Logo Bluprin Blog

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

ARCHITECTURE - PROJECTS / 2 weeks ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 2 weeks ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata


Prinsipal Arsitek
:Magat Kristianto
Tim Arsitek
:Handria Yudha, Fadhil Rizky, Okie Kristina
Lokasi
:Jimbaran-Mimpi Resort, Bali
Luas Lahan
:600 m2 + 800 m2 (bangunan lama)
Luas bangunan
:1000 m2
Tahun terbangun
:2017
Fotografer
:Stephanie Laurensia
Manufaktur:Daikin, Hansgrohe, Corian Solid Surface, YKK AP, Laufen, Legrand, Kone-lift, Ong Cen Kuang


Deskripsi oleh Khatulistiwa Design

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai membuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

©Stephanie Laurensia

Artikel Lainnya: Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Bangunan baru merupakan bagian dari rumah lama, sehingga rumah lama tetap dijadikan sebagai main entrance dan pengalaman ruang pada bangunan baru dimulai ketika memasuki area transisi yaitu taman landscape yang terdapat 3 pohon mangga. Pohon-pohon tersebut berada di antara dua bangunan yang memiliki konsep berbeda, bangunan lama yang kental berunsur etnik dan bangunan baru yang bertema modern kontemporer. Dua bangunan tersebut menjadi penanda jaman, dan penataan landscape beserta pohon mangga kami jadikan perantara nya.

©Stephanie Laurensia

Desain rumah ini dikolaborasikan bersama keinginan pemilik, sehingga arti sebuah rumah tetap melekat bukan hanya ego dari desainer yang hadir. Pemilik yang memiliki mobilitas tinggi ini ingin menjadikan rumah ini menjadi bagian untuk melepaskan penat dan menjadi rumah berlibur. Sehingga view yang dimiliki rumah ini kami jadikan sebagai terapi untuk menghilangkan penat, sehingga semua ruangan yang ada kami buka menghadap ke view laut lengkap dengan teras.

Artikel Lainnya:  TSDS Maker Space - Bengkel TSDS  dengan Fasad Natural yang Sejuk

©Stephanie Laurensia

Rumah ini dilengkapi dengan lift untuk mengakomodasi keperluan pengguna didalamnya, dengan bangunan 3 lantai tentunya akan mempermudah sirkulasi dari lantai teratas ke lantai dasar. Kami percaya bahwa keberhasilan sebuah desain rumah adalah pengalaman dan harapan pengguna yang tercapai, peran pemilik dalam memberikan info mengenai keinginan dan kebutuhan menjadi hal yang penting untuk menghasilkan desain yang tepat.

©Stephanie Laurensia

©Stephanie Laurensia

Bangunan cukup didominasi dengan warna cerah (putih-beige-light grey), warna-warna ini kami dapat dengan permainan cat dan material alam lain yang dijadikan material finishing (batu Jogja kuning, marmer ujung pandang dll) untuk menjawab permintaan pemilik rumah yang menginginkan sebuah hunian dengan suasana yang terang. Setiap ruangan dibuat dengan bukaan-bukaan alami baik ruang utama hingga ke kamar mandi, sehingga ruangan-ruangan tetap memiliki pencahayaan yang cukup ketika siang hari dengan memanfaatkan bukaan yang ada.

©Stephanie Laurensia

©Stephanie Laurensia

Detail dan kerapihan juga kami jadikan point utama, pemilik memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Sehingga beberapa detail kami buat dengan mempertimbangkan kemudahan dalam perawatan.

©Stephanie Laurensia

©Stephanie Laurensia

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/r-k-house

Lihat profil Khatulistiwa Design:
https://www.bluprin.com/khatulistiwa-design

Artikel Lainnya: 105 House - Karat sebagai Tampilan Fasad

product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago