Logo Bluprin Blog

RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Kompartemen untuk Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi

ARCHITECTURE - PROJECTS / 6 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 6 months ago

RUMAH GERBONG - Rumah Tumbuh dengan 3 Kompartemen untuk Tinggal, Bekerja, dan Berinteraksi


Arsitek
:Studio SA_e
Lokasi Proyek
:Bintaro, Tangerang Selatan
Luas Bangunan
:180 m²
Tahun Terbangun
:2017
Fotografer
:Mario Wibowo



Deskripsi oleh Studio SA_e


Rumah gerbong adalah salah satu contoh sebuah rumah tumbuh yang terekam dengan baik dalam perkembangan masyarakat urban, baik status sosial, lingkungan, dan ekonomi. Istilah rumah gerbong (gerbong = railway coach) diambil dari tipologi akhir bangunan yang memanjang.

Rumah Gerbong©Mario Wibowo

Rumah Gerbong©Mario Wibowo

Rumah Gerbong telah mengalami berbagai evolusi dari tahun 2013. Akhir tahun 2017 adalah puncak klimaks dalam pembangunan Rumah Gerbong, dengan beberapa fungsi tambahan di ruang kompartemen. Pada akhir perkembangannya, rumah itu memiliki 3 kompartemen untuk tempat tinggal, bekerja, dan berinteraksi. 

Artikel Lainnya: WARUNG NAKO - Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain

Rumah Gerbong©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Seperti fungsi hidup dan kerja kompartemen yang dihadapi langsung ke jalan dan memiliki fasad yang berlawanan, sementara di tengah, kontak antara fungsi yang berlawanan diredam oleh fungsi kompartemen sosial / interaksi.

Artikel Lainnya: RUCKERPARK - The Future of Indonesian Coffee Space 

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Strategi dari memecah kepadatan dan kontras fungsi (hidup dan bekerja) dengan menambahkan fungsi baru di ruang kosong dan ruang interaksi menghasilkan tipologi baru yang khas dengan kuat sinergisme fungsional, bahwa sang arsitek menamai strategi ini sebagai krowakisme (krowak = berlubang, sebagian berongga).

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Kompartemen hidup berisi 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, ruang baca, ruang ibadah, dan ruang servis. Kompartemen kerja berisi ruang kerja dan perpustakaan rumah mini.

©Mario Wibowo

©Mario Wibowo

Di antara kompartemen yang hidup dan bekerja ada kompartemen sosial / interaksi, dengan komposisi mini ampiteater, dapur umum, ruang tamu, dan atap hijau.

Lihat foto proyek selengkapnya: 

https://www.bluprin.com/project/rumah-gerbong 

Lihat profil Studio SA_e:
https://www.bluprin.com/studio-sa_e

Artikel Lainnya: Rumah Navapark - Luxurious to TheFinest Design

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai embuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago