Logo Bluprin Blog

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

ARCHITECTURE - PROJECTS / 4 weeks ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 4 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas


Principal Architect
:Abimantra Pradhana
Project Architect 
:Leo Pratama
Lokasi 
:Jakarta Selatan
Luas Tanah 
:56 m2
Luas Bangunan
:100 m2
Tahun Terbangun
:2018
Fotografer 
:Achmad Soerio



Deskripsi oleh AGo Architects

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami istri dan satu anak laki-laki.

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Artikel Lainnya: White Cliff House  Kontur 30 derajat sebagai Kekuatan Desain 

Strategi pembagian program ruang menempatkan kamar utama terletak di lantai paling bawah sehingga memiliki luasan ruang yang sangat cukup dan nyaman untuk jangka panjang. Memusatkan LDK (Living-Dining-Kitchen) berupa ruang keluarga dengan double height ceiling, ruang makan dan dapur serta laundry area di lantai 2 menjadi pengikat kehidupan di rumah ini. Kamar anak berada di lantai 3 dengan ketinggian ceiling 3 meter, agar program ruang dapat beradaptasi dengan pertumbuhan sang anak bahkan sampai 20 tahun kedepan.

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 millimeter menawarkan kebebasan dan adaptabilitas ruang yang memenuhi kebutuhan penggunanya untuk masa kini dan masa mendatang. Berbagai interpretasi baru akan arsitektur dan ruang muncul untuk menjawab berbagai keterbatasan. Sebuah rumah mungil yang mempertanyakan kembali akan kebutuhan dan pemahaman ruang-ruang rumah tinggal yang konvensional, rumah yang mencoba mempromosikan compact living, rumah dengan desain yang terintegrasi dan dapat beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya.

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Second Skin Sebagai Transisi Ruang Luar dan Dalam
Posisi lahan yang menghadap Barat, mengharuskan desain depat merespon tantangannya. Area service dan toilet/kamar mandi diletakkan di area belakang bangunan yang menghadap matahari pagi (timur), dan facade bangunan didesain dengan sistem double-facades yang juga merupakan area transisi (teras) rumah sekaligus sebagai upaya untuk mereduksi panas matahari sore dari arah barat. 

Artikel Lainnya: Rooms Inc – Hotel Instagramable Bergaya Industrial di Semarang

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Ruang Compact  
Ruang dalam tanpa dinding yang diintegrasi dengan perencanaan perabotan dengan sistem plug-in juga digunakan pada rumah ini sehingga membuka kemungkinan perubahan fungsi di masa yang akan datang dan memastikan setiap barang tersimpan dengan rapih.

Interior rumah memiliki ruang tanpa dinding dan ketinggian yang berbeda-beda sehingga memberikan rasa ruang dan skala ruang yang berbeda pada tiap lantai. Karena rumah ini memiliki 3 lantai, maka desain tangga juga murupakan hal yang perlu difikirkan dengan seksama. Rumah ini memiliki 3 jenis desain tangga yang berbeda yang menghubungkan tiap lantainya, hal ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan tidak monoton. Skylight yang menerus dari atap bangunan hingga ke lantai dasar yang merupakan kamar utama juga sebagai upaya memaksimalkan cahaya alami yang dapat masuk ke dalam bangunan yang memanjang ke belakang ini agar terlihat luas.

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Material dan Sistem Konstruksi Semi Prafabrikasi
Mensiasati harga konstruksi yang mahal adalah dengan memilih material yang dapat di pra-fabrikasi sehingga mempercepat waktu pengerjaan. Untuk memastikan proses konstruksi bangunan terintegrasi dan efisien, pekerjaan konstruksi dibagi menjadi 4 pekerjaan konstruksi utama dengan vendor yang berbeda, pekerjaan sipil (pondasi, struktur, lantai) , dinding panel superfoam M-System, pekerjaan besi (pintu, jendela, fasade, dan tangga), furniture sistem plug-in.

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 Milimeter AGo Architects

©Achmad Soerio

Rumah 3500 milimeter merupakan sebuah upaya untuk memberikan inspirasi, harapan, dan solusi alternatif bagi siapapun yang memiliki cita-cita untuk bertempat tinggal di tengah kota Jakarta dengan segala tantangan dan keterbatasannya.

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/3500-milimeter-house 

Lihat profil AGo Architects:
https://www.bluprin.com/ago-architects 

Artikel Lainnya: Nouve House  Minimum Site Maximum Space 

product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 days ago

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago