Logo Bluprin Blog

Ragam Ide Kreatif Pola Keramik Subway untuk Dinding Rumah

TIPS N IDEA / 2 years ago / By Maureen Suryani
TIPS N IDEA / By Maureen Suryani / 2 years ago

Ragam Ide Kreatif Pola Keramik Subway untuk Dinding Rumah

Apakah Anda pernah berkunjung ke stasiun kereta api bawah tanah di New York? Stasiun tersebut, atau lebih dikenal dengan Subway memiliki penataan dinding keramik yang unik sejak debutnya pada tahun 1904. Aplikasinya yang terkenal adalah penataan staggered dengan keramik putih berukuran 3”x6”.

Pola Keramik Subway

Foto: matthewstoss

Selain serba guna dan mudah diterapkan, keramik subway ini termasuk dalam desain klasik yang bertahan sepanjang masa. Sebuah desain sederhana yang mencampur garis linear dengan berbagai varian pola tak terbatas yang sangat cocok untuk dinding dapur ataupun kamar mandi Anda. Karena kemudahannya dalam beradaptasi, penerapan pola keramik subway ini dapat digunakan untuk tema desain tradisional sampai modern. Berikut ragam ide kreatif penggunaan pola keramik subway untuk inspirasi Anda:

Klasik Seperti Batu Bata

Dikenal dengan istilah running bond dimana pengaplikasian pola keramik subway menyerupai pola batu bata. Penggunaan nat dengan warna kontras dapat menonjolkan pola keramik, sementara penggunaan nat dengan warna senada keramik dapat menciptakan kesan bersih dan homogen.

Pola Keramik Subway

Foto: livethemma

Pola Keramik Subway

Foto: thedesignfiles

Pola Keramik Subway

Foto: betterhomesandgardens

Rotasi 90' (Penataan Vertikal)

Pada pola keramik subway vertikal ini, pembacaan garis sangat tegas dan kuat. Kesan ruang yang lebih tinggi dapat dicapai melalui aplikasi pola ini.

Pola Keramik Subway

Foto: remodelista

Pola Keramik Subway

Foto: sthzcdn

Menerus Dari Dinding ke Lantai

Pola keramik subway yang menerus dari dinding ke lantai menampilkan kesan homogen yang diraih dari kesederhaan pola. Pastikan pemasangan nat antar keramik membentuk garis lurus dari dinding ke lantai agar garis yang tegas dapat terbentuk.

Pola Keramik Subway

Foto: lamaisondannag

Pola Herringbone

Pola anyaman yang variannya tak terbatas. Klasik dengan sentuhan modern yang tidak membosankan. Cocok untuk menciptakan dinamika di ruangan dapur maupun kamar mandi Anda.

Pola Keramik Subway

Foto: HGTV

Pola Keramik Subway

Foto: HGTV

Kombinasi Pola Berbeda Dengan Penggunaan Bingkai

Menggabungkan dua pola, di mana pola keramik subway yang satu menjadi latar dan yang lainnya menjadi pusat perhatian adalah strategi jitu untuk memperindah ruangan dapur Anda. Pilihlah pola yang lebih sederhana sebagai latar dan bingkailah pola yang lebih bervariasi di antara dua rak peralatan masak untuk menciptakan kesan dinamis.

Pola Keramik Subway

Foto: BHG

Pola Keramik Subway

Foto:decorpad

Semoga beberapa ragam ide kreatif penggunaan pola keramik subway untuk dinding rumah di atas menginspirasi Anda untuk berkarya dengan dinding rumah yang masih polos, terutama di ruangan dapur dan kamar mandi. Selain fungsional, permainan pola ini juga akan menambah estetika ruangan dengan desain yang tidak lekang dimakan waktu. 


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago