Logo Bluprin Blog

Renovasi Keramik Dinding Dapur dengan Motif Tegel

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Renovasi Keramik Dinding Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

Keramik Dinding Dapur

Foto: Bila ingin menggunakan tegel pada backsplash, gunakan motif yang polos pada kabinet agar keseluruhan dapur tidak terlihat ramai. Modern Pantry ©Vindo Design

Banyak penghuni yang kemudian merenovasi bagian ini agar dapur terlihat cantik dan tak monoton. Beragam material keramik dinding dapur pelapis backsplash pun bermunculan. Mulai dari keramik, mozaik, stainless steel, kaca, dan yang terbaru ialah tegel yang ikut mewarnai dinding dapur yang dikenal juga dengan nama backwall ini. Munculnya berbagai material membuat backsplash tidak lagi hanya berfungsi sebagai penahan cipratan minyak dan uap air, namun juga berperan sebagai salah satu elemen penambah keindahan kitchen set dan dapur.

Keramik Dinding Dapur

Foto: Motif tegel mampu membuat dapur polos terlihat lebih berwarna. Studio-Woodland Park Kalibata ©Ranah Project

Kini beberapa penghuni rumah merenovasi backsplash dengan tegel.  Motif dari tegel tersebut berwarna cerah sehingga mampu membuat dapur jadi lebih berwarna. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari material ini?

Keramik Dinding Dapur

Foto: Motif tegel yang disusun acak mampu membangun suasana ceria pada dapur mungil ini. Studio - Margonda Residence 2 ©Ranah Project

Kelebihan dan Kekurangan Tegel

Keramik Dinding Dapur

Foto: Pada dapur ini, tegel hanya diaplikasikan sebagai aksen, berpadu dengan keramik polos. Paon Redesign ©DDAP Architect 

Tegel memiliki ukuran yang lebih tebal, yaitu 1,5 cm—2 cm. Namun, walaupun lebih tebal, tidak menjamin tegel ini lebih kuat dari keramik/granite tile. Selain tebal, corak yang dimiliki juga unik, tidak sama satu dengan yang lainnya.

Keramik Dinding Dapur

Foto: Salah satu contoh aplikasi tegel pada backsplash dapur. Count The memories not The Calories ©Ruang Design

Namun, karena dibuat handmade, ukurannya tidak presisi dan tidak sama satu dengan yang lain. Jadi, nat antar tegel jadi lebih besar. Ada kemungkinan juga terdapat bagian yang gompal di sisi-sisinya. Tapi ini juga jadi nilai uniknya.

Keramik Dinding Dapur

Foto: Tegel juga bisa dipadukan dengan kabinet berbahan kayu jati belanda. Rumah Miring ©Andyrahman Architect

Karena handmade, pembuatan keramik dinding dapur tegel juga butuh waktu sehingga proses pemesanannya agak lama. Dari segi harga, relatif lebih mahal juga bila dibanding keramik. Kisaran harga tegel Cap Kunci berkisar Rp47.0000-Rp180.000. Tegel polos sekitar Rp47.000 – Rp68.000. Sementara yang motif sekitar Rp123.000 –180.000, tergantung dari warna dan tingkat kesulitan motif. Tertarik menggunakan tegel untuk material backsplash dapur?

Keramik Dinding Dapur

Foto: Walaupun beraneka motif, tegel ini tetap terlihat selaras berkat paduan warna oranye dan biru. C.P Residence ©Rekabentuk ID

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 21 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago