Foto: Bens House ©GeTs Architects

Sebagai bagian yang pertama kali terlihat pada sebuah hunian, tampilan fasad tak boleh dikesampingkan. Fasad harus didesain semenarik dan secantik mungkin. Untuk membuatnya menarik, ada banyak aspek yang memengaruhinya. Mulai dari bentuk bangunan, pemilihan material, warna, hingga teksturnya. 

Pemilihan material menjadi salah satu yang berpengaruh pada tampilan fasad secara keseluruhan. Banyak ragam material untuk fasad yang dapat Anda pilih, dan masing-masing memiliki karakteristik menyangkut kesesuaian dengan gaya arsitektur hunian, ketahanan terhadap pengaruh lingkungan dan perubahan cuaca, dan juga keserasian untuk dipadukan dengan material lain.  Berikut ragam material untuk fasad yang dapat Anda pilih.

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: Ochado & Snow Flake Pekanbaru ©Angkasa Architects

Kayu

Warnanya yang alami hingga gurat-guratnya yang unik di setiap bilah membuat kayu menjadi salah satu material favorit  untuk diaplikasikan pada fasad. Tak hanya memberi kesan hangat karena rupanya yang berwarna cokelat, kayu juga membuat fasad terlihat cantik karena tampilannya yang memesona. 

Artikel lainnya: MembacaCepat Gambar Denah: Anotasi Pintu

Pilih kayu yang cocok untuk luar ruangan, misalnya kayu bengkirai dan kayu ulin. Kedua jenis kayu tersebut memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca sehingga risiko lapuk relatif lebih rendah. Namun untuk langkah pencegahan tak ada salahnya bila Anda menambahkan lapisan pelindung khusus kayu untuk menghindari lapuk, rayap, sekaligus mempercantik tampilannya.

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: ©Archdaily

Papan Fiber Semen

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: ©Allurausa

Papan pengganti ini lebih kuat dari kayu sebab materialnya terbuat dari semen. Sifatnya yang tahan cuaca cocok digunakan pada fasad rumah. Papan fiber semen merupakan material artifisial dengan tampilan seperti kayu. Ketahanannya tidak kalah dari kayu, bahkan antirayap dan jamur. Harganya pun relatif lebih murah dari kayu.

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: ©Squarespace

Batu Alam

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: Bintaro House ©Archapadha Studio

Batu alam memiliki ragam jenis dengan bentuk, warna, dan tekstur alami yang unik. Beberapa yang populer misalnya batu templek, andesit, slatestone, sandstone, serta koral. Untuk batu alam, Anda bisa memilih batu alam berdasarkan warna dan teksturnya. Misalnya, untuk batu alam dengan berwarna polos dengan tekstur yang bersusun rapi, pilih jenis batu susun sirih. Batu ini tersedia juga dengan warna kombinasi, cocok bagi Anda yang ingin tampilan fasad lebih dekoratif. Perlu pelapis atau coatingantijamur dan antilumut agar tahan dan tampil lebih menarik.  

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: RumahPrisma ©RDA

Artikel lainnya: RumusCepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: Modernland Resident ©DTarchitekt

Bata Ekspos

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: The Equalizer ©Delution Design

Tak hanya bisa diaplikasikan pada interior, bata ekspos juga dapat diaplikasikan pada fasad hunian dan mampu memberi sentuhan tropis dan natural. Kelebihan bata ekspos tak sekadar memberikan kesan klasik dan berestetika tinggi, tetapi dapat juga menciptakan efek natural. Harga bata yang terbilang ramah di kantong juga menjadi alasan utama untuk mengaplikasikan material ini pada fasad rumah. Bata ekspos yang diaplikasikan pada fasad tentunya membutuhkan perawatan rutin. Sebab, bata yang tak dilapisi plesteran akan mudah rontok dan ditumbuhi jumur atau lumut.

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: Ochado & SnowFlake Pekanbaru ©Angkasa Architects

Cat Tembok

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: WA House ©DASADANI

Material yang terakhir ini merupakan material yang paling populer dan mudah diaplikasikan untuk fasad rumah. Cat memiliki banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tampilan yang diinginkan. Setiap warna menciptakan kesan berbeda. Misalnya, putih berkesan bersih dan ringan, cocok dipadukan dengan warna apa pun. Merah atau oranye terkesan berani dan cocok untuk aksen. Untuk aplikasi pada fasad, Anda harus menggunakan cat eksterior yang memiliki kandungan waterproofing agar tahan terhadap bocor, tahan cuaca, antinoda, antijamur, antilumut, antikarat. Dengan teknik tertentu dapat dihasilkan permukaan cat yang menampilkan tekstur tertentu.

Ragam Material Fasad untuk Hunian

Foto: Petojo House©GratioLivo

Artikel lainnya: AgarMaterial Semen Ekspos Terlihat Lebih Artistik

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Kain Furnitur Terkena Noda! Apa yang Harus dilakukan?

Bayangkan jika kain sofa Anda terkena noda seperti tumpahan kopi, teh atau jus. Noda tersebut akan merusak keindahan dan keawetan sofa Anda jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Jadi bagaimana cara membersihkan noda tersebut dengan benar? Tiffani Casa Moda akan membagikan beberapa tips untuk membersihkan noda natural dari kain furnitur Anda dengan menggunakan produk yang mudah ditemukan di rumah Anda.

Sponsored Article

6 Inspirasi Fasad Rumah Kekinian

Fasad merupakan “wajah” dari sebuah hunian. Sebagai area yang pertama kali dilihat seseorang dari luar, tentu saja bagian ini harus cantik secara visual. Bagian inilah yang menjadi area paling tepat untuk menarik perhatian seseorang untuk pertama kalinya. Tak hanya mereka yang datang berkunjung, orang-orang yang melintasi rumah Anda pun dapat Anda buat jatuh hati.

16 May 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

8 May 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

6 Poin Penting Membuat Carport

Banyak orang rancu dengan kata carport dan garasi. Memang benar bila carport dan garasi merupakan ruang untuk menyimpan kendaraan baik motor maupun mobil. Namun, dua hal ini memiliki konsep yang berbeda. Jika carport secara fisik memiliki konsep terbuka dengan kanopi yang menutupinya. Sedangkan garasi adalah ruang penyimpanan untuk kendaraan dengan konsep tertutup, lengkap dengan lantai, dinding, langit-langit, pintu penutup, dan kerap menyatu dengan rumah.

2 May 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

21 April 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin