Arsitek                      : Axialstudio

Lokasi Proyek          : Alam Sutera, Tangerang Selatan

Luas Tanah              : 550 m2

Tahun Terbangun     : 2015

Fotografer                : Fernando Gomulya

Deskripsi oleh Axialstudio

Rumah tinggal yang berlokasi di kluster Sutera Buana, Alam Sutera ini didesain oleh arsitek Axialstudio dengan langgam tropis modern. Hal ini dapat dilihat dari tata massa yang hadir lewat garis dan geometri sederhana serta penerapan material pada badan bangunan yang dihadirkan untuk menguatkan kesan tropis.

RS House Fasad Depan 1

Lokasi tapak yang berada di lahan sudut (hook) seluas 550 m2 ini dipilih oleh pemilik rumah dengan harapan akan desain rumah tinggal yang sehat, yaitu rumah dengan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang optimal.

RS House Fasad Samping 3

Denah dan program ruang untuk rumah tinggal ini didesain oleh arsitek dengan lugas dan jelas. Ruang-ruang yang sifatnya publik diletakkan di lantai dasar, sementara ruang-ruang privat diletakkan di lantai atas. Area servis didesain dua lantai, dan diletakkan di sisi dalam lahan sudut ini.

RS House Denah

Massa bangunan utama diletakkan di sisi luar tapak untuk memberikan pandangan yang leluasa ke lingkungan sekitar. Peletakan massa bangunan tersebut membentuk satu inner court yang memungkinkan masuknya cahaya alami dan sirkulasi udara secara optimal dari dua sisi. Inner court ini memberikan potensi pandangan ke arah ruang hijau di dalam tapak, sekaligus dimanfaatkan sebagai ruang bermain anak di luar ruang.

RS House Inner Court 1

Tampilan modern dengan garis dan geometri sederhana tampak dominan dalam desain fasad rumah tinggal ini. Namun, ada beberapa detail yang tampil sebagai aksen dan memperkaya karakter desain.

Satu jendela horizontal membentang panjang dari satu sisi tampak ke sisi lainnya terlihat pada fasad lantai atas rumah tinggal ini. Jendela memanjang ini memberikan kesempatan bagi penghuni untuk menyaksikan panoramic view dari ruang privat masing-masing.

RS House Ruang Tidur Anak

Sementara dari luar, bentuk jendela yang terbilang unik ini sukses menjadi focal point. Kanopi lebar dari bahan plat besi tipis yang menaunginya makin memperkuat karakter detail ini.

RS House Teras Samping 4

Satu contoh inspiratif dalam mengolah material sederhana menjadi satu desain yang memiliki nilai lebih ditunjukkan dalam detail feature wall yang ditampilkan pada tampak depan dan satu bidang dinding di inner court.

RS House Inner Court 2

Material bata ringan berukuran 20cm x 60cm dipotong mengikuti panduan desain dari arsitek, dan disusun menjadi satu pola geometris pada sebidang dinding. Hasilnya adalah satu aksen desain yang memberikan satu karakter tersendiri pada desain fasad rumah tinggal ini. Dilihat sekilas, sulit mengira bahwa aksen pola geometris tersebut diperoleh dari penataan material sesederhana bata ringan.

RS House Fasad Depan 2

Lihat profil lengkap Axialstudio di sini:

http://bluprin.com/axialstudio

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin