Logo Bluprin Blog

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

ARCHITECTURE - NEWS / 6 months ago / By Bluprin

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin - 6 months ago

JAKARTA, 12 Februari 2018 – Setelah beberapa periode berjalan dalam ranah internal, tahun ini mahasiswa arsitektur dengan Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara membawa pameran PE (Public Expose) 8.24 dengan cara baru yaitu menghadirkannya ke ranah publik. Pameran PE yang diselinggarakan di Jakarta Creative Hub ini berjalan dalam tema “What Happens in Space: Architecture and MultiProgrammes”. 


Foto: Display Public Expose yang diselenggarakan di Jakarta Creative Hub 

WHAT HAPPENS IS SPACE?

Berlangsung dari tanggal 12 -17 Februari 2018, pameran PE 8.24 memamerkan karya tugas akhir pilihan yang dianggap  ampumemberikan alternatif arsitektural dalam eksplorasinya terhadap gagasan mengenai ruang, arsitektur, program, dan relasi yang terbentuk di antaranya. Tema “What Happens in Space: Architecture and MultiProgrammes” menuntut lahirnya kecairan pada program dalam rekombinasinya yang mengkritik ‘arsitektur’ dalam perannya: hanya sebagai bentuk struktural kota.


Foto: Karya Terbaik Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Sejalan dengan visinya, program menjadi oposisi terhadap arsitektur sebagai kebutuhan komposisi semata; program mengkritik aspek non fisik dari bentuk, sebagai cosa mentale. Layaknya tubuh (bentuk) dan jiwa (program), keduanya dituntut untuk saling melengkapi satu sama lain sebagai arsitektur di antaranya. Konten itulah yang mendasari setiap proyek yang dipamerkan dan juga terlebih dalam rancangan display yang juga menjadi instalasi interaktif dalam pameran PE 8.24. 

Selain dikurasi oleh Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara, karya tugas akhir pilihan ini juga dijurikan secara terbuka oleh Realrich Sjarief dari RAW Architecture dan Noviardi Prasetya dari Atelier UNA. Pada penghujung pameran, PE 8.24 memiliki acara penutupan berupa Architecture Talks: ARCHIPRENEUR yang akan dibawakan oleh Mande Austriono dari DFORM Studio.

TENTANG PUBLIC EXPOSE (PE)

PE (Public Expose) telah menjadi sebuah pameran arsitektur semianual yang diselenggarakan oleh mahasiswa arsitektur Universitas Tarumanagara yang berkolaborasi dengan Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara. Pameran ini menampilkan karya tugas akhir pilihan. Setiap semesternya, pameran PE hadir dengan tema aktual yang berbeda-beda karena Universitas Tarumanagara menyadari suatu fakta bahwa arsitektur terus menerus mengalami eskalasi perubahan dalam berbagai aspek dan masing-masing perubahan itu memendam makna tersendiri. Dengan mengimplementasikan isu aktual dalam perubahan arsitektur tersebut sebagai tema utamanya, mahasiswa arsitektur dimaksudkan untuk menjadi lebih sadar akan perannya dalam kehidupan bermasyarakat. 


Foto: 24 Maket  Mahasiswa Akhir Terbaik dipamerkan di Acara ini

Public Expose telah mengundang beberapa tokoh arsitektur sebagai juri dalam penjurian karya tugas akhir pilihan seperti Jusuf Setiadi, Ardi Jahya, dan Surjono Kurnianto dari Airmas Asri, Dimas Satria dan Ardy Hartono dari DUA Studio, Branata Purnama, dan Wanlie dari Wa+LL Architecture. 

TENTANG UNIVERSITAS TARUMANAGARA 

Universitas Tarumanagara memiliki Jurusan Teknik Arsitektur swasta tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1962. Program Studi Arsitektur Tarumanagara selalu berusaha memposisikan dirinya sebagai program studi arsitektur yang unggul dan dikenal luas di dalam negeri maupun manca negara.

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

INSIDE UI 2018 - Ajang Mahasiswa Arsitektur Interior Indonesia Unjuk Gigi Cipta Kreasi

Jakarta, 8 Agustus 2018 - Program Studi Arsitektur Interior, Departemen Arsitektur Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan INSIDE untuk yang kedua kalinya. Dengan tagline "Thinking + Making of Architectural Object", INSIDE kali ini kembali diadakan sebagai platform tumbuh kembang karya kreatif, sekaligus sebagai wadah temu kumpul bagi pelaku dan penikmat karya kreatif. INSIDE juga memiliki misi untuk menggiatkan semangat dan budaya 'making' bagi mahasiswa maupun praktisi arsitektur dan interior karena proses tersebut merupakan cara mengasah berpikir arsitektur yang kritis. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Anabata Live Series #5: Design Process with Fernando Menis and Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano

Jakarta, 4 Agustus 2018, Anabata menyelenggarakan Live Series #5 by Artemi di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD Jakarta Selatan dengan tema “Design Process” dengan pembicara dari Spanyol Fernando Menis dari Menis Architects, Ieneritte Spain dan Fuensanta Nieto & Enrique Sobejano dari Nieto Sobejano Arquitoctos. Talk show ini dimoderatori oleh salah satu prinsipal URBANE yaitu Achmad Tardiyana.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Fundamen+ : Architecture & Light Talk with M. Sagitha and Adityo Gayuh

Jumat, 27 Juli 2018, Fundament menyelenggarakan rangkaian acara keempat di SaRanG Blok I, Bantul Yogyakarta dengan tema "Architecture + Light" yang berfokus pada cahaya dalam kaitannya dengan fungsi, estetika dan suasana ruang yang terbentuk.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Diskusi Desain: Komersialisasi, Arsitektur dan Komersil

 Jakarta, 13 Juli 2018, - Arsitektur komersial memiliki kekhasan akan kebutuhannya untuk diingat (iconic). Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Ia menjadi wajar seperti itu karena ia mewakili identitas (brand) inisiatornya. Melalui media desain grafis, potensi untuk diingat dari sebuah karya dicoba untuk digali.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago