapat memberikan kesan mewah dan elegan di interior rumah.

6. Kuat sebagai pondasi

material batu alam Foto: Villa Alasa ©JR Design Architects

Dinding batu alam yang menggunakan batu sabak memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah batu ini sangat kuat sebagai pondasi bangunan. Dinding batu alam dari sabak sering juga disebut sebagai dinding batu alam kali.

KELEMAHAN

1. Mudah menyerap air

material batu alam Foto: Abia Villa ©HMP Architects

Jenis batu alam sangat beragam sehingga kelemahan dari tiap jenisnya pun berbeda-beda. Untuk batu alam jenis batu candi ini memiliki satu kelemahan yakni tidak cocok digunakan sebagai pelapis di area yang sering terkena air seperti kamar mandi dan luar ruangan. Ini karena mudahnya material menyerap air. Jika terlalu sering terkena hujan, maka lumut akan tumbuh dengan mudah.

2. Cenderung berat

material batu alam Foto: MLA House ©DSI Architect

Meskipun batu alam jenis batu candi berupa lempengan sehingga mudah dalam pemasangan, tetapi ada pula jenis batu alam lain yang memiliki berat di atas rata-rata sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk pemasangannya.

3. Harga lebih mahal dibanding pelapis dinding lain

material batu alam Foto: Villa Pecatu Bali ©Wahana Architects

Jika dibandingkan material semen, cat, dan wallpaper, memang batu alam paling mahal di antara semuanya. Namun, ini semua setara dengan kualitas dan keindahan yang ditawarkan oleh material batu alam.  Itulah plus minus penggunaan batu alam yang perlu Anda ketahui untuk menerapkannya di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: Lemongrass ©Einstein & Associates

Artikel Lainnya: Ciptakan Storage Kece di Kamar Mandi


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago