Logo Bluprin Blog

RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Kompartemen untuk Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi

ARCHITECTURE - PROJECTS / 2 months ago / By Bluprin

RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Kompartemen untuk Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi

ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin - 2 months ago


Arsitek
:Studio SA_e
Lokasi Proyek
:Bintaro, Tangerang Selatan
Luas Bangunan
:180 m²
Tahun Terbangun
:2017
Fotografer
:Mario Wibowo



Deskripsi oleh Studio SA_e


Rumah gerbong adalah salah satu contoh sebuah rumah tumbuh yang terekam dengan baik dalam perkembangan masyarakat urban, baik status sosial, lingkungan, dan ekonomi. Istilah rumah gerbong (gerbong = railway coach) diambil dari tipologi akhir bangunan yang memanjang.

Rumah Gerbong©Mario Wibowo

Rumah Gerbong©Mario Wibowo

Rumah Gerbong telah mengalami berbagai evolusi dari tahun 2013. Akhir tahun 2017 adalah puncak klimaks dalam pembangunan Rumah Gerbong, dengan beberapa fungsi tambahan di ruang kompartemen. Pada akhir perkembangannya, rumah itu memiliki 3 kompartemen untuk tempat tinggal, bekerja, dan berinteraksi. 

Artikel Lainnya: WARUNG NAKO - Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain

Rumah Gerbong©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Seperti fungsi hidup dan kerja kompartemen yang dihadapi langsung ke jalan dan memiliki fasad yang berlawanan, sementara di tengah, kontak antara fungsi yang berlawanan diredam oleh fungsi kompartemen sosial / interaksi.

Artikel Lainnya: RUCKERPARK - The Future of Indonesian Coffee Space 

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Strategi dari memecah kepadatan dan kontras fungsi (hidup dan bekerja) dengan menambahkan fungsi baru di ruang kosong dan ruang interaksi menghasilkan tipologi baru yang khas dengan kuat sinergisme fungsional, bahwa sang arsitek menamai strategi ini sebagai krowakisme (krowak = berlubang, sebagian berongga).

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Kompartemen hidup berisi 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, ruang baca, ruang ibadah, dan ruang servis. Kompartemen kerja berisi ruang kerja dan perpustakaan rumah mini.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Di antara kompartemen yang hidup dan bekerja ada kompartemen sosial / interaksi, dengan komposisi mini ampiteater, dapur umum, ruang tamu, dan atap hijau.

Lihat foto proyek selengkapnya: 

https://www.bluprin.com/project/rumah-gerbong 

Lihat profil Studio SA_e:
https://www.bluprin.com/studio-sa_e

Artikel Lainnya: Rumah Navapark - Luxurious to TheFinest Design

You May Also Like

The Tree of Life - Dominasi Kayu pada Hunian

Dalam kepercayaan Jawa, pohon memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan. Pohon dilambangkan sebagai kayon (gunungan), intinya adalah pohon hayat atau “pohon kehidupan”, yang menyimbolkan kehidupan di dunia beserta isinya. Dengan pohon, manusia akan hidup lestari. Tanpa pohon, manusia akan musnah.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 day ago

Panbakers 2, Interior Bergaya Rustic dengan Modern Vintage dan Sentuhan Luxury

Cabang pertama Panbakers telah berhasil menarik perhatian banyak pengunjung dengan sajian Western yang nikmat, serta interior bergaya Rustic yang dipadukan dengan dekorasi Scandinavian. Panbakers pertama yang terletak di Jalan Pettarani ini disukai oleh banyak orang, sehingga kemudian Panbakers membuka cabang keduanya di kawasan Latimojong, Makassar. Berbeda dengan cabang pertama Panbakers yang didesain dengan bernuansa hangat, di cabang kedua ini kami memadankan interior bergaya Rustic dengan Modern Vintage dan sentuhan luxury.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

The Nest – Memaksimalkan Space dengan Meniadakan Kolom di Tengah Ruangan

The Nest adalah sebuah rumah yang didesain khusus untuk keluarga muda yang baru saja kurang dari enam tahun menikah, namun telah mempunyai 3 anak.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Bobobox - Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod melalui Aplikasi

Hotel kapsul sangat populer karena menyediakan akomodasi bermalam yang terdiri dari kapsul kecil dan self-service, tidak seperti hotel konvensional. Kolaborasi Bobobox Indonesia dengan Aaksen Studio (arsitektur), ASEPDEV (konstruksi) dan Monoponik (desain grafis) telah melahirkan hotel pod pertama di Indonesia.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago