Proyek apartemen yang dirancang oleh Pitagoras Group ini terdiri dari renovasi dua bangunan di daerah bersejarah Guimarães, Portugal. Tujuannya adalah untuk menggunakan bangunan sebagai ruang komersial dan juga apartemen sewa dengan mengubah tipologi yang ada, tetapi tetap mempertahankan fungsi asli. Bangunan ini terletak di "Largo do Trovador",  yang merupakan area transisi antara "Alameda de S. Damaso" dan zona "Couros" dimana sebagian besar area ini masih memiliki struktur yang mendefinisikan karakteristik perkotaan aslinya.

Renovasi Rumah Minimalis

© José Campos Architectural Photography

Dengan area toko yang berada dilantai bawah dan area tempat tinggal terletak dilantai atas, kedua bangunan ini sejalan dengan lingkungan di sekitar semasanya, mengasumsikan identitas utama perkotaan.

Renovasi Rumah Minimalis 1

© José Campos Architectural Photography

Renovasi Rumah Minimalis 2

© José Campos Architectural Photography

Fasad utama dari bangunan terbesar terbuat dari material batu granit yang tersusun dari bawah keatas sampai setengah dari lantai pertama. Kemudian, dari titik ini sampai atas terbuat dari material kayu dan plester tanpa elemen dekoratif besar. Sedangkan, pada bangunan terkecil, batu granit yang sama digunakan pada lantai dasar dan bagian lainnya pada fasad mengunakan material kayu dan plester.  

Renovasi Rumah Minimalis 3

© José Campos Architectural Photography

Renovasi Rumah Minimalis 4

© José Campos Architectural Photography

Di lantai atas pada bangunan terbesar, tepatnya di ruang keluarga utama yang ada sebelumnya, Tim Pitagoras Group tetap mempertahankan elemen-elemen yang memiliki nilai arsitektonis.

Renovasi Rumah Minimalis 5

© José Campos Architectural Photography

renovasi bangunan ini bertujuan untuk mengubah tipologi yang ada agar dapat memenuhi kebutuhan masa kini, dengan mengubah ruang tempat tinggal di beberapa apartemen, sementara tetap menjaga lantai dasar untuk fungsi komersial.

Renovasi Rumah Minimalis 6

© José Campos Architectural Photography

Transformasi ini hanya semata-mata merubah tipologi dan tidak mempengaruhi baik dari segi volume, struktur, karakteristik konstruksi, fasad utama, atap bangunan, maupun tangga asli bangunan.

 

Sumber Gambar : http://www.archdaily.com/

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin